Penyebab Berkeringat di Malam Hari

Berkeringat adalah sehat, namun dalam kondisi tertentu, berkeringat bisa menimbulkan kekhawatiran. Salah satu masalah keringat yang sering dikeluhkan adalah berkeringat secara berlebihan dimalam hari, yang tentu saja bisa sangat mengganggu tidur. Beberapa individu yang normal, berkeringat pada malam hari umum jika cuaca terlalu panas atau karena mengenakan pakaian malam yang tidak tepat. Jika Anda berkeringat berlebih dimalam hari hingga pakaian tidur Anda basah, walaupun kondisi cuaca tidak terlalu panas atau terlalu membakar, mungkin Anda perlu untuk berkunjung langsung ke dokter untuk memeriksakan gejala. Beberapa orang mungkin tidak menyadari berkeringat saat tidur sampai saat terbangun dan menemukan sprei mereka yang basah keesokan harinya. Tetapi kondisi yang parah bisa mempengaruhi dan bahkan mengganggu pola waktu tidur. Alasan kekhawatiran yang lain adalah ketika rasa panas sudah dirasa berlebihan, dan membuat wajah penderita berubah memerah. Individu yang bermasalah dengan berkeringat banyak di malam hari pada umumnya fit sepenuhnya dan tidak mengalami gejala yang luar biasa pada siang harinya. Namun ketika malam hari, tubuh mereka mulai berkeringat deras sampai membasahi seprai dan bantal. Cara terbaik untuk mengatasi hal itu adalah dengan memahami penyebab dari kondisi ini yang sebenarnya :

Advertisement

Penyebab keringat berlebih di malam hari

Berhenti haid

Masalah berkeringat malam ini umumnya dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang dalam keadaan pra menopause atau disebut juga perimenopause (keadaan sebelum mencapai masa menopause). Pada umumnya hal ini ditunjukkan dengan rasa panas pada malam hari dengan disertai memerah pada wajah. Wanita yang sedang dalam masa kehamilan juga mengalami berkeringat di malam hari, yang disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh. Baca juga : Tips Cara Mengatasi sulit tidur malam selama kehamilan

Lihat juga :  Penyebab Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

Genetika

Berkeringat dimalam hari juga bisa karena didasari faktor genetika. Jika dokter Anda mengatakan bahwa masalah Anda tersebut adalah karena genetik, maka umumnya tidak ada perlu yang dikhawatirkan.

Infeksi

Diketahui bahwa tuberkulosis merupakan salah contoh penyebab umum dari berkeringat di malam hari. HIV juga terkait dengan masalah ini, karena merupakan sindrom yang disebabkan oleh bermacam gangguan. Infeksi bakteri seperti endocarditis (peradangan hati) dan osteomylitis (radang tulang) juga bisa memicu kondisi ini. Infeksi seperti bisul dan abses lainnya juga bisa saja menyebabkan berkeringat berlebihan.

Kanker

Salah satu tanda yang sangat penting untuk diperhatikan selama berkeringat di malam hari, mungkin adalah penurunan berat badan. Selama waktu ini adalah penting untuk memperoleh test kesehatan, karena bisa menjadi gejala kanker stadium awal. Jenis kanker terutama yang mungkin terjadi adalah limfoma (kanker kelenjar getah bening). Kadar gula darah rendah (hipoglikemia) dan asupan insulin juga menyebabkan berkeringat di malam hari. Penyebab yang sangat jarang adalah gangguan neurologis yang menyebabkan kondisi seperti stroke atau disreflexia.

Usia

Berdasarkan statistik, diketahui bahwa berkeringat malam hari terjadi pada orang dewasa 40 keatas, yang disebabkan karena berbagai perubahan genetik dan hormonal dalam tubuh mereka.

Obat-obatan

Jika tidak ada gejala lain yang dikertahui pada individu, satu-satunya alasan lain berkeringat malam hari bisa karena obat. Semua obat anti depresi atau depresan bisa menyebabkan keringat berlebihan pada malam hari, yang bisa mempengaruhi sekitar 8-22% orang. Kadang-kadang obat aspirin (untuk menurunkan suhu tubuh atau demam) juga memiliki efek samping ini. Obat-obatan lain yang bisa menyebabkan kondisi ini meliputi: niacin, nitroglicin hidralazin, Sildinafil (Vi*gra), dll

Tips Untuk  mengatasi gangguan berkeringat dimalam hari yang non medis

  • Hindari makan-makanan pedas, minuman beralk*hol, dan kopi atau teh, karena merangsang hot flashes dan meningkatkan tekanan darah.
  • Hindari olahraga yang mendekati waktu tidur, karena hal ini akan meningkatkan metabolisme, dan dengan demikian menyebabkan berkeringat.
  • Kenakan pakaian ringan yang terbuat dari kapas
  • Mandi air dingin sebelum tidur
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *