Pentingnya asam lemak omega 3 untuk wanita

manfaat minyak ikan bagi kesehatnOrang mungkin lebih mengenal omega 3 baik untuk perkembangan janin dalam kandungan, serta untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan supaya memiliki daya ingat yang kuat. Namun pentingnya asam lemak ini buka hanya itu saja, terutama wanita dewasa juga membutuhkan omega 3 untuk beberapa alasan kesehatan.

Advertisement

Pada umumnya wanita ingin tampil cantik, sehingga kebanyakan mendambakan tubuh yang langsing tanpa tonjolan lemak. Dengan demikian, mereka akan sangat berhati-hati mengkonsumsi jenis makanan berlemak, dengan alasan takut gemuk.

Membatasi asupan lemak memang disarankan, yaitu untuk jenis lemak jenuh(dalam daging, susu, margarin), serta lemak trans (dalam makanan gorengan), yang dikenal buruk bagi kesehatan, karena bisa menyebabkan kegemukan, penyumbatan arteri yang meningkatkan resiko PJK atau penyakit jantung koroner.

Tapi tidak semua jenis lemak dalam makanan sama. Ada satu jenis lemak yang baik, yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu asam lemak omega 3. Yaitu jenis lemak tak jenuh ganda, yang merupakan kunci untuk kesehatan yang optimal. Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksinya sendiri, maka sangat penting bagi kita untuk mendapatkan asupan omega 3 dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi.

Ada bermacam bentuk asam lemak omega-3, yaitu alpha-linolenic acid (ALA), Docosahexaenoic Acid (DHA), dan Eicosapentaenoic Acid (EPA). Dua jenis yang terakhir adalah yang paling diperlukan tubuh, yang ditemukan dalam beberapa jenis ikan.

ALA, bentuk paling dasar dari omega 3 ditemukan dalam tanaman, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, yang sebagian bisa dirubah menjadi DHA dan EPA dalam tubuh. Juga DHA dan EPA yang memiliki manfaat lebih baik dari ALA, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otak.

Selain bermanfaat bagi kesehatan secara umum, omega 3 juga sangat menguntungkan bagi para wanita khususnya, yaitu sbb:

Meringankan nyeri menstruasi

Banyak wanita yang menderita ketidaknyamanan perut dan kram setiap bulannya, yaitu kondisi yang dikenal dalam istilah medis dengan istilah dismenore. Hal ini disebabkan karena kontraksi rahim yang kuat, yang dipicu oleh prostaglandin (kimia dalam tubuh yang berkontribusi terhadap rasa sakit dan peradangan). Studi telah menemukan bahwa omega 3 memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa membantu untuk menenangkan nyeri haid.

Lihat juga :  Tanda dan gejala Estrogen Rendah pada Wanita

Omega 3 juga terbukti bisa membantu mengontrol fluktuasi hormonal dan menstabilkan suasana hati. Hal inilah yang menyebabkan wanita yang dalam masa menstruasi mengalami penurunan mood dan lebih emosional.

Mencegah kanker usus besar

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition , wanita yang makan ikan tiga kali dalam seminggu, 33 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan polip, atau pertumbuhan jaringan didalam usus besar. Polip usus besar bisa berubah menjadi ganas, dan semakin meningkat seiring dengan usia, dan memiliki kecenderungan menyebabkan kanker usus besar.

Mencegah osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi yang dimaksudkan untuk hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu. Wanita secara alami berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis jika dibandingkan dengan pria. Sementara itu untuk wanita yang dengan kecenderungan genetik, maka risikonya menjadi lebih tinggi. Kadang-kadang, penurunan hormon estrogen selama menopause menyebabkan kondisi tersebut.

Beberapa studi menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan kadar kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang. Namun, bukti ini masih kurang meyakinkan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan asupan yang cukup asam lemak esensial (terutama EPA dan asam gamma linolenat, asam lemak omega 6), lebih cenderung memiliki tulang yang rapuh jika dibandingkan dengan orang dengan tingkat asupan omega 3 yang normal.

Menurunkan risiko kanker pay*dara.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Amerika, yang melibatkan 35000 wanita pasca menopause yang tidak memiliki riwayat kanker pay*dara, makanan yang kaya omega 3 secara signifikan bisa mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker jenis ini. Wanita yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan berisiko lebih kecil 32% terkena kanker pay*dara.

Namun temuan ini adalah temuan awal, dan penelitian tambahan masih diperlukan untuk mengetahui efek omega 3 terhadap pencegahan kanker pay*dara.

Lihat juga :  Tanda, Gejala, dan Pengobatan Kengser atau turun bero

Meningkatkan suasana hati

Omega 3 juga bisa mencegah depresi. Dalam sebuah penelitian suplemen omega 3 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry, ditemukan bahwa suplemen omega 3 efektif terhadap depresi berat (tapi tidak dengan  gangguan kecemasan ).

Dalam studi ini, kadar EPA yang tinggi dalam suplemen omega 3 yang digunakan untuk menyetabilkan suasana hati dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Pavia di Italia tentang keterkaitan omega 3 dan depresi pada wanita lansia, diketahui ada manfaat yang sama. Namun para peneliti berpendapat bahwa penelitian tambahan yang membandingkan omega 3 dengan obat antidepresan konvensional, lebih jelas bisa dirasakan kegunaannya untuk pasien yang menderita depresi.

Masukkan omega 3 kedalam diet Anda!

Berbicara tentang omega 3, anda mungkin langsung memikirkan ikan salmon. Anda tidak harus makan jenis ikan yang sama sebanyak tiga kali dalam seminggu. Makanan berikut ini juga merupakan sumber omega 3 yang baik :
Ikan dan seafood lainnya, salmon liar, makerel, hering, sarden, tuna, kerang
Kacang Kenari, kacang Brasil dan kacang kedelai
Tanaman Algae, biji rami atau flaxseed oil, kembang kol, dan collard green.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *