Penyebab Rasa Nyeri bahkan Sakit di Sekitar Lengan dan Kaki

Penyebab rasa sakit dilengan dan kakiKasus rasa nyeri atau sakit di lengan sampai bahu dan kaki bisa terasa parah bahkan hingga penderita tak bisa lagi menggunakan lengan dan atau kaki untuk beraktifitas yang paling ringan sekalipun; hal ini karena rasanya memang sangat sakit sekali. Yang membuat orang semakin bertanya-tanya adalah bahwa penyebab rasa sakit di lengan dan/atau kaki ini tidak jelas apa penyebabnya. Orang tiba tiba merasakan rasa nyeri di lengan, yang terus berkembang hingga terasa menyakitkan sehingga sulit berbuat apa-apa lagi. Banyak diceritakan bahwa sakit lengan yang tidak jelas penyebabnya ini dapat berlangsung selama berbulan bahkan bertahun-tahun. Lalu apakah penyebabnya rasa sakit yang terjadi didaerah lengan atau kaki ini?….

Advertisement

Penyebab umum rasa sakit di lengan dan kaki

Sebenarnya ada banyak penyebab untuk kondisi ini. Menurut National Library of Medicine dan National Institutes of Health, kaki yang sakit bersamaan dengan rasa nyeri di lengan, bisa disebabkan oleh gangguan pembuluh darah perifer, kerusakan pada sistem saraf pusat, dan nyeri myofascial yaitu nyeri yang yang terjadi dalam otot  dan jaringan ikat yang mengelilinginya. Dalam beberapa kasus, rasa sakit lengan dan kaki terjadi secara bersamaan, yang bisa jadi menandakan suatu masalah kesehatan yang serius yang ada dibelakangnya. Berikut beberapa kemungkinan kondisi yang mendasarinya :

Penyakit Pembuluh Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer bisa menyebabkan gejala sakit di lengan dan sakit kaki. Penyakit arteri perifer terjadi dimana  plak yang terbentuk dari gabungan lemak, kolesterol, kalsium, serta  jaringan fibrosa – mengakumulasi di dalam arteri atau  pembuluh darah yang mengedarkan darah ke kepala dan organ. Akumulasi dari plak didalam dinding arteriini disebut disebut aterosklerosis. Aterosklerosis ini yang menyebabkan arteri dan mengeras sehingga tak elastis lagi sehingga  aliran darah yang mengandung oksigen ke jaringan-jaringan tubuh dan organ menjadi terhambat. Penyakit arteri perifer ini seringkali mempengaruhi kaki, tetapi juga bisa mempengaruhi pembuluh darah yang mengirimkan darah ke kepala, lengan, ginjal dan lambung.

Tanda dan gejala umum  yang tekait dengan penyakit pembuluh arteri perifer termasuk rasa sakit dan mati rasa di daerah kaki, kematian jaringan atau gangrene serta menimbulkan rasa sakit pada kaki ketika  naik tangga bahkan saat berjalan biasa.

Syringomyelia pada sumsum tulang belakang

Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit di lengan dan kaki. Menurut National Institute of Neurological Gangguan Anda Stroke atau NINDS – cabang dari National Institutes of Health – Syringomyelia adalah suatu kondisi di mana ada bentuk kista atau  syrinx didalam sumsum tulang belakang seseorang. Seiring waktu, kista ini dapat membesar dan memanjang, yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada sebagian dari sumsum tulang belakang. Pembesaran kista atau syrink ini menekan serat saraf yang mengangkut informasi dari otak atau sistem saraf pusat di lengan dan kaki.

Kerusakan sumsum tulang belakang biasanya menyebabkan kelemahan dan kekakuan punggung, bahu dengan rasa sakit yang parah. Gejala lainnya yang terkait dengan syringomyelia meliputi: rasa sakit kepala, ketidakmampuan untuk merasakan suhu tinggi serta  hilangnya kontrol terhadap kandung kemih dan fungsi tubuh lainnya.

Fibromyalgia

Fibromyalgia juga dapat menyebabkan gejala sakit di lengan dan  kaki. Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases atau NIAMS, yang merupakan cabang National Institutes of Health – fibromyalgia adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan arthritis kronis pada umumnya,  yang ditandai dengan gejala rasa nyeri di seluruh tubuh dan berbagai gejala lainnya . Para ahli di NIAMS menyatakan bahwa fibromyalgia  bisa menyebabkan rasa kelelahan dan cukupmenyakitkan. Secara signifikan kondisi ini bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tanda dan gejala umum yang terkait dengan fibromyalgia termasuk  masalah memori, kurang tidur, kekakuan otot pada pagi hari, sakit kepala, sensitivitas terhadap suhu, nyeri saat haid, serta mati rasa atau kesemutan yang akstrim.

Fibromyalgia juga terkait dengan kondisi medis tertentu, seperti sindrom kaki gelisah dan sindrom iritasi usus besar.

Penyebab rasa sakit , khususnya di daerah sekitar lengan

Tendinitis

Tendinitis merupakan sebuah kondisi, dimana ketika tendon yang menghubungkan antara otot dan tulang mengalami peradangan. Peradangan tendinitis ini umumnya dimulai dari tendon di siku yang lalu menyebar ke lengan bagian bawah. Peradangan ini umumnya disebabkan oleh usaha yang  berlebihan, faktor usia, dan cedera. Pengobatan untuk tendinitisbiasanya operasi dan obat steroid, serta  lengan yang sakit harus diistirahatkan cukup lama yaitu bisa beberapa bulan.

Ketegangan otot dan Carpal Tunnel Syndrom

Ketegangan otot yang bisa terjadi akibat  berolahraga terlalu berat atau mengangkat barang-barang yang terlalu berat dan atau dengan cara yang tidak benar. Hal ini juga bisa menyebabkan rasa nyeri atau sakit di daerah  lengan yang berkepanjangan. Pengobatan untuk ketegangan otot bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti memberi kompres dingin,  beristirahat,serta bisa juga menggunakan obat penghilang rasa sakit.  Untuk kasus yang lbih parah bisa membutuhkan pengobatan yang dilakukan dokter, khususnya apabila sakit lengan akibat ketegangan otot tidak segera membaik.

Melakukan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus yang sama dapat menyebakan kondisi yang disebut dengan Carpal Tunnel Syndrom, yang bisa menyebabkan rasa sakit di sekitar lengan. Misalnya, orang yang sehari-harinya mengetik, atau bekerja dibagian perakitan bisa mengalami ini. Kondsi yang ringan dapat di obati dengan obat penghilang nyeri, namun untuk kasus yang parah bisa dianjurkan operasi.

Gejala Serangan Jantung?

JIka rasa nyeri yang dirasakan berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam, berulang-elang dengan durasi yang pendek, bisa jadi merupakan pertanda serangan jantung. Untuk itu, kenali rasa nyeri dengan baik, catat berapa lama kemudian konsultasikan dengan ahli penyaki dalam untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Demikian kemungkinan penyebab secara umum dari rasa sakit didaerah kaki dan lengan. Mungkin saja kasus nyeri yang anda alami bukan disebabkan oleh salah satu penyebab diatas, secara spesisfik Anda mungkin perlu untuk berkonsultasi dengan  ahli kesehatan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *