Panduan Detox Alami – Cara Reset Kesehatan Anda!

Tubuh kita tuh kalau boleh diibaratkan, tak beda jauh dengan komputer. Lho Kok bisa?… Ya, komputer yang dipakai lambat laun akan lambat digunakan akibat virus atau registry error. Dan setelah sistem operasi komputer di reset/restore, maka komputer bisa menjadi lebih nyaman digunakan seperti saat baru beli. Begitu juga mungkin dengan tubuh kita, yang setiap hari harus bekerja termasuk memfilter paparan racun dari makanan dan polusi. Racun dari insektisida, bakteri, karbon dioksida, dsb. Hmmm, sangat berat kerja tubuh kita, sehingga tak semua bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Jadi apakah tubuh kita bisa direset seperti halnya komputer?… Komputer saja bisa, apalagi tubuh kita – asal sungguh-sungguh, disiplin, dan tahu caranya. Setelah detox, diharapkan kita akan kembali menjadi fit, bertenaga, segar, dan tak mudah sakit. Apakah detoks itu?

Advertisement

Detoksifikasi atau detoks, adalah proses untuk menghilangkan zat-zat beracun yang bersarang dari dalam tubuh. Banyak diet detox yang diklaim bisa mengeluarkan racun secara penuh dalam beberapa hari sudah lama diumumkan, dan juga ada beberapa metode yang diterapkan. Meskipun belum terbukti secara ilmiah jika detoks bisa menghilangkan racun dari tubuh manusia, namun sudah banyak orang yang mengklaim jika dirinya merasa lebih fokus dan energik setelah diet detoks. Dalam metode detoks secara umum, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi atau menghindari jenis makanan tertentu. Inilah metode detoksifikasi yang meliputi diet jangka panjang dan pendek :

1#. Diet detoks jangka pendek

Metode ini dilakukan dengan selama seminggu atau 7 hari tanpa makan apa-apa selain buah dan sayuran.

***Catatan :

  • Detoksifikasi akibat zat-zat keras seperti konsumsi alk*hol atau yang lainnya harus dilakukan dibawah pengawasan medis.
  • Pastikan secara medis Anda sudah dinyatakan dalam keadaan sehat.

Detoks buah-buahan.

Detok Buah adalah cara yang bagus untuk cepat memperoleh hasil tanpa harus menahan lapar. Salah satu di antara manfaat buah untuk kesehatan lainnya, buah cukup untuk bisa meningkatkan tingkat energi Anda, membantu manajemen berat badan, dan bahkan mengurangi kemungkinan stroke. Anda bisa melakukan detoksifikasi dengan cara makan berbagai jenis buah-buahan yang berbeda, atau bisa juga hanya dengan makan salah satu jenis buah saja. Yang terbaik, pilihlah buah yang Anda menyukainya sehingga Anda tidak merasa seperti terpaksa makan. Namun Jangan melebihi tujuh hari berturut-turut melakukan diet buah ini.

Jeruk.

Buah jeruk memiliki kekuatan detoksifikasi paling tinggi diantara buah lainnya, termasuk jeruk keprok, jeruk lemon, bahkan jeruk nipis. Anda bisa makan buah jeruk saja atau bisa juga menggabungkannya dengan buah-buahan lainnya. Sekali lagi, jangan melebihi 7 hari berturut-turut melakukan diet buah ini.

Anggur.

Anggur mengandung zat yang disebut dengan resveratrol, yang berguna melindungi tubuh dari kanker dan diabetes – juga berpotensi mencegah pembekuan darah. Buah ini juga merupakan sumber kalium dan vitamin C yang baik. Tidak makan buah apapun buah selain anggur selama 3-5 hari.

Lihat juga :  Apakah stres bisa menyebabkan darah tinggi?

Asupan cairan

  • Tak Mengkonsumsi cairan apapun kecuali air, teh, jus buah, jus sayuran, dan / atau shake protein shake selama 2 sampai 3 hari. Diet cairan bisa membantu mempercepat penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori, dan juga diyakini membersihkan tubuh dari racun tertentu. Namun tidak ada penelitian yang solid untuk mendukung diet ini.
  • Pastikan untuk menyertakan buah dan / atau jus sayuran untuk kebutuhan cairan Anda, untuk memastikan bahwa tubuh Anda telah memperoleh makanan yang tepat.
    Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, maka Anda akan harus mengubah kebiasaan makan Anda setelah puasa cairan, atau Anda akan gemuk lagi.

Selama 7 hari hanya makan buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Pastikan untuk mengkombinasinya dengan beragam produk buah dan sayur untuk memastikan Anda sudah mendapatkan nutrisi yang tepat. Gunakan panduan berikut untuk menentukan apa yang harus makan selama diet Anda :

  • Dapatkan serat makanan dari kacang merah, kacang hitam, apel, kacang kedelai, blueberry, dan artichoke.
  • Dapatkan kalium dari wortel, pisang, kacang lima, kentang putih, sayuran hijau masak, dan ubi jalar.
  • Dapatkan Vitamin C dari kiwi, stroberi, kale, kembang kol, tomat, jeruk, kubis Brussel, mangga, dan paprika.
    Dapatkan folat dari bayam masak, melon, asparagus, jeruk, dan kacang polong.
  • Dapatkan lemak baik dari buah alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

#2. Diet detok jangka panjang

Makan produk tumbuhan dan daging organik. Hasil pertanian konvensional menumbuhkan tanaman dengan pupuk kimia dan insektisida sintetis, sedangkan produk organik tumbuh menggunakan pupuk dan insektisida alami. Daging organik lebih sedikit menggunakan antibiotik, hormon pertumbuhan, dan obat-obatan yang disertakan untuk pakan ternak.

Minum cukup cairan.

Mendapatkan air yang cukup adalah pentingbagi kesehatan Anda. Di antara manfaat air bagi kesehatan lainnya, air membantu menjaga kadar cairan tubuh Anda, yang membantu ginjal menyiram semua toksin utama seperti urea nitrogen darah dalam tubuh.

Minum air lemon.

Tambahkan lemon, jeruk, atau jeruk nipis kedalam cairan yang Anda inum sepanjang hari. Buah-buahan ini mengandung asam sitrat, yang bisa membantu tubuh mengurangi lemak. Plus, menambahkan rasa pada air minum bisa membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan 8 gelas setiap hari di. Tips, Sikat gigi Anda disela waktu makan untuk mencegah erosi asam dari lemon pada gigi.

Lihat juga :  Khasiat manfaat Buah Delima

Hindari alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol terkait dengan timbulnya beberapa jenis kanker, termasuk kanker pay*dara pada wanita.

Hindari gula tambahan

Mengkonsumsi gula berlebih secara teratur dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik, sehingga berisiko tinggi penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu dalam jangka panjang. Tips, baca semua label nutrisi makanan dan berhati-hatil menambahkan gula kedalam roti, salad dressing, dan saus.

Membatasi dari paparan racun yang berada di udara.

Hal Ini termasuk karbon monoksida, radon, dan asbes, yang semuanya bisa ditemukan di rumah-rumah.
Karbon monoksida adalah bahan kimia berbau yang berpotensi fatal bagi tubuh, yang bisa dihasilkan dari tungku, pemanggangan, pembakaran, dan mesin mobil. Efek samping zat ini adalah termasuk sakit kepala, pusing, dan lesu. Pertimbangkan untuk memiliki detektor karbon monoksida didalam rumah Anda, dan desain rumah yang berventilasi baik. Rumah dan bangunan harus benar lolos uji asbes dan radon .

Bermeditasi .

Banyak Agama yang menganjurkan puasa sebagai cara untuk memusatkan pikiran dan mengembangkan rasa damai. Sementara Anda mendetoksifikasi tubuh Anda, cobalah untuk membersihkan diri dari perasaan dendam, marah, sedih, benci, dan perasaan negatif lainnya. Gunakan waktu Anda yang biasanya dihabiskan untuk makan atau menyiapkan makanan dengan berpikir tentang  tujuan dan aspirasi.

Jangan berlebihan :

Di atas semua yang ada, capailah program ini secara seimbang dengan mengkombinasinya dengan latihan/olahraga sehari-hari dan perubahan pola makan yang sehat secara rutin, dan pengawasan yang berkualitas. Coba untuk mengatur kebiasaan kearah yang sehat – dengan tidak membuat stres tubuh dengan perubahan yang cepat, ekstrim dan tidak berkelanjutan. Cobalah untuk menghindari berlebihan makan-makan pada saat detoksifikasi.

Tips penting saat melakukan detoks

  1. Lakukan Detoks dengan teman, sehingga Anda bisa mendukung satu sama lain serta berbagi resep dan tips plus untuk menambah semangat.
  2. Makanlah secara perlahan-lahan. Selama detoks, Anda harus bisa mengunyah makanan secara menyeluruh dan tanpa terburu-buru. Makan dengan cara yang lambat juga membantu pencernaan.
  3. Cobalah untuk menyisihkan waktu untuk latihan ringan. Yoga, Pilates, berenang atau jalan cepat sangat ideal untuk mendukung detoks yang adna lakukan. Namun Jangan mencoba aktivitas yang berat seperti berlari atau latihan beban saat diet.
  4. Manjakan diri Anda dengan pijat tubuh kepada orang yang profesional, atau menggunakan sarung tangan exfoliating untuk memijat kulit Anda sendiri.
  5. Anda mungkin akan menemukan jika detoksifikasi yang anda lakukan membuat Anda merasa lebih energik, atau bahkan meningkatkan rasa lesu Anda. Jadi penting untuk mendapatkan tidur yang cukup saat Anda sedang diet detoks. Pastikan Anda mendapatkan tidur pulas setidaknya 8 jam dalam semalam, plus tidur siang  jika diperlukan.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *