Obat Tradisional untuk Menyembuhkan Luka luar

Kita semua mungkin pernah mengalami luka selama hidup kita, tapi apakah Anda tahu bahwa untuk penyembuhan cepat bisa diperoleh dari dapur atau kulkas Anda? Ada banyak solusi tradisional untuk menyembuhkan macam-macam luka, seperti luka terkena goresan, luka memar, luka bakar, dan beberapa jenis luka lain – yang dapat membantu mencegah infeksi dan bahkan membantu menyembuhkannya lebih cepat.

Advertisement

Berikut ini adalah cara-cara tradisional alami untuk menyembuhkan luka dengan cepat

Madu Murni

Madu adalah cara yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka. Menurut beberapa penemuan, madu sebenarnya lebih efektif daripada obat antibiotik! Dalam sebuah tes laboratorium, madu diketahui mematikan sebagian besar bakteri dan dapat mencegah infeksi. Pastikan madu yang Anda gunakan adalah madu mentah asli dan murni untuk menutup luka Anda.

Pada saat madu tercampur darah dan jaringan pada luka, maka hidrogen peroksida diproduksi melalui reaksi enzim oksidase glukosa. hal ini dilepaskan secara perlahan, dan membuat aktivitas antibakteri sekaligus menjaga jaringan tetap sehat dan tidak rusak. Caranya cukup oleskan beberapa tetes madu pada luka. Jika lukanya lebih dalam, maka dasar dari luka harus diisi dengan madu, kemudian dibalut dengan perban atau kain steril.

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dikenal dengan Allicin, yang telah terbukti efektif sebagai pengganti penisilin 1%.  Hal ini adalah anti-bakteri dan anti-jamur, yang dapat membantu menyembuhkan hampir semua jenis luka. Namun bawang putih dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sehingga pastikan Anda tidak meninggalkan pada kulit selama lebih dari 20 sampai 25 menit. Caranya hancurkan 3-4 siung bawang putih dan 1 cangkir anggur, campurkan. Diamkan selama 2-3 jam lalu terapkan pada luka dengan kain bersih  tiap1 sampai 2 kali dalam sehari.

Bunga Kamomil

Bunga ini dikenal mengandung sifat-sifat obat dan sifat relaksasi yang mengagumkan. Bunga Chamomile adalah salah satu tanaman obat yang paling kuno yang dikenal manusia. Kamomil kering mengandung banyak zat terpenoid dan flavonoid, sehingga menjadikannya sebagai obat tradisional yang kuat. Bahkan  beberapa studi menemukan bahwa sifat penyembuhan luka darikamomil lebih cepat karena mengandung beberapa zat kortikosteroid. Untuk mengobati luka Anda secara tradisional dengan bungan kamomil, cukup rendam beberapa kantong teh chamomile kedalam air, peras sedikit untuk mengurangi air,  kemudian tempelkan kantong teh ini sekitar luka  dengan balutan kain kasa steril. Atau Anda mungkin bisa menemukan tincture chamomile atau salep kamomil alami di toko kesehatan.

Lihat juga :  Makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Bunga Calendula

bunga caledula untuk menyembuhkan lukaSiapa sangka bunga yang indah ini telah dianggap mengandung agen vulnerary atau zat yang mempromosikan penyembuhan. Tanaman bunga ini juga merupakan anti-inflamasi dan sedikit memiliki sifat anti-mikroba. Cara pengobatan topikal  bunga ini untuk membantu menyembuhkan lecet, infeksi kulit, serta oral untuk mengobati selaput lendir yang terinfeksi. Anda bisa membeli salep calendula di toko kesehatan untuk digunakan pada luka luar Anda. Sedangkan Untuk infeksi dalam tubuh Anda membuat teh calendula dengan takaran 1 gelas air hangat dan 1 sdm bunga calendula.

Akar Marshmallow

Cara tradisional Menyembuhkan lukaJangan salah, Akar Marshmallow  tidak sama dengan permen yang berbentuk silinder berwarna putih dan manis. Ini sebenarnya adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi penyembuhan luka luar pada tubuh. Tanaman ini sangat bagus untuk menarik racun dan bakteri yang ditemukan pada luka bila digunakan sebagai tapal – serta dapat mempersingkat waktu penyembuhan dengan cara menarik keluar kotoran-kotoran. Hal ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan memar. Caranya cukup buat tapal dari marshmallow dan menerapkannya pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka Anda

Kentang

Kentang bisa membantu menyembuhkan luka karena memiliki sifat menarik keluar infeksi dari beberapa jenis luka atau abses. Kentang mentah diparut dan dibuat sebagai tapal pada luka atau bisul sepanjang hari . Hal ini akan membuat peradangan berkurang dan tidak akan ada kemungkinan terjadi infeksi. Parut kentang mentah kemudian taruh pada luka, setelah balut atau tutup dengan kain kasa. Biarkan semalaman dan lepas di pagi hari. Area yang bersih sekitar luka di basahi dengan air garam, lalu tutup lagi dengan kentang terus sampai luka sembuh.

Minyak Lavender

Manfaat lavender yang luar biasa tak sengaja ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis bernama Rene, Gattefosse, yang terbakar dalam sebuah kecelakaan laboratorium dan merendam tangannya di wadah Lavender. lalu ia menemukan bahwa minyak lavender ini terntaya mempromosikan regenerasi jaringan cepat tanpa meninggalkan bekas luka apapun! . Pakailah minyak esensial lavender untuk membantu mempromosikan penyembuhan luka secara tradisional alami. Gunakan secara topikal/oles sebanyak 2 hingga 5 kali per hari dengan 2 hingga 4 tetes pada daerah luka yang diencerkan sesuai kebutuhan .

Lihat juga :  Makanan yang baik untuk mengatasi Asam lambung tinggi

Aloe Vera

Kita semua tahu bahwa aloe vera atau lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar, dan getahnya juga dapat digunakan untuk mengobati luka biasa, luka goresan dan jenis luka lainnya. Cukup potong tangkai lidah buaya dan mengoleskannya pada luka setiap beberapa jam sekali dapat  mengurangi waktu proses penyembuhan luka secara signifikan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sejuta manfaat, juga dapat menyembuhkan luka dengan efektif. Minyak nabati ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menakjubkan dan bahkan dapat mencegah luka jaringan parut. Oleskan minyak kelapa pada luka untuk membantu mempercepat penyebuhannya 2 atau 3 kali sehari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *