Perawatan Gigi Kosmetik untuk senyum yang lebih Indah

perawatan gigi kosmetikCosmetic Dentistry atau Perawatan kosmetik gigi adalah hal yang berhubungan dengan gigi, mulai dari pemutihan gigi sampai merubah mulut untuk meningkatkan kualitas senyum Anda. Dengan gigi yang terlihat bersih, putih, dan sehat, pastinya Anda bebas mengumbar senyum lebar kepada siapa saja tanpa ada rasa khawatir. Perawatan gigi secara kosmetika ini sebenarnya tidak hanya bagi para selebriti atau orang kaya yang banyak duit – tapi sekarang ada berbagai macam pilihan kisaran harga yang bisa dijangkau banyak kalangan. Hampir semua dokter gigi sudah melakukan prosedur kosmetik gigi ini, setidaknya beberapa prosedur yang umum. Sejumlah teknik kedokteran gigi kosmetik termasuk mengobati gigi termasuk merubah warna gigi yang berubah, memperbaiki gigi yang cacat, atau bahkan mengembalikan gigi yang sudah hilang.

Advertisement

Mana perawatan gigi kosmetik yang tepat untuk Anda? Ada beberapa yang perlu Anda ketahui sebelum mendapatkannya!

Perawatan gigi

Dokter gigi pada umumnya hanya membahas masalah yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan gusi Anda, namun untuk kedokteran gigi kosmetik lebih berfokus pada penampilan gigi dan mulut.

Kemajuan terbaru dalam dunia kedokteran gigi kosmetik memungkinkan dokter gigi untuk menawarkan segala hal dari pemutihan gigi sampai pelapisan gigi untuk meningkatkan kualitas senyum pasien. Kedokteran kosmetik gigi sebenarnya telah ada sejak beberapa dekade, tetapi bahan yang digunakan pada saat ini adalah bahan yang lebih tahan lama dan makin terlihat alami daripada yang digunakan dulu.

Berikut beberapa Prosedur perawatan gigi kosmetik yang tersedia :

  1. Pemutihan gigi(whitening) atau dental bleaching : Prosedur ini untuk mencerahkan gigi yang sudah berubah warna atau bernoda. Pemutihan gigi ini bisa dilakukan di dokter gigi atau dilakukan sendiri rumah tanpa bantuan dokter gigi.
  2. Bonding : Prosedur ini bisa memperbaiki penampilan gigi yang sudah terkelupas, rusak, retak, bernoda, renggang, atau berlubang, dengan memberi bahan bonding berwarna pada permukaan gigi.
  3. Veneer :  Prosedur ini adalah penambahan lapisan porselen buatan yang menutupi bagian depan gigi yang betujuan untuk menyamarkan perubahan warna atau ketidaksempurnaan pada gigi. Veneer juga bisa juga untuk mengcustom gigi pasien supaya tampak beda daripada yang lain, sebagai contoh “gigi kelinci”nya artis Vega atau Ola Ramlan.
  4. Membentuk gigi kembali(Tooth Reshaping) : Prosedur ini termasuk merubah gigi untuk memperbaiki penampilannya dengan cara memodifikasi atau menghilangkan lapisan enamel. Hal ini juga dikenal dengan contouring gigi, yang sering dikombinasikan dengan bonding.
  5. Crown lenghtening : Prosedur ini bisa memperbaiki senyum yang terlalu banyak mempertontonkan gusi daripada gigi, atau garis gusi yang tidak rata. Hal ini dilakukan dengan menghilangkan kelebihan jaringan gusi untuk menampilkan gigi lebih banyak, dengan menggunakan bedah mulut minor.
  6. Merubah senyum : Prosedur ini mencakup penilaian keseluruhan penampilan gigi dan senyum secara komprehensif. Biasanya beberapa prosedur kedokteran gigi kosmetik diperlukan untuk merombak tampilan senyum pasien. Hal ini bisa dianggap sebagai facelift untuk mulut.
Lihat juga :  Manfaat utama Bersepeda bagi Kesehatan

Cara memilih Dokter Gigi Kosmetik

Keterampilan dan pengalaman seorang dokter gigi bisa mempengaruhi hasil dari gigi Anda. Sementara untuk dokter spesialis gigi seperti ortodontis dan periodontis membutuhkan pendidikan tambahan dan sertifikasi khusus, namun untuk bidang dokter keperawatan gigi kosmetik tidak memiliki persyaratan tersebut – artinya setiap dokter gigi yang medapat gelar dari kedokteran gigi umum bisa melakukan prosedur penanganan ini. Kebanyakan dokter gigi yang menawarkan perawatan gigi kosmetik sudah mengikuti kursus pendidikan lanjutan tentang prosedur dan perawatan. Untuk memastikan apakah dokter gigi yang Anda pilih benar-benar terampil dalam menjalankan prosedur gigi kosmetik, yang terbaik adalah melihat beberapa hal :

  1. Foto before dan after pasien yang pernah dirawatnya
  2. Referensi dari pasien yang pernah dirawat
  3. Bukti pendidikan lanjutan

Karena orang jaman sekarang sudah lebih peduli dengan sekecil apapun penampilan mereka, perawatan gigi secara kosmetik pun kini menjadi lebih populer daripada sebelumnya. Meskipun tidak banyak orang yang memiliki gigi sempurna secara alami, namun siapapun bisa mendapatkan senyum mempesona dengan bantuan dokter gigi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *