Resep membuat Jus buah sayuran untuk kulit sehat, mulus, dan awet muda

jus mentimunCara merawat kecantikan yang lebih penting adalah dengan cara memasukkan ke dalam tubuh, daripada yang dilakukan dari luar. Produk perawatan kulit apapun yang bermerk dan paling mahal di dunia tidak akan bisa memperbaiki dan mengembalikan kesehatan kulit, apabila tubuh dibebani oleh asupan makanan tak sehat, terutama junk food dan minuman tak sehat banyak gula. Apa yang kita masukkan kedalam tubuh, adalah yang dicerminkan oleh penampilan kita. Baca juga : Inilah 11 Makanan yang paling tidak sehat didunia

Advertisement

Sistem pencernaan yang terlalu sering dibebani oleh makanan yang tak sehat bisa mengakibatkan kulit menjadi terlihat kusam dan berkerut. Dan jika ginjal setiap hari berurusan dengan terlalu banyak limbah, maka racun bisa dimanefestasikan pada permukaan kulit berupa noda, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Baca juga : Tips Alami Perawatan Kulit agar Sehat
Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang hebat untuk membersihkan sistem dalam tubuh, memberikan tubuh vitamin dan mineral yang penting untuk membantu mempercantik kulit. Cara paling mudah untuk memastikan kita sudah mendapatkan cukup buah-buahan dan sayuran adalah dengan jus segar(jus blender), karena lebih mudah dan enak saat melewati saluran pencernaan kita semenjak dari mulut. Jus bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan mendetoksifikasi sel dan meremajakannya. Tapi yang tak kalah penting diperhatikan adalah makan buah-buahan dan sayuran beserta kulitnya, karena bagian luar ini paling tinggi serat yang merupakan kunci bagi kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nutrisi yang berperan untuk kulit

Beberapa nutrisi berperan penting untuk kesehatan dan kecantikan fisik kita. Berdasarkan kandungan nutrisi inilah, kami membuat jus yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Berikut ini nutrisi yang sangat bagus untuk kulit, yang banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

Vitamin A: Vitamin A bermanfaat membantu menjaga kulit dan kesehatan bagi anggota tubuh lainnya. Vitamin A adalah antioksidan kuat yang berguna melindungi kulit dari radikal bebas, dimana zat yang menyebabkan penuaan dini. Vitamin A juga membantu mengurangi produksi sebum, yang menyebabkan masalah jerawat pada beberapa orang. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kuli kasar, kering, dan dalam beberapa kasus untuk kulit pecah-pecah.
Vitamin E: Vitamin E merupakan zat antioksidan juga, yang membantu melindungi sel dari radikal bebas. Vitamin E dan vitamin A bersinergi untuk menjaga kesetan kulit. Kombinasi vitamin ini juga sering ditemukan dalam produk krim wajah dan kosmetik perawatan kulit lainnya.

Lihat juga :  Cara Alami mengecilkan Pori-Pori kulit Wajah

Vitamin B Kompleks: B Kompleks adalah kelompok  yang terdiri dari delapan vitamin, yang semuanya penting untuk regenerasi sel. Vitamin B yang sangat penting bagi kesehatan kulit adalah vitamin B1 (tiamin) dan B3 (niacin), yaitu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membantu menutrisi sel-sel kulit. Vitamin B2 (riboflavin) berkontribusi bagi pertumbuhan kulit, rambut dan kuku yang sehat. Kekurangan vitamin-vitamin tersebut bisa menyebabkan bintik-bintik, kulit berminyak, dan kulit pecah-pecah di sekitar mulut. Vitamin B5 (asam pantotenat) berperan mengatur produksi hormon dan memerangi stres yang dapat menyebabkan kulit kusam. Kekurangan vitamin B6 (pyridoxine) bisa menyebabkan kulit pecah-pecah, eksim, dan masalah pigmentasi seperti kulit kering dan bintik-bintik.

Vitamin C: Vitamin C juga bersifat antioksidan dan juga merupakan senyawa penting dari kolagen – protein yang memberikan elastisitas pada kulit.

Beta-karoten: Beta-karoten bermanfaat melindungi kulit terhadap kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas, yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Silica: Silica (silikon dioksida) adalah mineral yang ditemukan dalam jaringan ikat (seperti rambut dan kulit) dan diperlukan tubuh untuk menjaga kuku, rambut dan kulit yang sehat. Hal ini juga dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

Zinc: Zinc membantu mencegah peradangan dan mengencangkan kulit, juga diperlukan tubuh untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit dan mengurangi efek jaringan parut.

Berikut beberapa jus buah dan sayuran untuk kesehatan kulit secara keseluruhan

Untuk membuat resep jus untuk menyehatkan kulit ini Anda membutuhkan juicer yang berkualitas baik, sehingga memberikan hasil yang lembut dan sempurna.

Jus buah berry untuk melindungi kesehatan kulit

  1. 1 cangkir buah blackberry
  2. 1 cangkir buah blueberry
  3. 1 cangkir buah raspberry
  4. 1 cangkir buah stroberi

Cuci bersih semua bahan buah berry diatas, buang batang, kemudian hanya tinggal memblender dan menyaringnya atau menggunakan juicer. Bubur atau ampasnya bisa disimpan untuk dimakan karena kaya akan serat. Buah berry adalah banyak mengandung vitamin A, C & E, secara keseluruhan baik bagi kulit.

Melembutkan dan mencegah kerusakan kulit

  1. 2 wortel besar, bersihkan dan buang akar pada ujungnya
  2. 1/2 cangkir bayam atau kale
  3. 1/2 apel, buang bijinya, potong-potong
  4. 1 batang seledri
  5. 1 cangkir brokoli

Jus semua bahan diatas dengan juicing. Wortel tinggi betakaroten, yaitu yang akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, bermanfaat membantu  menjaga sel-sel kulit. Beta karoten juga merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit. Bayam merah juga mengandung  beta-karoten, serta vitamin C dan E. Apel sangat bagus untuk membuat kulit menjadi halus, juga kaya akan beta-karoten, serat dan vitamin C. Seledri banyak mengandung  magnesium, zat besi, klorofil, asam folat, vitamin C dan juga mengandung vitamin B dan vitamin E.

Lihat juga :  Top 10 Makanan yang menyehatkan Rambut

Jus buah sayur untuk Elastisitas kulit

  1. 2 wortel ukuran besar
  2. 1 batang seledri
  3. 1 buah apel
  4. 1 buah mentimun sedang

Mentimun bermanfaat bagi kulit bila dikonsumsi juga ketika digunakan secara topikal. Mentimun kaya akan silika, yang penting untuk elastisitas kulit. Jangan buang kulit mentimun karena bagian inilah yang paling tinggi mengandung silika. Pastika cuci mentimun serta semua bahan dengan baik menggunakan air mengalir dan air hangat untuk menghilangkan bakteri dan sisa pestisida.

Jus hijau buah sayur

  1. 8 lembar daun romaine(slada yunani)/bisa ganti dengan jenis selada lain
  2. 2 batang seledri
  3. 2 buah apel hijau/atau yang lain
  4. 1 ikat kecil bayam
  5. 1 ikat kecil kangkung
  6. 1 ikat kecil peterseli
  7. 1 buah lemon, kupas
  8. 1 ruas jari  jahe segar

Blender semua bahan dengan juicing setelah semua dibersihkan dengan baik. Romaine dan selada yang berdaun hijau tua jenis lainnya kaya akan klorofil, silikon dan vitamin B kompleks. Sayuran lain bermanfaat merangsang enzim pencernaan, serta membersihkan ginjal, hati dan saluran kemih. Jahe sangat baik untuk pencernaan, sekaligus memberikan rasa jus yang lebih baik.

Jahe dan berry

  1. 1 inci sepotong jahe segar
  2. 2 jeruk
  3. 1/2 cangkir buah berry jenis apa saja

Blender semua bahan dengan juicing. Jeruk merupakan sumber vitamin C, merupakan antioksidan kuat untuk melindungi kulit.

Jus buah sayur untuk anti penuaan dini kulit

  1. 4 daun kubis ukuran sedang
  2. 6 buah wortel sedang, bersihkan
  3. 1 – 1/2 ruas jari jahe(sesuai selera)

Kubis mengandung beta-karoten, vitamin C dan selenium, bermanfaat memperlambat proses penuaan dan membuat kulit sehat.

Jus buah sayur untuk Membersihkan kulit

  1. 6 batang seledri
  2. 1 buah mentimun sedang
  3. Bayam atau berdaun hijau tua lainnya (secukupnya)
  4. 1 bua apel

Jus semua bahan dengan baik. Secara keseluruhan mengandung zat dan nutrisi yang bermanfaat membersihkan kulit dari dalam

Perhatian :

Buah-buahan dan sayuran bisa terkontaminasi oleh pestisida. Jika memang memungkinkan, sebaiknya membeli buah atau sayur budidaya organik, seperti  apel, seledri, stroberi, selada, bayam dan mentimun. Jika tidak bisa mendapatkan yang organik, kalau perlu kupas kulit kulitnya. Pastikan Anda mencuci buah dan sayur sampai bersih, pertama dengan air dingin yang mengalir, yang dilanjutkan dengan membilas dengan air hangat. Juga pastikan, buah yang Anda beli tanpa memiliki luka atau memar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *