Penyebab dan pengobatan pergelangan kaki atau engkel bengkak?

edema kaki bengkak selama kehamilanPembengkakan pada kaki atau yang disebut edema oleh kalangan medis, adalah kondisi umum yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Edema bisa menimpa siapa saja, laki-laki dan perempuan, atau orang dewasa dengan segala usia. Pembengkakan kaki ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, sehingga sangat penting untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter umum dan spesialis yang tepat untuk meringankan atau mengobati kondisi ini. Setelah penyebab edema diidentifikasi, maka dokter akan mengobatinya secara tepat untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Advertisement

Berikut tentang pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki(engkel), gejala, dan pengobatan

Penyebab

Edema adalah pembengkakan pada kedua kaki karena penumpukan cairan ekstra, dan memiliki banyak kemungkinan penyebab yaitu :

  • Terlalu lama berdiri atau duduk, khususnya pada saat cuaca panas bisa menyebabkan kelebihan cairan dan menumpuk pada kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah. Biasanya orang melakukan perjalanan jauh dan duduk selama berjam-jam dikendaraan mengalami pembengkakan pada kaki, dan akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu.
  • Melemahnya Katup kecil didalam pembuluh darah yang dari kaki bisa menyebabkan masalah ini – yang umum disebut dengan insufisiensi vena. Masalah ini akan mempersulit pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung, sehingga menyebabkan penumpukan cairan.
  • Penyakit paru-paru berat yang kronis, termasuk emfisema dan bronkitis kronis, akan meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah dari jantung ke paru-paru. Tekanan yang lebih tinggi dari jantung bisa menyebabkan pembengkakan di kaki dan engkel.
  • Gagal jantung kongestif, yaitu suatu kondisi di mana jantung tidak lagi bisa memompa darah secara efisien juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru dan pada bagian tubuh lainnya. Pembengkakan karena masalah ini seringkali juga terlihat pada kaki dan pergelangan kaki.
  • Kehamilan juga menyebabkan edema pada kaki karena rahim yang membesar akan menekan pembuluh vena cava. Retensi cairan selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius yang disebut dengan istilah medis sebagai preeklamsia.
  • Protein yang rendah dalam darah yang disebabkan oleh kurangnya tubuh akan zat gizi, penyakit ginjal dan hati juga bisa menyebabkan edema. Protein juga berguna untuk membantu menahan garam dan air yang berada didalam pembuluh darah, sehingga cairan tidak bocor keluar ke jaringan tubuh. Jika tingkat protein dalam darah yang disebut albumin terlalu rendah, maka cairan akan mengendap dan menyebabkan pembengkakan yang terutama pada kaki, pergelangan kaki dan kaki bagian bawah.
Lihat juga :  Makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes

Gejala

Gejala akan tampak berbeda-beda sesuai dengan jenis edema dan lokasinya. Secara umum, kulit yang berada di atas area yang bengkak akan meregang dan terlihat mengkilap. Anda harus periksa kedokter untuk menentukan penyebab sebenarnya dari pembengkakan kaki Anda. Jika bengkak terjadi pada kedua kaki, dokter akan menanyakan gejala lain serta memeriksa Anda. Tes urine yang mungkin dilakukan untuk menunjukkan kemungkinan adanya kehilangan protein dari ginjal. Tes darah, rontgen dan elektrokardiogram (EKG) juga bisa dilakukan. Tes USG Arteri atau vena dapat dilakukan untuk mencari kemungkinan adanya penyumbatan pembuluh darah pada kaki atau katup dalam pembuluh darah kaki.

Pengobatan

Pengobatan edema fokus pada pemeriksaan penyebab akumulasi cairan, dan diet rendah garam biasanya akan membantu. Anda juga harus menghindari minum cairan terlalu banyak, dan jika ika Anda tidak mengalami sesak napas, angkat kaki Anda dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk menjaga pembengkakan kaki. Dokter mungkin juga menyarankan agar Anda minum pil diuretik dosis rendah.

Jika pembengkakan pergelangan kaki dan kaki bengkak disebabkan oleh kehamilan, angkatlah kaki Anda serta menghindari berbaring telentang untuk membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.

Jika edema kaki disebabkan oleh insufisiensi vena, angkat kaki Anda secara berkala dan memakai dukungan atau stoking kompresi. Namun untuk mengobati secara permanen diperlukan prosedur medis sederhana yang disebut ablasi endovenous, diperlukan untuk meningkatkan aliran darah yang melalui pembuluh darah di kaki.

Apapun penyebab edema, area bengkak tubuh harus terlindungi dari tekanan, cedera, dan suhu yang tinggi. Kulit yang berada di atas lokasi kaki bengkak akan terus melemah seiring berjalannya waktu. Luka, goresan dan luka bakar yang terjadi pada daerah yang  edema akan memakan waktu lebih lama untuk disembuhkan dan lebih mungkin untuk terinfeksi.

Lihat juga :  Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Pengobatan edema kaki tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Bagi kebanyakan orang, prognosis sangat baik selama Anda merawatnya dan memeriksakan ke dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *