Penyebab darah tinggi pada anak usia remaja

Tips Cara menurunkan berat badan tanpa dietDalam artikel ini akan kita bahas beberapa wawasan tentang alasan di balik tekanan darah tinggi pada remaja, yang akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh yang sangat penting selama periode konstruktif dalam kehidupan ini. Tuntutan kehidupan yang serba cepat dan meningkatnya persaingan telah banyak berpengaruh terhadap kesehatan banyak orang. Bahkan anak-anak pun bisa mengalami dampak dari kehidupan yang serba cepat ini. Hal ini bisa menyebabkan stres, kecemasan dan frustrasi pada siapapun yang tidak mampu untuk mengimbangi arus kehidupan ini. Puncaknya adalah bisa menyebabkan kondisi seperti tekanan darah tinggi. Di sini kita akan melihat apa yang bisa menyebabkan kondisi hipertensi ini pada anak usia remaja.

Advertisement

Apa Penyebab Tekanan Darah Tinggi pada Remaja ?

Pada umumnya diyakini bahwa stres akademik adalah penyebab utama dari darah tinggi yang diderita oleh remaja. Namun ada beberapa penyebab lainnya, yaitu :

Pola tidur yang buruk :

Sering tidur larut malam sepertinya bisa menghasilkan efek buruk bagi kesehatan remaja secara keseluruhan. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kurang tidur atau pola tidur yang buruk adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Beberapa remaja yang beraktifitas dimalam hari/shift malam juga beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Menurut pakar kesehatan, remaja seharusnya tidur setidaknya selama delapan jam setiap hari untuk menjaga tingkat tekanan darah .

Obesitas :

Tingkat obesitas yang terjadi pada remaja saat ini meningkat pada peringkat yang mengkhawatirkan. Remaja saat ini banyak yang terjebak oleh budaya konsumerisme dan gaya hidup materialistik yang menetap. Orang yang bertubuh gemuk lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Jangankan mau bermain di lapangan olahraga, remaja masa kini lebih suka bermain video game dan mengurung dikamar. Sebagian besar ahli kesehatan setuju bahwa remaja sangat membutuhkan jumlah olahraga sedang dan harus menjalani gaya hidup yang aktif secara fisik untuk menjaga tekanan darah tinggi dan stres. Baca juga : Tips menurunkan berat badan untuk anak-anak

Lihat juga :  Pentingnya Vitamin A terhadap pertumbuhan Anak

Diet yang tidak Sehat:

Diet yang tak sehat tidak hanya menambah berat badan dengan cepat,  tetapi juga bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi pada remaja. Remaja pada umumnya lebih suka untuk makan-makanan pada junkfood atau makanan cepat saji yang tinggi garam, gula, dan lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol adalah merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi, dan bagi remaja harus mengikuti diet yang sehat dan seimbang.

Stres dan emosional :

Terlepas dari stres akademik, remaja juga semakin dipengaruhi oleh berbagai masalah sosial dan keluarga. Anak-anak lebih sensitif dan rentan secara emosional pada usia ini. Ketidakmampuan untuk mengatasi perubahan situasi dalam kehidupan bisa menyebabkan tekanan mental dan emosional. Dan stres yang lebih lanjut akan memberikan kontribusi kepada tekanan darah tinggi. Banyak ahli menyarankan untuk remaja agar melakukan olahraga santai, seperti meditasi, menjalankan hobi positif untuk menjaga emosional.

Keturunan :

Genetika adalah salah satu faktor penyebab hipertensi pada remaja. Remaja yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi pada keluarganya lebih rentan mengalami kondisi ini. Disarankan untuk berkunjung kedokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. Remaja yang berada dalam faktor resiko ini juga disarankan untuk memeriksakan tekanan darah secara berkala .

Jangan terlalu khawatir, karena tekanan darah tinggi dapat dicegah. Seseorang bisa dengan menjaga berat badan yang tepat, mengikuti diet sehat, dan berolahraga secara teratur, yang mungkin bisa mengurangi dan mengontrol tekanan darah tinggi. Selain itu, remaja juga harus menghindari minum beralk*hol dan mer*kok. Mengikuti gaya hidup yang sehat sangat penting untuk memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat, yang sangat menentukan kualitas hidup seseorang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *