Olahraga dan latihan yang dapat menghambat proses Penuaan

Olahraga mencegah penuaanBeberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga atau latihan fisik merupakan salah satu cara yang yang paling efektif untuk menghambat penuaan. Tak ada jeleknya olahraga asalkan dilakukan secara proporsional, dan akan memberikan banyak manfaat umum lain seperti membantu menurunkan berat badan, membantu tidur yang lebih baik, terlihat segar, cantik, fit, lebih berpenampilan menarik dan masih banyak lagi. Untuk itu, luangkan sedikit waktu Anda, agar tubuh Anda mengucapkan banyak terimakasih atas apa yang anda lakukan buatnya. Ingin mengelabuhi kolega Anda?.. maka lakukanlah olahraga!. Ops!, mengelabuhi disini dalam artian yang positif lho? – yaitu tampak jauh lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya. Anda mau?.. Baca juga : Makanan yang mencegah penuaan

Advertisement

Latihan dan olahraga yang menurut penelitian mungkin paling efektif untuk menghambat proses penuaan.

Meskipun hal ini tampaknya sudah bukan rahasia lagi, bahwa olahraga baik untuk Anda. Dan sebuah penelitian terbaru telah menemukan bawa latihan benar-benar bisa memperlambat penuaan. Para peneliti di McMaster University Kanada menemukan bahwa latihan ketahanan menghambat proses penuaan pada tikus walaupun mereka sudah direkayasa supaya lebih cepat tua. Setelah beberapa bulan diberikan latihan treadmill secara rutin, tikus-tikus ini ternyata tetap muda sebagaimana tikus yang normal yang tidak direkayasa. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa hal ini mencegah penuaan dini pada hampir semua organ tikus percobaan. Dalam beberapa kasus, organ bahkan menjadi lebih baik dengan latihan. Secara keseluruhan penelitian mencatat bahwa latihan rutin memberikan perlindungan yang hampir sempurna terhadap semua otot dan atrofi otak, bahkan berubannya rambut.

Terlebih lagi setelah menjalani lima bulan latihan treadmill biasa, tikus justru kembali muda lagi dan bahkan lebih sehat. Jadi, olahraga tidak hanya bisa membantu mencegah kematian dini, tetapi juga dapat menunda proses penuaan secara signifikan.

Lihat juga :  Amankah Minum suplemen terus menerus?

Belajar dari tikus-tikus percobaan ini, proses anti penuaan adalah efek sistemik: Anda harus berolahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya, bukan hanya melakukannya pada akhir pekan saja. Direkomendasikan setidaknya melakukan latihan selama 30 menit, dengan 4 hingga 5 kali dalam seminggu. Luangkan waktu Anda, pergilah berolahraga dengan memilih beberapa latihan menyenangkan yang Anda sukai berikut :

Latihan seni beladiri seperti Tai Chi

Ini adalah seni bela diri Cina kuno yang berasal dari China sekitar abada ke-12, yang digunakan untuk pertahanan dan menjaga vitalitas. Gerakan taichi yang anggun ini menggabungkan pernapasan dan meditasi, sehingga latihan ini aman dan sesuai untuk hampir semua usia. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa latihan tai chi bisa meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif.

Joget atau tarian yang dinamis

Latihan yang dinamis ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan kekuatan inti tubuh, meningkatkan keseimbangan, vitalitas seluruh tubuh, dan meningkatkan semangat. Anda bisa memulainya dengan berjoget sendiri didalam rumah dengan memutar lagu rancak favorit Anda, atau yang lebih baik bisa bergabung dengan kelas tari dan mempelajari gerakan baru.

Berjalan

Tubuh kita didesain untuk bergerak, untuk itulah kita oleh Tuhan dikaruniai tangan dan kaki. Dengan demikian kurang tepat kalau sehari-hari kita hanya duduk diam saja dibelakang meja. Aktivitas fisik yang lembut seperti berjalan bisa efektif bermanfaat bagi jantung Anda, membantu meningkatkan pencernaan, meningkatkan energi, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Baca juga : Manfaat rutin berjalan bagi kesehatan.

Latihan Yoga

Latihan pernapasan merupakan salah satu unsur utama dari sebuah latihan yoga. Manfaat yoga tak hanya menyatukan napas dan tubuh, tapi juga dapat mengurangi stres dan mempromosikan ketenangan batin. Yoga bisa mencakup berbagai posisi tubuh dan postur yang bisa membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, serta mengurangi rasa sakit kronis dan radang sendi. Ada begitu banyak jenis atau gaya-gaya yoga yang bisa Anda pilih, temukan salah satu yang paling cocok atau sesuai dengan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *