Perubahan pada tubuh selama kehamilan

Pada saat masa kehamilan, secara alami tubuh akan mengalami perubahan yang cukup menonjol. Perut membesar, berat badan tambahan, dan lain-lain, merupakan hal yang umum selama masa kehamilan Anda. Pada artikel kali ini, kita menjelaskan mengenai perubahan fisik yang umum terjadi ketika Anda sedang hamil.

Advertisement

Kehamilan adalah pengalaman yang luar biasa bagi Anda, dan tak ada khabar lain yang lebih menggembirakan daripada melahirkan seorang bayi. Perubahan fisik yang terjadi merupakan hasil dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam tubuh, dan ini adalah normal selama masa kehamilan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ketika Anda hamil, gejala morning sickness mungkin Anda alami, yang membuat Anda merasa lelah setiap saat. Mual dan pusing seringkali terjadi selama trimester pertama, sementara rasa sakit dan kram perut terjadi hampir setiap hari manakala saat kelahiran sudah dekat.

Perubahan fisik umum yang terjadi selama wanita sedang hamil

Peningkatan Berat Badan

Berat badan yang meningkat adalah wajar selama kehamilan. Nafsu makan akan mengalami peningkatan secara drastis, yang dikarenakan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh Anda. Pengalaman ini benar-benar berbeda, dan konsekuensinya adalah kenaikan berat badan. Dokter akan menyarankan asupan makanan yang sehat untuk kebaikan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Dengan demikian, jumlah makanan yang Anda konsumsi pasti akan lebih banyak dari biasanya, karena janin dalam kandungan juga tergantung dengan apa yang Anda makan. Selain itu, makanan tambahan seperti minuman kesehatan, produk susu dan vitamin prenatal yang sangat bergizi juga menyebabkan kenaikan berat badan yang sangat cepat. Selain itu, Anda mungkin tidak akan boleh berolahraga yang berpotensi membahayakan kehamilan. Dan ketika Anda berhenti berolahraga secara tiba-tiba, maka Anda akan cenderung menambah berat badan. Kenaikan berat badan ini adalah alami, dan Anda tidak bisa menghindarinya.

Lihat juga :  Amankah, Ibu hamil muda naik turun tangga?

Baca juga : Normalkah penurunan berat badan selama kehamilan?

Perut Kembung

Anda akan mulai terlihat buncit setelah trimester pertama. Kembung pada awal kehamilan terjadi karena perluasan rahim untuk mengakomodasi janin. Sampai empat bulan usia kehamilan ukuran perut masih tampak normal, tetapi pada bulan kelima, perut Anda mulai terlihat menonjol. Hal ini akan disikapi dengan baik oleh wanita, karena melambangkan sebuah kehamilan. Anda juga akan merasakan perut kembung karena komplikasi kesehatan kecil, seperti gangguan pencernaan, gas, dan sembelit yang terjadi selama kehamilan. Anda membutuhkan pakaian hamil dengan ukuran yang sesuai.

Perubahan Payud*ra

Salah satu pertanda awal kehamilan adalah payud*ra yang embut. Anda akan melihat pertambahan ukuran payud*ra Anda, dan sedikit sakit ketika disentuh. Ini adalah gejala umum yang terjadi pada masa kehamilan, karena terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Pembesaran payud*ra yang terjadi adalah persiapan untuk menyusui,  dan setelah 14 minggu, Anda juga akan melihat sekresi kolostrum. Selain itu puting juga membengkak, serta perubahan warna kulit yang jauh menjadi lebih gelap di sekitar areola. Dengan demikian, Anda mungkin juga perlu untuk merubah ukuran pakaian dalam Anda untuk memberikan dukungan yang sesuai bagi payud*ra Anda.

Pembengkakan pada beberapa anggota tubuh

Retensi air adalah kondisi lain yang sepertinya juga tidak bisa dihindari selama masa kehamilan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan edema atau pembengkakan selama kehamilan, yang bisa terjadi di kaki, pergelangan kaki, tangan dan wajah, yang terjadi akibat terkumpulnya air. Volume darah dan cairan yang diproduksi dalam tubuh meningkat hingga sebesar 50%,  dan ini membantu tubuh Anda untuk memperluas agar memadai bagi janin. Tekanan yang terjadi pada vena panggul akibat perluasan rahim, juga merupakan salah satu penyebab di balik mengendapnya cairan dalam jaringan di bagian tubuh tersebut. Fakta lain yang menyebabkan pembengkakan berlebihan adalah iklim dan pola makan. Pembengkakan umumnya lebih sering sterlihat selama musim panas, dan diet yang tinggi natrium juga bisa menyebabkan retensi air yang berlebihan. Wajah Anda akan membengkak, dan Anda juga akan mengalami rasa yang berat pada kaki dan tangan.

Lihat juga :  Khasiat Madu untuk Ibu Hamil

Perubahan pada Rambut

Anda mungkin juga akan melihat peningkatan tekstur rambut Anda selama masa kehamilan. Hal ini terjadi karena diet Anda lebih kaya akan gizi, dan makanan Anda mengandung mineral, vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Rambut akan terlihat lebih berkilau, dan volumenya mungkin juga akan meningkat. Sebaliknya, beberapa wanita mungkin mengalami kerontokan rambut yang cepat, akibat perubahan hormon.

Itulah beberapa hal yang dianggap sebagai tanda kehamilan yang sehat. Anda harus datang kedokter jika Anda melihat adanya kelainan pada kesehatan Anda. Jika tidak, nikmatilahkehamilan Anda, tetap menjaga makanan yang sehat dan menjaga tubuh agar tetap fit

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *