Penyebab Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

Penyebab Asam Urat Tinggi dan PengobatannyaAsam urat adalah senyawa kimia yang dibuat oleh tubuh ketika sel-sel tubuh rusak, dan dari senyawa makanan organik yang kita makan yang disebut dengan purin. Sejumlah besar asam urat larut dalam darah, kemudian disaring melalui ginjal, dan berakhir ketika dibuang oleh tubuh melalui urin. Pada kondisi tertentu tubuh dapat memproduksi terlalu banyak asam urat, atau tidak cukup mampu untuk menyaringnya.

Advertisement

Hiperuresemia adalah kondisi ketika tubuh Anda terlalu tinggi menyimpan asam urat, atau Anda dikatakan memiliki asam urat tinggi. Gout merupakan salah satu bentuk dari sakit radang sendi,  yang menyebabkan gejala pembengkakan pada sendi terutama pada jempol kaki yang menyakitkan. Asam urat  yang tinggi dalam darah bisa membentuk kristal tajam di daerah-daerah tubuh tertentu, termasuk sendi, kulit di dekat sendi, telinga luar dan ginjal – yang menyebabkan peradangan, menimbulkan rasa nyeri dan gejala lainnya. Selain itu, asam urat tinggi juga bisa membentuk batu ginjal.

Kadar asam urat normal adalah berada antara 3 – 6 mg/dl, dan ketika lebih tinggi dari 6 mg/dl berisiko terhadap gout ahtritis dan batu ginjal.

Penyebab umum asam urat tinggi

Kanker dan efek dari pengobatan kanker

Meningkatnya kematian sel dapat menyebabkan asam urat tinggi, hal ini bisa terjadi karena pengobatan kanker seperti kemoterapi. Kemoterapi menyebabkan lebih banyak sel mati yang dipecah menjadi purin, yang mengakibatkan produksi asam urat berlebih.

Penggunaan Pil air

Ketika asam urat tidak dapat dikeluarkan dengan baik dan efisien, maka secara otomatis asam urat akan tertahan dalam tubuh. Obat-obatan diuretik(pil air) bisa menye babkan asam urat meningkat, karena ini akan mengeluarkan dari tubuh yang diperlukan untuk membuangnya melalui urin.

Lihat juga :  Tips Cara alami Mengatasi Masalah Kebotakan pada Pria

Masalah pada ginjal

Ginjal bertugas sebagai filter darah untuk memisahkan kotoran termasuk kelebihan asam urat untuk dikeluarkan melalui urin. Dan ketika terjadi isufisiensi (ketidakmampuan ginjal menyaring limbah), maka kadar asam urat tidak bisa dibuang secara efisien melalui urin.

Diet yang tinggi purin

Diet yang banyak makanan termasuk kacang, jerohan, ikan teri, ikan sarden, kacang polong, jamur, ikan kembung bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat, karena mereka adalah golongan makanan yang tinggi purin.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau tiroid kurang aktif adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda tidak mampu menghasilkan hormon penting tertentu secara mencukupi. Orang yang lebih mungkin mengalami kondisi ini adalah wanita usia 60 tahun keatas. Hipotiroidisme tidak diobati dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk obesitas, asam urat, dan penyakit jantung.

Riwayat genetik

Kelainan sejak lahir tubuh dalam metabolisme asam urat bisa menyebabkan gout athritis terjadi di usia muda. Hal ini terkadang dikaitkan dengan faktor keturunan atau genetik.

Penyebab lain

Konsumsi alk*hol berlebihan, kegemukan, diabetes, adalah hal yang dapat menyebabkan asam urat tinggi karena dapat menyebabkan tubuh lambat dalam mengeluarkan asam urat dan meningkatkan produksi purin.

Pengobatan

Gout athritis asam urat tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikelola atau dikendalikan dengan baik. Kondisi ini tidak akan membaik apabila kadar asam urat dalam darah masih tinggi (hiperuresemia), namin bisa membaik apabila kadar asam urat bisa diturunkan dan dikendalikan. Selain radang sendi, akibat lain dari hiperuresemia termasuk kelelahan hingga pembentukan batu ginjal. Berikut cara untuk mengatasi asam urat tinggi:

Merubah pola makan

Perubahan pola makan dapat membantu dalam menyembuhkan kadar asam urat yang tinggi. Namun apabila gejala yang ditimbulkannya sudah dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan uji kadar asam urat dan mencari pengobatan terbaik penyebab hiperurisemia tersebut.

Lihat juga :  Inilah penyebab umum Kesemutan di lengan, tangan atau kaki

Hindari alk*hol dan kafein

Asam urat yang tinggi bisa karena konsumsi kafein dan alk*hol yang berlebihan, karena hal ini bisa meningkatkan produksi purin. Minum banyak air putih bisa menyiram asam urat dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Kurangi asupan makanan tinggi purin

Purin adalah zat  yang juga diitemukan dalam sebagian besar makanan organik, yang dalam tubuh akan memecah membentuk asam urat. Makanan yang perlu dihindari karena mengandung konsentrasi purin yang  tinggi termasuk  jeroan, ikan sarden, kembung, ikan asin, daging, brokoli, bayam, kacang polong, kedelai, dan asparagus.

Kurangi makanan tinggi garam

Garam mengandung natrium, dan jika berlebihan konsumsi natrium berisiko termasuk asam urat tinggi dan batu oksalat, yang mengarah ke pembentukan batu ginjal. Konsumsi makanan sehat yang rendah sodium termasuk makanan segar untuk mencegah akumulasi purin.

Minum obat yang diresepkan dokter

Jika Anda di haruskan minum obat oleh dokter untuk menurunkan asam urat, maka ikuti resepnya dengan benar.

Kurangi suplemen

Suplemen yang mengandung vitamin C atau vitamin D dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu sebaiknya nmengonsumsi suplemen vitamin atas saran dan petunjuk dokter.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *