Penyebab dan Cara Mengobati Mata Timbilan

pengobatan mata timbilanMata tembel atau timbilan adalah suatu kondisi yang cukup menjengkelkan. Selain menyebabkan rasa ketidaknyamanan seperti mata gatal, rasa panas, berair, dan berat saat berkedip, juga bisa membuat orang berkurang rasa pecaya dirinya. Hmm.. apalagi yang kerjanya harus bertemu banyak orang, misalnya seperti seorang public relation. Mata timbilen atau Eye Pimpel, atau juga disebut Eye stye berbentuk benjolan ditepi mata yang mirip dengan jerawat namun lebih besar dan berwarna merah, yang biasanya muncul secara tiba-tiba setelah kita bangun tidur dan benar-benar akan membuat tak nyaman siapapun. Dengan demikian sangatlah penting untuk mendapatkan pengobatan dengan segera dan tepat. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, timbilan bisa menyebabkan gangguan penglihatan, karena daerah mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif.

Advertisement

Gejala mata timbilan umum dan cara pengobatan yang tepat

Tembel pada mata Anda adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang sering mempengaruhi tepi kelopak mata atau mata. Benjolan pada mata yang berwarna merah ini berisi air dan nanah, serta membuat bengkak pada area sekitar kelopak mata memang menjengkelkan. Infeksi ini bisa menular dan bisa terjadi pada siapa saja kapan saja dan tanpa penyebab yang signifikan. Baca juga : Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Gejala :

  • Adanya pembengkakan pada daerah sekitar kelopak mata
  • Rasa sakit
  • Rasa tak nyaman ketika mengedipkan mata
  • Rasa panas dan bengkak pada mata
  • Adanya benjolan seperti jerawat pada kelopak mata, paling sering dibagian tepi kelopak mata
  • Rasa gatal
  • Mata berair
  • Mata tidak bisa membuka atau menutup dengan benar

Gejala-gejala timbilan diatas adalah secara umum, dan mungkin bisa berbeda untuk tiap orang. Beberapa orang mungkin saja mengalami gejala yang lebih banyak dari yang telah disebutkan. Karena lebih pentingya kesehatan mata, maka alangkah baiknya Anda segera menghubungi dokter saat gejala baru muncul.

Lihat juga :  Takanan Darah yang normal pada Wanita

Pencegahan

Timbilan mungkin terjadi karena kurang atau tidak tepatnya Anda dalam menjaga kebersihan. Karena timbilan ini disebabkan oleh kuman yang mudah menular, maka pastikan Anda untuk tidak kontak langsung dengan orang yang timbilan. Hindari penggunaa alat-alat pribadi seperti handuk secara bersama dengan penderita. Timbil juga bisa dipicu karena Anda menggosok mata ketika belum cuci tangan sehabis beraktifitas. Tidur yang tidak tepat dan kurangnya asupan nutrisi dan kurangnya perawatan kebersihan juga bisa menyebabkan timbilan..

Pengobatan medis dan pengobatan rumah

Tembel pada mata biasanya bisa sembuh sendiri setelah 7 hingga10 hari, tetapi menghubungi dokter segera adalah ide yang baik. Kadang-kadang infeksi bisa meningkatkan tembel menjadi lebih parah dan menyakitkan. Menjaga kebersihan adalah sangat penting, selalu cuci tangan dan hindari menyentuh apalagi menggosok mata yang terkena timbil.

Pengobatan Medis: Pengobatan yang diberikan dokter umumnya adalah antibiotik, obat tetes mata, dan salep antibakteri. Dengan pengobatan diokter tyersebut, biasanya timbilan akan sembuh dalam waktu 3 atau 4 hari .

Pengobatan Rumah : Anda hanya cukup untuk menjaga kebersihan mata Anda. Celupkan kapas bersih kedalam hangat untuk membersihkan bagian kelopak mata yang terinfeksi. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada daerah yang terkena timbil, serta untuk menjaga kebersihan mata supaya infeksi yang ada tetap terkendali. Lakukan ini dengan kapas yang baru beberapa kali sehari, bahkan jika nanah sudah mulai keluar. Kompres air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi pembengkakan, serta membuat nanah supaya lebih cepat dan mudah keluar.

Jangan sekali-kali memencet tembel apapun alasannya. Memencet tembel bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih parah. Jika tembel masih bertahan ketika Anda sudah melakukan perawatan dengan benar, maka segeralah di konsultasikan dengan dokter Anda!.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *