Perlukah Kita minum Suplemen Kalsium?

Perlukah pria dan wanita minum suplemen kalsiumKasium merupakan mineral utama yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan optimal, terutama kesehatan tulang dan gigi. Cari tahu Manfaat Kalsium bagi tubuh, disini

Advertisement

Kalsium tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Dengan demikian Kalsium harus diperoleh dari sumber luar, seperti dari makanan yang sehari-hari bisa kita dikonsumsi. Makanan sumber kalsium terbaik adalah Susu dan produk susu seperti yogurth, keju, susu rendah lemak, serta berbagai sayuran dan buah-buahan. Namun faktanya masih banyak kasus orang dengan gangguan kesehatan akibat kurangnya asupan kalsium. Pertumbuhan tinggi badan anak yang kurang optimal, sakit punggung atau osteoporosis pada orang yang masih lebih muda. Untuk itulah banyak direkomendasikan untuk memperoleh kalsium dalam jumlah yang cukup dari suplemen kalsium.

Perlukah kita mengkonsumsi suplemen kalsium?

Suplemen kalsium adalah pilihan yang paling tepat untuk mencegah osteoporosis. Namun ada batasan atas tertentu asupan kalsium untuk memaksimalkan penyerapan. Penyerapan kalsium meningkat pada lingkungan asam, sehingga suplemen kalsium harus dimakan dengan makanan ( kalsium sitrat tidak perlu diambil dengan makanan ). Meskipun belum dikonfirmasi lebih lanjut, kalsium sitrat adalah bentuk suplemen kalsium yang diperkirakan lebih mudah diserap daripada bentuk-bentuk suplemen kalsium lainnya. Referensi: Medscape: Calcium Supplements: Benefits and Risks

Kalsium juga masih membutuhkan peran vitamin D

Agar tubuh dapat menyerap kalsium, maka ia juga masih membutuhkan peran dari vitamin D. Itulah kenapa vitamin D juga dikatakan bagus untuk tulang dan pertumbuhannya. Vitamin D dapat diperoleh dengan cara menjemur kulit langsung dibawah sinar matahari. Beberapa makanan juga mengandung vitamin D meskipun sedikit, seperti telor dan ikan salmon kaleng. Beberapa suplemen kalsium juga diperkaya dengan vitamin D, untuk memaksimalkan penyerapannya oleh tubuh.

Lihat juga :  Apakah Anti Oksidan, dan manfaatnya bagi kesehatan

Batas minimal dan tertinggi asupan kalsium yang sehat

Berikut tingkat kebutuhan kalsium Recommended Dietary Allowance ( RDA ) untuk orang dewasa:

KALSIUM: Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk dewasa
Pria Kebutuhan Harian RDA Batas atas harian
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51-70 1,000 mg 2,000 mg
Usia 71 > 1,200 mg 2,000 mg
Wanita
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51 > 1,200 mg 2,000 mg
Sources: Dietary Guidelines for Americans, 2012; Institute of Medicine, 2012

Resiko Suplemen Kalsium – terkait dengan kelebihan

Walaupun sangat kecil kemungkinan kelebihan kalsium dari mengkonsumsi makanan, namun dengan suplemen Anda berpeluang besar untuk itu. Asupan kalsium terlalu banyak yang disebabkan salah petunjuk dapat menyebabkan batu ginjal, sindrom alkali, atau gangguan penyerapan zat besi. Jika Anda berisiko tinggi dengan pembentukan batu ginjal, kalsium sitrat mungkin suplemen sumber kalsium yang terbaik. Satu studi menemukan bahwa kalsium sitrat tidak akan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, ketika diberikan kepada 18 wanita pascamenopause tanpa batu ginjal.

Pemberian suplemen kalium sitrat akan mengurangi risiko asam urat dan batu kalsium oksalat. Suplemen kalsium juga dapat menyebabkan sembelit, sehingga Anda juga harus mendapatkan asupan serat yang baik dari makanan/suplemen.

Perhatian

Konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin mengambil suplemen kalsium, agar dapat memperoleh manfaat yang tepat dari minum suplemen kalsium. Kondisi tertentu sesorang mungkin juga dapat membedakan, tanyakan rekomendasi terbaik untuk Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *