Bagaimanakah Salad yang Sehat?, Berikut tipsnya

Manfaat dan efek samping vegetarianSalad adalah makanan yang banyak diyakini sangat sehat, dan banyak direkomendasikan terutama bagi yang sedang diet menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang bernutrisi dan rendah kalori, ditambah masih dalam keadaan segar sehingga tak ada nutrisi yang hilang akibat proses memasak. Memang hampir tak ada yang salah dengan semangkuk salad, tapi bahan yang ditambahkan bisa mengurangi manfaat dan tujuannya. Bahkan walaupun hanya sedikit ditambahkan, dressing maupun topping bisa meningkatkan asupan kalori Anda sehingga mengalahkan tujuan diet Anda.

Advertisement

Jadi jika anda menambahkan salad Anda dengan topping yang berkalori tinggi, mayonaise, crouton goreng dan daging, hanya akan menghambat tujuan. Sebagai penggantinya, Anda mungkin juga lupa dengan memakan makanan atau cemilan junkfood. Topping dan saus hanya akan menghilangkan manfaat sehat dari sayur dan buah yang Anda makan.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat salad yang Anda makan tetap sehat dan sesuai dengan tujuan Diet?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat salad yang benar-benar sesuai dengan tujuan penurunan berat badan Anda :

  1. Hindari dressing dari krim yang kaya kalori. Jika memungkinkan, pilihlah dressing dari minyak zaitun atau cuka yang enak namun sehat.
  2. Jika Anda makan di rumah makan misalnya, mintalah pelayan untuk menyajikan saus dengan wadah tersendiri disamping salad Anda. Makan salad dengan cara mencelupkan garpu terlebih dahulu ke saus, kemudian ke salad untuk setiap gigit. Dengan menggunakan cara ini, maka salad hijau Anda tidak berbalut dengan kalori tinggi.
    Pilih bahan salad anda dari sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, yang dikenal bergizi tinggi. Baca juga : Cara sehat Menggunakan Minyak Zaitun
  3. Ambil protein yang sehat seperti dari ayam panggang, tahu, udang, atau telur rebus,  bukan topping goreng dan daging.
  4. Ganti crouton dengan sayuran yang bertekstur renyah. Sebagai tambahan, cobalah memilih tomat, buah zaitun, wortel, kacang, atau paprika dipotong dadu.
  5. Tambahkan buah-buahan untuk salad Anda, seperti beberapa iris jeruk, mangga, atau stroberi. Itu akan menciptakan kombinasi rasa yang tak kalah menarik.
  6. Bersihkan sayur dan buah sebaik mungkin, karena ini juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan. untuk buah terutama yang bagus dimakan beserta kulit, seperti apel, buah pear, wortel, tomat, dll.
Lihat juga :  Buah Apel hijau baik untuk diet menurunkan berat badan

Yang penting bagaimana caranya supaya tujuan diet Anda tidak sia-sia. Mungkin tak enak kedengarannya, tapi tujuan harus bisa mengalahkan rasa. Anda mau makan enak, atau mau makan sehat? Mana pilihan Anda?

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *