Penyebab Umum Sering Mual dan Muntah Pada Orang Dewasa

Ada beberapa penyebab umum kenapa kita bisa atau sering mengalami mual muntah. Hal ini adalah gejala yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Mual dan muntah bisa terjadi secara terpisah atau keduanya, dan faktor penyebabnya  bisa meliputi fisik dan psikologis . Ini bisa menimpa kepada orang dewasa dananak-anak. Perempuan hamil muda, dan orang yang menjalani terapi pengobatan seperti kanker seringkali mengalaminya.

Advertisement

Faktor psikologis bisa menyebabkan orang spontan merasa mual bahkan muntah pada beberapa orang. Misalnya ketika orang menyaksikan atau mendegar sesuatu yang mereka anggap menj*j*kkan, bahkan ketika berkhayal atau membayangkan sesuatu yang tidak nyaman tersebut. Namun yang akan kita bahas berikut ini adalah penyebab mual muntah yang selain dari faktor psikologis, serta selain dari efek kehamilan dan terapi pengobatan kanker.

Penyebab Kenapa Sering Mual dan Muntah khusus Orang Dewasa:

Penyebab sering mual dan muntah

Terutama yang didasari oleh kondisi Fisik,  selain kehamilan dan terapi pengobatan kanker pada orang Dewasa :

Alergi Makanan

Alergi tidak hanya bisa menyebabkan gatal dan iritasi dikulit atau di bagian tubuh lainnya, tapi juga bisa memicu rasa mual bahkan muntah pada orang dewasa. Jadi belajarlah mengingat makanan apa yang sudah anda makan dan kapan anda merasa mual atau muntah, sehingga bisa mengetahui makanan apa yang menjadi penyebabnya. Biasanya mual dan muntah oleh alergi tidak membahayakan, setidaknya selama tidak ndableg terus memakan makanan penyebab alergi.

Keracunan

Keracunan bisa disebabkan oleh obat dan makanan yang masuk lewat mulut, tetapi juga ada yang lewat perantara udara misalnya gas ber*cun. Gejala keracunan yang seringkali muncul diawal adalah reaksi mual hingga muntah. Hal ini akibat reaksi tubuh yang menolak zat asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh yang meminta tubuh untuk mengeluarkannya melalui muntah. Muntah akibat keracunan ini biasanya akan berlangsung terus-menerus bahkan menyebabkan orang kehabisan cairan yang tak kalah membahayakannya dari dampak racun itu sendiri. Jika muntah mual karena keracunan, sebaiknya secepatnya mencari pertolongan medis yang memadai.

Penyakit Pencernaan

Rata -rata dari gejala penyakit pencernaan adalah mual-mual hingga muntah-muntah. Hal ini termasuk penyakit GERD atau naiknya asam lambung kedalam kerongkongan, serta sakit maag akibat infeksi pada lambung karena adanya luka atau iritasi(tukak lambung).

Mual muntah akibat kondisi penyakit pencernaan ini biasanya diiringi dengan gejala lain, seperti diare , sembelit , dan sakit perut. Penyakit pencernaan kronis termasuk intoleran makanan seperti protein susu dan intoleransi laktosa serta penyakit radang usus yaitu celiac.

Sindrom iritasi usus merupakan penyakit kronis yang juga menyebabkan gejala mual dan muntah, namun biasanya diringi dengan perut kembung, mulas, kelelahan, dan kram. Hal ini bisa terjadi ketika ada bagian dari usus yang menjadi terlalu aktif.

Penyakit kronis lainnya yang menunjukkan gejala mual muntah adalah penyakit Crohn,  adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan yang mempengaruhi usus atau bagian lain pencernaan.

Baca lebih banyak informasi tentang penyakit pencernaan, ==> klik disini!<==

Penyakit Usus Buntu

Radang usus buntu adalah peradangan pada usus buntu(apendik)yang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi yang paling sering terjadi antara usia 10 dan 30 yang paling sering  pada laki-laki daripada perempuan. Jika tidak diobati usus buntu bisa menyebabkan usus buntu pecah dan bisa fatal. Pengobatan usus buntu seringkali berakhir dengan operasi.

Gejala usus buntu termasuk rasa mual bahkan muntah, yang biasanya diiringi gejala usus buntu lain termasuk rasa nyeri di sekitar pusar dan perut kanan bawah. Gejala lain radang usus buntu adalah tidak bisa mengeluarkan gas, diare, sembelit, pembengkakan perut, dan demam ringan.

Gangguan Ginjal

Hal ini adalah kondisi gangguan pada ginjal yang secara tiba-tiba bisa menjadi parah dan menjadi kronis(gagal gin al). Salah satu tanda-tandanya adalah Mual dan Muntah tanpa alasan yang jelas. Anda perlu waspada jika ini adalah gejala gangguan ginjal ketika muntah dan mual diringi oleh gejala lain khas gangguan ginjal termasuk perubahan keluaran urin, bengkak kaki dan tangan, kelelahan, nafsu makan turun, sulit tidur, sering BAB malam hari, dan anemia. Jika demikian segera untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dari dokter, sehingga apabila benar-benar gangguan ginjal bisa cepat ditangani agar tidak menjadi kronis.

Gegar otak

Gegar otak adalah cedera otak ringan akibat trauma di kepala yang menyebabkan kepala dan otak mengguncang dengan cepat. Mual dan muntah adalah gejala gegar otak yang paling sering terjadi, yang bisa datang secara spontan, berjam-jam, atau setelah berhari-hari pasca cedera gegar otak.

Radang Selaput Otak(Meningitis)

Meningitis terjadi akibat terjadinya infeksi bakteri yang serius yang mempengaruhi lapisan pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya penyakit nini menular melalui cairan tubuh sepert air liur atau lendir penderita. Gejala meningitis termasuk mual dan muntah meskipun jarang, tetapi apabila disertai gejala lain seperti demam tinggi mendadak, sakit kepala, leher kaku, bercak ungu di kulit yang terlihat seperti memar maka anda wajib curiga dan mendapat diagnosa secara medis segera.

Tumor Otak

Inilah yang sangat perlu untuk diwaspadai ketika orang sering mengalami mual muntah tanpa penyebab yang jelas.

Tumor otak adalah sekumpulan massa atau ketidak-normalan pada sel-sel di otak.  Tumor otak bisa ganas(kanker) atau jinak(non-kanker). Ketika tumor baik jinak ataupun ganas semakin tumbuh maka dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak – yang dapat menyebabkan kerusakan pada  otak.

Tumor otak dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu primer atau sekunder. Tumor otak primer berasal dari otak, sedangkan  tumor otak sekunder terjadi ketika sel-sel kanker  dari organ tubuh lain yang menyebar ke otak.

Muntah adalah salah satu gejala dari tumor otak, dan perlu diwaspadai jika hal ini seringkali terjadi tanpa alasan jelas serta diiringi oleh gejala tumor otak lain terutama sakit kepala yang buruk saat tidur dan bangun tidur. Serta sakit kepala yang semakin memburuk ketika olahraga, batuk atau bersin. Gejala lain tumor otak yang sering adalah penglihatan kabur/dobel, kebingungan, dan kelemahan anggota tubuh tertentu atau wajah.

Obat meredakan mual dan muntah

Untuk meredakan muntah, minuman herbal seperti wedang jahe bisa meringankan gejala. Makan sedikit sedikit namun sering, banyak minum air untuk mencegah dehidrasi, dan hindari makanan padat.

Namun jika mual muntah tanpa alasan jelas, misalnya tidak sedang hamil, tidak mabuk kendaraan, atau tidak menjalani terapi pengobatan, maka anda perlu waspada terhadap penyakit lain yang mendasar terutama jika mual muntah sering terjadi dan berlangsung lebih dari seminggu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *