Resep Pewarna Rambut Alami menggunakan henna

mewarnai rambut alami dengan hennaBermacam macam alasan orang untuk mewarnai rambut mereka. Sebagian menginginkan perubahan warna dari gelap ke cerah, cokelat, pirang , dsb hanya demi penampilan atau fashion. Sementara itu yang lain menginginkan warna rambutnya yang mulai berwarna abu-abu ke putih untuk berubah menjadi hitam kembali, supaya tidak terlihat lebih tua. Tapi pada intinya semua tujuan tersebut adalah untuk penampilan, namun yang menjadi pertanyaan adalah “apakah tindakan pewarnaan rambut yang Anda lakukan itu aman, tidak menyebabkan efek samping yang buruk yang justru bisa merusak penampilan bahkan kesehatan Anda?.. ”

Advertisement

Bahan kimia secara umum kontra dengan tubuh kita, karena dalam hal apapun bisa merugikan unsur sel atau tumbuh dalam tubuh kita terutama jika digunakan terus menerus dalam jangka panjang. Begitu juga bahan kimia yang umum digunakan untuk produk pewarna rambut, bahkan rata-rata mengeluh memiliki rambut yang kusut, rontok, gatal-gatal, kulit kepala kering, atau jenis kerusakan lain setelah penggunakan pewarna kimia. Jika Anda mau mencoba dan berusaha mencari alternatif lain, bahan-bahan alami tertentu bisa mengubah warna rambut Anda!. Bahan alami tentu lebih bersahabat dengan tubuh kita khususnya rambut, bahkan diantaranya justru membantu menutrisi rambut yang bermanfaat menjaga kesehatannya. Pewarna rambut alami memang tidak sekuat pewarna kimia dan bersifat progresif, atau harus berulang-ulang dilakukan untuk mendapatkan perubahan warna yang diinginkan. Semua memang tergantung Anda sendiri dalam menentukan apa-apa yang baik untuk diri Anda. Jika ingin mencoba yang alami, berikut bisa Anda terapkan sendiri dirumah!

Baca juga : Cara Alami Merawat Rambut agar Sehat dan Kuat

Berikut Resep mewarnai rambut menggunakan bahan alami herbal menggunakan bahan dasar henna, yang aman dan sehat.

Henna adalah bahan dari tumbuhan yang digunakan untuk pewarna rambut secara alami, tersedia dalam berbagai jenis warna dan sudah banyak tersedia ditoko dalam bentuk bubuk henna. Menerapkan henna pada rambut adalah cara yang baik untuk mengubah warna rambut yang halus sekaligus menghindari kerusakannya. Secara alami, herbal ini juga berkontribusi untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari, dan menebalkan rambut. Henna yang dibuat alami sangat halus karena bersifat melapisi rambut, serta memberikan warna alami.

Bahan-bahan :

Ada beberapa bahan yang berbeda yang bisa Anda tambahkan ke dalam campuran henna yang bisa mengubah warna atau bau rambut. Semua memang Anda dibutuhkan, namun yang utama hanyalah bubuk henna dan cairan asam. Berikut bahan yang harus dipersiapkan :
1. Henna (100-300g tergantung pada panjang rambut)
2. Cairan asam berguna untuk membantu warna mengembang, Anda bisa menggunakan salah satu dari cairan asam dari air lemon atau buah asam lainnya.
3. Air – jika Anda tidak cukup memiliki cairan lainnya,  atau tidak ingin untuk mengeringkan rambut dengan jumlah lemon berlebihan, gunakan air setelah pencampuran pertama.
4. Bubuk tumbuhan lain untuk pewarna, yang Anda inginkan :

  • Indigo – bisa dicampur dengan henna untuk mendapatkan warna coklat, atau digunakan setelah penggunaan henna untuk mendapatkan warna rambut hitam.
  • Ummbi bit untuk memperoleh warna merah keunguan.
  • Amla – bisa dicampur dengan henna untuk mendapatkan warna rambut cokelat kemerahan dan bersinar.
  • Cassia obtava – untuk pengkilap rambut
Lihat juga :  Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya

5. Rempah-rempah atau minyak esensial untuk menambah aroma (opsional) – karena henna cukup bau, maka rempah ini akan membantu membuat bau menjadi lebih baik.

  • Jahe
  • Kayu manis
  • Teh
  • Minyak esensial Ravensara

6. Pelembab (opsional) – Anda bisa menambahkannya untuk membantu melembabkan rambut :

  1. Conditioner
  2. Telur
  3. Minyak zaitun

Cara membuat pewarna henna dan penggunaannya :

  1. Beli satu paket henna alami; untuk rambut pendek atau sebahu 50 -100g, untuk rambut panjang, gunakan 200g – tidak harus sangat tepat. Pilih warna yang Anda inginkan, dan henna yang berkualitas tentunya. Henna harus murni, kalau tidak indigo atau cassia (pewarna alami lainnya / tanaman).
  2. Tuang bubuk henna pada mangkuk keramik atau stainless steel yang besar
  3. Tuangkan secara bertahap bahan-bahan cair.
  4. Lanjutkan menambahkan bahan cair/basah sampai campuran mencapai konsistensi ketebalan seperti kentang tumbuk. Harus lunak tapi tidak melekat pada sendok dan tidak berair.
  5. Diamkan campuran henna di tempat yang hangat, tutupi dengan plastik selama semalaman, atau bisa juga beberapa jam. Jika saatnya sudah tepat untuk digunakan pada rambut, campuran henna akan kelihatan berubah menjadi warna coklat tua dari warna hijau tua; namun ketika sendok dimasukkan kedalam adonan, warna yang ada dibawah/dalamnya adalah hijau. Ini berarti pewarna sudah teroksidasi dan siap untuk digunakan.
  6. Siapkan beberapa perlengkapan, tas plastik yang besar atau mantel, sikat rambut, dan handuk.
  7. Lubangi plastik yang besar seukuran kepala pada sudutnya, untuk digunakan sebagai pelindung tubuh supaya tidak terkena campuran pewarna alami ini. Kenakan pakaian yang sudah tak dipakai lagi, karena jika mengenai pakaian akan sulit dihilangkan.
  8. Terapkan henna ke kepala Anda menggunakan sikat rambut atau sisir, dan pastikan pewarna sampai ke ujung rambut. Setelah selesai, tumpukkan rambut Anda di atas kepala, lalu bungkus rambut mulai dari dahi ke atas. Gunakan air dingin, kain basah, atau lap untuk menyeka henna yang kelebihan. Bungkus rambut dengan handuk dan tidur di atasnya. Bungkus bantal Anda dengan kantong plastik, dan meletakkan handuk di atasnya untuk mencegah warna mengenai bantal.
  9. Setelah melewati 4 jam (atau lebih), bilas rambut Anda. Lakukan dikamar mandi dan hati-hati melepas bungkus plastik diatas bak mandi. Bilas dengan air. Setelah henna hampir keluar, terapkan sampo dan bilas. Tergantung pendek atau panjang rambut Anda, proses ini bisa berlangsung mulai dari 5 menit sampai satu jam. Setelah keramas, oleskan kondisioner; mungkin harus menunggu sekitar dalam 5 atau 15 menit sebelum rambut kusut. Rambut keriting membutuhkan waktu lebih lama dari rambut lurus.
  10. Biarkan rambut kering oleh udara atau hair dryer. Jangan mencuci atau membasahi rambut lagi selama sekitar 24 -48 jam setelah proses diatas selesai.
Lihat juga :  Cara dan Bahan alami untuk menghitamkan rambut

Tips :

  1. Gunakan Vaseline hingga leher, batas rambut, dan kulit kepala untuk mencegah noda dari pewarna.
  2. Campuran bisa disimpan hingga 6 bulan dalam freezer, dan hanya bertahan 1 minggu jika berada di luar kulkas
  3. Minta bantuan teman untuk membantu menerapkannya pada rambut Anda.

Peringatan :

  • Dapatkan bubuk henna yang dikatakan 100% tumbuhan atau alami. Jangan membeli yang mencantumkan bahan kimia dalam label bahan. Henna alami hanya mengandung henna dan tanaman alami lainnya. Henna jenis lainnya yang disebut senyawa atau henna hitam mengandung garam logam dan bahan kimia lainnya yang merusak rambut, serta berkontribusi menyebabkan keracunan, lesi kulit kepala, dan bahkan kanker.
  • Henna harus berwarna hijau sampai coklat, dan baunya seperti tumbuhan kering atau potongan rumput. Jangan membeli henna yang berwarna  ungu atau hitam, atau yang berbau bahan kimia.
  • Cara dan resep diatas hanya untuk henna yang terbuat secara alami saja. Henna kimia bisa membahayakan, jadi jika Anda menggunakan yang kimia, sebaiknya mengikuti petunjuk yang tercantum secara hati-hati dan jauhkan dari kulit  termasuk kulit kepala.
  • Henna yang alami umumnya sangat aman, tetapi jika Anda dengan alergi parah, lakukan tes sebelum menggunakannya.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *