Apakah Probiotik dan Manfaatnya bagi kesehatan?

probiotikMungkin Anda sudah seringkali mendengar istilah probiotik, terutama dari iklan produk susu atau yoghurt. Namun tahukah Anda, apa itu yang disebut dengan probiotik?. Probiotik adalah sebutan untuk bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam saluran pencernaan kita, yang keberadaannya membantu memastikan kesehatan seluruh sistem pencernaan. Bukankah probiotik adalah bakteri hidup, bagaimana bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan?. Probiotik adalah bakteri baik bagi usus, yang membantu menyeimbangkan ekosistem dalam tubuh terutama saluran pencernaan. Perkembangan Probiotik dalam saluran pencernaan sekaligus untuk menekan pertumbuhan jenis bakteri yang berbahaya. Jadi jelas, tanpa probiotik, maka usus kita akan dipenuhi oleh bakteri berbahaya yang menjadi penyebab utama diare dan sakit perut.

Advertisement

Berikut beberapa hal tentang probiotik, sumber makanan, jumlah kebutuhan, dan manfaatnya bagi kesehatan :

Makanan yang mengandung probiotik

Beberapa produk susu seperti susu dan yoghurt dicantumkan label mengandung bakteri hidup yang bernama probiotik ini. Probiotik secara alami bisa ditemukan dalam makanan fermentasi dan beberapa susu, termasuk yogurt, susu fermentasi, keju cottage, buttermilk, asinan kubis, miso, kimchi, kecap, nata de coco, dan tempe. Susu segar atau susu mentah juga mengandung bakteri jenis ini, akan tetapi akan mati ketika susu telah dipasteurisasi.

Beberapa Manfaat Probiotik bagi kesehatan

Sementara penelitian masih terus-menerus dilakukan untuk menggali manfaat probiotik, namun sudah ada beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan yang sudah terkenal. Kebanyakan orang mungkin sudah mendengar bahwa probiotik baik untuk sistem pencernaan. Namun sebenarnya probiotik bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi.

Probiotik juga bisa membantu mencegah dan mengurangi beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari antibiotik, termasuk gas, kembung, diare dan kram perut. Juga bisa memungkinkan bagi orang yang intoleran laktosa untuk menikmati makanan dari susu, yaitu dengan cara membantu mencerna makanan menjadi lebih mudah. Probiotik juga telah terbukti dapat menurunkan beberapa gejala sindrom iritasi usus, penyakit radang usus, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, probiotik berperan penting untuk sintesis vitamin, meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu membuat antibodi, mengurangi gejala alergi, mengurangi resiko gigi berlubang, mempercepat kesembuhan dari infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

Lihat juga :  Efek terkait duduk lama berjam-jam setiap hari bagi kesehatan

Jumlah kebutuhan setiap hari

Tidak ada ukuran jumlah minimum yang ditetapkan dalam satu hari. Kebanyakan orang sehat sudah bisa mendapatkan cukup dengan hanya mengkonsumsi makanan dengan diet seimbang yang mencakup makanan kaya probiotik.

Tentang suplemen Probiotik

Anda bisa mendapatkan probiotik tambahan dalam berbagai bentuk, seperti bentuk tablet, bubuk, kapsul, atau dalam bentuk cair.  Suplemen ini dibuat dengan berbagai macam formulasi dan dosis yang dianjurkan, tergantung jenis dan merk yang Anda pilih. Ada ratusan strain probiotik, dan semuanya bekerja dengan cara yang berbeda dalam tubuh Anda. Para peneliti masih belum yakin jika semuanya bekerja lebih baik sebagai strain tunggal atau bila dikombinasikan dengan berbagai strain individual. Jumlah mikroorganisme bisa sangat bervariasi dari satu produk dan produk lainnya, dan mikroorganisme yang berbeda bekerja terbaik untuk kondisi tertentu.

Untuk sebuah produk probiotik yang efektif perlu ada label “mengandung strain aktif hidup.” Selain itu, suplemen probiotik mungkin tidak stabil. Dengan demikian yang terbaik adalah untuk mengikuti semua petunjuk tentang suhu dan waktu penyimpanan. Tentu saja selalu lebih baik mendapatkan nutrisi yang bermanfaat dari makanan secara alami, bukan dari pil atau suplemen.

Perhatian :

Berkonsultasilah dengan dokter tentang suplemen diet yang akan Anda gunakan. Sementara ini suplemen probiotik masih belum diketahui efek sampingnya yang mungkin bisa merugikan, namun suplemen apapun bisa berpotensi mengganggu efektifitas obat atau perawatan dokter yang Anda jalani.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *