Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinyaRambut rontok sudah bukan lagi masalah yang biasa menimpa orang tua, yang sebelumnya selalu dihubungkan dengan tanda penuaan. Masalah rambut rontok tidak selalu berhubungan dengan usia, ada banyak faktor yang dapat menyebabkannya.

Advertisement

Namun jangan khawatir, disini ada beberapa solusi untuk mengatasi kerontokan rambut. Beberapa teknik berikut ini cukup sederhana, dan Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Tetapi jika Anda menderita kerontokan rambut secara intensif, solusi terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter sebelum kerusakan menjadi permanen.

Sebelum kita membahas solusi untuk mengatasinya,  mungkin perlu juga untuk diketahui hal-hal yang mungkin menjadi penyebab rontoknya rambut Anda:

  • kurangnya nutrisi yang tepat
  • penuaan
  • perubahan hormonal
  • stres
  • rambut pecah-pecah
  • keturunan
  • sakit lama
  • obat-obatan seperti steroid
  • dan mungkin masih ada faktor lainnya

Semua hal diatas sepertinya sudah umum terdengar, namun itu bisa menjadi faktor terbesar. Karena saking umumnya kita kadang kurang menyadari, sehingga tidak segera untuk menghindarinya.
Untuk mengendalikan rambut rontok, Anda perlu mencoba praktek dasar secara rutin untuk hasil yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa membantu.

  • Berlakulah lembut dengan rambut yang basah. Hindari menggaruk rambut yang kering, dan menyisir rambut yang masih basah. Rambut  lebih rentan mengalami kerusakan ketika basah.
  • Pijat daerah kulit kepala Anda sesering mungkin. Hal ini untuk merangsang aliran darah dikepala Anda, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan dan kesehan rambut yang lebih baik .
  • Jangan terlalu sering mengikat rambut Anda sampai ketat. . Membuat banyak tekanan pada rambut akang menambah kerusakan dan rambut rontok .
  • Styling rambut memang sangat penting ketika Anda keluar rumah. Namun sebisa mungkin kurangilah perlakuan memanaskan rambut. Panas cenderung akan membuat rambut kering, yang dapat menyebabkan rambut semakin rapuh. Akhirnyarambut akan rontok.
  • Jangan mencuci rambut dengan air panas, sebaiknya selalu gunakan air dingin atau pada suhu kamar. Rambut kering ketika Anda  keluar dari kamar mandi adalah indikasi jika air terlalu panas untuk rambut Anda.
Lihat juga :  Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan

Semua yang telah dikatakan diatas adalah tindakan pencegahan yang sederhana,  tidak serta merta akan langsung menyelesaikan masalah. Asumsinya, perlakuan yang benar kepada rambut, maka akan membuat rambut menjadi sehat juga. Berikut ini juga perlu diperhatikan, agar rambut senantiasa sehat dan terhindar dari masalah:

  • Rambut terdiri dari protein dan hidup dari akar, sehingga memerlukan nutrisi untuk tetap sehat dan bisa tumbuh. Untuk itu pastikan jika asupan nutrisi dari diet Anda dalam jumlah yang cukup. Terutama nomor satu tentu saja asupan protein. Protein adalah nutrisi yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rambut. Yang kedua adalah vitamin. Vitamin yang penting untuk kesehatan rambut adalah vitamin A , B kompleks, C , dan E. Vitamin terutama B kompleks, yang dikenal penting untuk pertumbuhan rambut dan menjaga rambut agar tidak rontok. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah rambut beruban lebih dini. Yang terakhir adalah mineral, yaitu zat besi. Kekurangan zat besi bisa menjadi sumber masalah kerontokan rambut yang parah. Itulah kenapa wanita yang menderita anemia seringkali mengalami rambut rontok lebih banyak.
  • Olahraga akan meningkatkan aliran darah didalam tubuh, dan ini akan membantu stimulasi dikulit kepala.
  • Jika Anda memiliki rambut kering, rubahlah kebiasaan Anda mengkonsumsi kafein. kafein lebih banyak menguras nutrisi dari dalam tubuh. Termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut juga tidak luput. Jadi mengurangi kopi akan membantu untuk menjaga rambut Anda tetap sehat.
  • Minum banyak air dan tetap terhidrasi .
  • Jaga kulit kepala agar tetap bersih dan jauh dari bahan kimia.
  • Potonglah rambut secara teratur untuk menghindari masalah rambut pecah dan kusut.
  • Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan makan junk dan semua kebiasaan yang tidak sehat bisa menyebabkan rambut rontok karena kadar racun yang tinggi dalam tubuh.

Cara alami mengatasi rambut rontok

Kini teknologi terbaru telah banyak menghasilkan produk untuk menghetikan masalah rambut rontok, namun menggunakan cara alami bisa jadi lebih efektif hasilnya. Berikut ini beberapa cara alami mengobati rambut rontok, yang bisa Anda lakukan dirumah:

Lihat juga :  Cara Alami Merawat Rambut agar Sehat dan Kuat

1 . Santan Kelapa :

Santan adalah salah satu sumber bergizi dari tanaman. Pijat kulit kepala Anda dengan menggunakqan santan, untuk menyelesaikan masalah rambut rontok.

2. Menggunakan Aloe vera :

Aloe Vera atau lidah buaya dikenal sangat efektif untuk menghentikan rambut rontok. Gel murni lidah buaya dapat dioleskan secara langsung ke kulit kepala, yang bisa memberikan manfaat untuk mencegah rambut rontok, kering, infeksi kulit kepala, dan menghentikan ketombe. Lidah buaya bisa menyeimbangkan tingkat pH dikulit kepala.

Setelah Anda memijat kepala dengan gel lidah buaya, tunggu beberapa jam, kemudian cuci rambut dengan air hangat. Anda harus melakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

3 . Pijat kulit kepala dengan Minyak kelapa:

Rajin memijat kulit kepala beberapa menit setiap hari dengan minyak hangat akan menstimulasi aliran darah di kulit kepala. Minyak kelapa juga akan membantu mengendalikan hujan ketombe. Minyak lainnya yang direkomendasikan adalah : Minyak jojoba, minyak almond, dan minyak lavender. Minyak jojoba sangat baik, karena bisa menggantikan sebum di kulit kepala. Hal ini juga akan membantu untuk mengendalikan ketombe.

Perhatian :

  • Pengobatan rambut rontok yang Anda lakukan juga perlu disertai dengan tindakan pencegahan seperti dijelaskan diatas.
  • Pastikan jika Anda tidak alergi terhadap salah satu bahan yang telah disebutkan diatas. Meskipun bahan alami lebih kecil efek sampingnya daripada bahan kimia, namun beberapa orang bisa saja alergi terhadap beberapa bahan tertentu.
  • Ikuti petunjuk tepat, dan penggunaan juga bisa bervariasi untuk setiap orang. Mungkin saja ini tidak dapat membantu terhadap kondisi yang Anda alami, bahkan bisa jadi kerusakan masih terus berlanjut.
  • Anda mungkin juga perlu untuk melengkapinya dengan beberapa produk yang dapat Anda gunakan sehari-hari atau dua kali selama seminggu. Misalnya shampoo untuk rambut rontok yang baik, mungkin akan benar-benar berguna.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *