Penyebab Rasa Sakit pada Gigi Berlubang

Penyebab rasa sakit pada gigi berlubangOrang banyak yang menganggap bahwa penyebab rasa sakit pada gigi berlubang ulat. Bener apa tidak ya?… Ulat yang dimaksudkan mereka  mungkin adalah bakteri, ya ada benarnya juga tapi bukan ulat yang bisa dilihat tanpa menggunakan alat. Sakit Gigi Berlubang, adalah kondisi yang paling umum diseluruh dunia – dan siapapun baik anak kecil, remaja, dan orang yang lebih tua bisa memilikinya. Lubang pada gigi adalah kerusakan pada gigi, awal mulanya akibat insiden atau apapun yang dapat merusak lapisan luar gigi atau email. Setelah beberapa waktu, partikel makanan akan lebih mudah menempel ketika lapisan enamel sudah tidak ada  yang kemudian datanglah asam dan bakteri – lalu akibatnya bisa ditebak, gigi secara perlahan namun pasti akan terkikis dan membentuk lubang gigi.  Perawatan gigi yang kurang bersih lambat laun juga bisa memicu terbentuknya karang atau plak oleh peran asam dan bakteri yang akhirnya memunculkan gigi berlubang.

Advertisement

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Lalu apa penyebab rasa sakit pada gigi yang berlubang?.

Jika kondisi plak gigi dan proses pembentukan awal gigi berlubang tidak segera ditangani, maka hal ini akan terus berlanjut hingga gigi rusak total dan tidak bisa dipertahankan lagi. Pada akhirnya setelah asam merusak email gigi atau email rusak oleh akibat tertentu, maka asam akan terus berlanjut merusak lapisan gigi kedua yang disebut dengan Dentin. Dentin merupakan lapisan gigi kedua setelah email, yang memiliki tekstur lebih lembut dan mudah sekali rusak. Jika kerusakan tidak segera di hambat atau ditangani secara medis, maka pada akhirnya lapisan dentin akan habis dan lubang selanjutnya akan menembus sampai ke pulpa gigi – dimana yang didalamnya berisi banyak pembuluh darah dan syaraf gigi.

Nah, ketika kerusakan gigi sudah menembus vulva maka akan dengan mudah menyebabkan pembusukan oleh peran serta bakteri, kotoran sisa makanan, dan asam. Disinilah yang akhirnya menyebabkan kerusakan saraf, yang menyebabkan rasa yang sangat nyeri pada gigi berlubang saraf nyeri, iritasi, dan pembengkakan. Ketika kerusakan gigi semakin parah dan tidak ditangani, maka akan muncul nanah akibat reaksi dari sistem kekebalan tubuh Anda yang mencoba untuk melawan pembusukan dan infeksi bakteri. Hal ini adalah abses, dimana ketika jaringan vulva gigi sudah mati dibawah akar gigi.

cara menyembuhkan gusi bengkak

Pencegahan Gigi berlubang, lebih baik daripada mengobati

Merawat gigi yang baik dan benar adalah cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang. Pencegahan gigi berlubang ini harus dimulai di rumah, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi secara teratur kepada dokter gigi agar kerusakan awal sedini mungkin dapat di atasi – agar tidak semakin berkembang. Cobalah langkah menjaga kebersihan mulut yang baik untuk mencegah gigi berlubang yang sangat menyakitkan:

  • Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, karena bahan ini bisa menghentikan dan bahkan memulihkan kembali kerusakan awal email gigi.
  • Menyikat gigi  setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu sekali pada pagi hari dan sekali sebelum tidur. Dan jika mungkin maka lebih baik sikat gigi setelah makan.
  • Menggunakan benang gigi   setiap hari untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip dan mencegah penumpukan plak. Sisa makanan yang terselip diantara gigi ini terkadang tak bisa lepas hanya dengan sikat gigi.
  • Mungkin Anda bisa meminta nasehat tentang pelapis atau sil gigi kepada dokter Anda. Pelapis gigi atau sealant gigi adalah bahan plastik yang di tempellkan diatas permukaan gigi geraham – untuk mengisi lubang-lubang serta alur untuk mencegah kerusakan gigi.
  • Hindari ngemil berlebihan, dan kurangi cemilan terutama manis-manis, atau yang lengket. Ngemil secara konstant bisa membuat kerusakan gigi. Makanan dan minuman bersoda juga dapat merusak enamel Anda. Selain buruk untuk gigi, minuman bersoda juga buruk bagi kesehatan tubuh, selain itu,  ngemil juga bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan masalah lain seperti kolesterol.
  • Jika Anda misalnya habis makan camilan, berkumurlah dengan minuman air putih sesudahnya untuk membantu menghilangkan sisa makanan cemilan dari mulut Anda.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin, misalnya 6 bulan sekali.

Komplikasi Sakit gigi

Sakit gigi sebenarnya tidak menimbulkan komplikasi, hanya saja merawat gigi dan gusi adalah bagian penting dari upaya kita untuk tetap sehat. Penumpukan bakteri di mulut  bisa berbahaya, dan salah satu tempat terbanyak mengumpulnya bakteri dimulut adalah pada gigi yang berlubang ~  terutama jika kurang menjaga kebersihan mulut. Bakteri ini bisa berkelana ke dalam aliran darah yang menuju ke jantung, di mana hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut  endokarditis. Menurut Mayoclinic, beberapa penelitian juga mengaitkan bakteri di mulut dengan risiko penyakit jantung.

Baca juga : Cara Alami Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Berdarah

Demikian artikel yang mengungkap apa penyebab rasa yang sangat sakit sekali ketika gigi berlubang. Yang terpenting adalah melakukan hal yang sederhana, menjaga kebersihan mulut dengan baik, menjaga makanan dan minuman, dan rutin cek kesehatan gigi ke dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *