Penyebab utama terlambat Haid

Penyebab utama terlambat HaidDatang bulan yang terlambat adalah masalah umum yang bisa dikarenakan banyak hal. Hal ini  bisa menjadi pertanda baik, atau bisa juga justru membuat khawatir Anda. Ada beberapa Faktor-faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi Anda, yang bisa dijadikan sebagai indikasi untuk mengatasinya.

Advertisement

Berikut ini 5 alasan kenapa Anda mengalami terlambat bulan

1. Stres berlebihan

Stres adalah hal yang banyak dihadapan wanita modern diperkotaan, dan alasan utamanya yang mungkin adalah kesibukan atau tuntutan hidup. Stres adalah salah satu kenapa bulanan Anda bisa terlambat. Gaya hidup yang sangat sibuk dan stres bisa menyebabkan dampak bagi kesehatan, hal ini terutama karena akan mempengaruhi produksi hormon kita. Saat-saat stres mungkin sulit untuk dapat dihindari, tetapi cobalah untuk menemukan waktu bersantai untuk melepaskan stres. Sisakan sedikit waktu Anda untuk Anda sendiri, temukanlah apa yang bisa membuat Anda bahagia.

2. Perubahan jam kerja

Sesuatu perubahan kebiasaan yang paling sederhana pun bisa menyebabkan keterlambatan datang bulan. Jika Anda biasanya bekerja pada jam 7 pagi, lalu tiba-tiba ada perubahan jam kerja menjadi pukul 5 sore. Hal seperti ini bisa menyebabkan masalah menstruasi Anda, karena tubuh Anda sedang  beradaptasi dengan perubahan jadwal baru. Hormon didalam tubuh Anda bisa sangat sensitif terhadap bentuk adaptasi tubuh yang baru.

3. Latihan secara intens

Latihan atau olahraga yang dilakukan secara intensif intensif dan penurunan berat badan dengan cepat bisa mempengaruhi siklus haid. Jika Anda tiba-tiba harus berolahraga dan bekerja, maka Anda lebih cenderung kehilangan jadwal tetap tamu bulanan Anda. Olahraga atau aktifitas tertentu bisa  mempengaruhi siklus menstruasi, karena tingkat metabolisme tubuh menjadi tinggi. Metabolisme ini juga akan mempengaruhi aktifitas kimiawi dalam tubuh seperti halnya menstruasi.

Lihat juga :  Daun Sirih untuk Mengobati Keputihan

4. Minum Pil KB

Mengkonsumsi pil KB juga mempengaruhi siklus menstruasi. Banyak wanita yang menggunakan pil KB untuk mengendalikan bulannya, mengatur periode yang diinginkan, atau mencegah datang bulan. Tapi jika Anda tidak minum pil KB untuk menunda haid, sebaiknya mengetahui tentang  efek samping. Jika Anda tidak yakin jika pil KB adalah penyebabnya, maka sebaiknya minta saran dokter.

5. Kemungkinan hamil

Tidak mendapatkan bulanan adalah salah satu pertanda utama kehamilan. Jika Anda sebelumnya memang mencoba untuk hamil atau memiliki pasangan resmi, hal ini adalah pertanda baik. Namun, jika Anda masih muda dan lajang, atau sedang tidak siap, hamil bisa menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Dengan demikian anda perlu untuk mengetahui kepastiannya dengan mencoba alat tester kehamilan. Namun jika hasil tes belu meyakinkan, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *