Resep Jus Buah &Sayur, Cara Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

resep jus buah sayur untuk menurunkan berat badanMenanamkan kebiasaan tertentu dalam diet sehari-hari akan membawa dampak yang sinifikan bagi kesehatan dalam jangka panjang. Kebiasaan buruk tentu akan berakibat buruk, dan begitu pula sebaliknya. Menyertakan buah dan sayur dalam diet sehari-hari adalah kebiasaan baik, yang tentu saja kan berdampak langsung terhadap kesehatan – hal ini termasuk mendapatkan berat badan yang ideal. Telah banyak diketahui secara ilmiah bahwa buah dan sayuran segar menyediakan beribu mikronutrisi positif, yang tak banyak ditemukan pada jenis makanan lain terutama hewani. Jika Anda belum atau jarang mengonsumsi buah sayur, maka biasakan mulailah dari sekarang!

Advertisement

Berbicara mengenai jus buah dan sayuran sehat untuk menurunkan berat badan. Meskipun rata-rata semua buah dan sayur adalah makanan sehat yan mengandung serat dan nutrisi, namun jenis tertentu lebih lengkap dan lebih banyak daripada yang lain . Jenis makanan nabati ini bisa anda khususkan jika Anda berniat untuk memasukannya kedalam diet Anda untuk menurunkan berat badan yang sehat. Kekhususan lainnya adalah rasanya yang baik dan mudah didapat, sehingga jus buah sehat Anda cepat disajikan dan nikmat dimulut. Nah, karena nikmat, tentu saja Anda nantinya akan lebih mudah untuk membiasakannya.

Baca juga : Resep membuat Jus buah sayuran untuk kulit sehat, mulus, dan awet muda

Mikronutrisi adalah termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim, adalah zat yang banyak terdapat didalam buah dan sayuran. Dan faktanya, sebagian besar populasi didunia kekurangan mikronutrisi harian, sehingga tak heran penyakit seperti kanker, obesitas, tekanan darah tinggi, jantung, dll semakin meningkat pertahun penderitanya!

Ingin menikmati jus buah sayur yang sehat, enak dan sekaligus untuk menurunkan berat badan?…

Berikut beberapa resep jus buah sayur untuk diet menurunkan berat badan

Jus wortel dan jeruk

Bahan:

1 buah jeruk bali
4 buah wortel
2 sdm air lemon
2 cm jahe

Cara membuat :

  1. Ambil daging jeruk bali, kupas wortel dan potong-potong dadu lalu masukkan blender.
  2. Tambahkan air lemon dan jahe yang sudah di kupas, lalu masukkan blender yang sama dan giling selama 3 sampai 4 menit.
  3. Tuangkan kedalam gelas besar dan siap untuk dinikmati.
Lihat juga :  Buah dan Sayuran yang Mengandung Kalsium Tinggi

Manfaat :

Wortel sangat rendah mengandung kalori namun tinggi serat sehingga menjadikannya sebagai bahan yang sempurna untuk membuat jus dalam menurunkan berat badan. Salah satau peran serat dalam hal program diet adalah membuat rasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan dari ngemil, yang merupakan salah satu penyebab utama kenaikan berat badan.

Resep jus buah ini baik dan efektif untuk menurunkan berat badan jika di minum sekali setiap hari.

Jus Bit dan wortel stroberi

Bahan:

  • 2 buah beetroot
  • 1 cangkir buah stroberi
  • 1 buah Wortel

Cara membuat :
Kupas wortel dan beatroot, lalu potong berbentuk dadu. Masukkan kedalam blender, dan tambahkan juga buah stroberi dan 1/4 cangkir air mineral kedalam blender. Giling sampai halus membentuk pasta, dan siap dinikmati.

Manfaat :

Beet root bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina, juga mengandung tinggi jenis serat larut dan tidak larut yang membantu menurunkan berat badan. Sementara itu buah stoberri mengandung asam ellagic dan anthosianin yang membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi peradangan dan memulihkan fungsi hormon. Antosianin berperan mer*ngsang produksi hormon adiponektin yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi rasa lapar dengan cara memperlambat kecepatan pencernaan makanan yang megandung pati.

Jus Kiwi dan Mentimun

Bahan:

  • 2 buah kiwi
  • 1 buah mentimun
  • 1/2 buah lemon
  • Daun mint secukupnya

Cara membuat :

Kupas dan potong-potong buah kiwi dan mentimunnya, lalu masukkan ke ke blender. kalau perlu tambahkan daun mint. Proses sampai lembut dan kemudian bisa Anda nikmati.

Manfaat :

Mentimun merupakan jenis sayuran yang juga baik untuk membantu menurunkan berat badan secara alami. Mentimun kaya kandungan air dan rendah sodium, sehingga membantu mengurangi kembung dan retensi air dan rendh kalori. Sementara itu Buah Kiwi adalah buah yang menyediakan sumber energi, nutrisi, dan vitamin serta rendah kalori dan lezat.

Lihat juga :  Telur tinggi Kolesterol, berapa banyak kita makan?

Jus Paprika dan apel

Bahan:

  • 1 buah paprika merah
  • 1 buah apel
  • 1 sdm air lemon

Potong buah paprika dan apel, masukkan kedalam blender, tambahkan air lemon dan giling dengan 1/2 gelas air mineral selama beberapa menit. Tuangkan kedalam gelas dan nikmati.

Manfaat :

Paprika yang berwarna merah kaya akan zat capsaicin yang menimbulkan efek rasa pedas. Capsaicin berguna meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat proses metabolisme melalui thermogenesis yang membantu tubuh dalam membakar kalori dan untuk meningkatkan oksidasi lemak. Mengonsumsi 6 mg capsaicin setiap hari bisa meningkatkan pembakaran lemak dalam perut. Apel adalah buah yang rendah lemak dan  kalori namun  tinggi serat dan vitamin sehingga sempurna untuk menurunkan berat badan secara alami. Serat jenis larut air dalam apel juga bermanfaat membantu dmenurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung .

Jus Seledri dan mentimun

Bahan:

  • 3 tangkai daun seledri
  • 1 buah mentimun
  • 1 buah apel

Cara membuat :
Potong-potong batang seledri, mentimun, dan buah apel dan tambahkan  ½ cangkir air mineral. Giling sampai halus lalu tuangkan kedalam gelas, tambahkan air lemon, dan siap untuk di nikmati.

Manfaat :

Jus ini sangat rendah kalori namun tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin K, folat, kalium dan serat pangan yang merupakan zat penting untuk menurunkan berat badan. Gabungan antara seledri,  mentimun dan apel  akan membantu meningkatkan efektivitasnya.

Manfaat Jus buah dan Sayuran selain menjaga berat badan yang sehat

JIka Anda menambahkan jus segar sebagai rutinitas diet sehari-hari, maka anda akan mengalami efek peremajaan dan kesembuahn dari berbagai penyakit seperti kanker, kanker darah, radang sendi, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, masalah kesehatan hati, dll . Jus buah dan sayur akan memasok tubuh Anda dengan berbagi nutrisi yang mudah diserap, dan jus juga bermanfaat menghilangkan racun (mendetoksifikasi tubuh) dan jaringan lemak.

Dengan mengikuti resep membuat jus buah dan sayur diatas, selain Anda akan mendapatkan penurunan berat badan, juga kesehatan optimal dalam jangka panjang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *