Obat Tradisional untuk Mengatasi Asam Urat

Obat tradisional asam uratGout adalah jenis arthritis atau sakit radang persendian menyakitkan yang diakibatkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh. Kelebihan Asam urat dalam darah bisa mengumpul dan mengkristal pada tulang rawan tendon, persendian, atau pada jaringan tubuh lainnya, yang kemudian membuat jaringan meradang dan menciptkan gejala bengkak dan rasa sakit yang luarbiasa. Apa saja yang bisa menjadi pemicu dari masalah kesehatan yang satu  ini?, bagaimana cara mencegahnya? dan apakah ada obat tradisional untuk mengatasi nyeri gout yang akibat kelebihan asam urat ini?

Advertisement

Gout lebih banyak terjadi pada kau m pria daripada wanita, dan yang paling sering adalah terjadi pada kaki terutama di bagian jempol. Namun hal itu juga dapat dirasakan di daerah sendi yang lain seperti pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Sendi bisa mengalami pembengkakan dan terlihat seperti memar. Rasa sakit yang ditimbulkan seringkali menyiksa dan datang secara tiba-tiba.

Obat untuk asam urat biasanya mencakup obat resep seperti Colcrys, Kortikosteroid, atau Allopurinol, yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat – sehingga mengurangi atau mencegah pembentukan kristal. Namun obat-obatan ini seringkali menibulkan efek samping lebih besar, dan karena asam urat itu dianggap sebagai kondisi yang berlangsung seumur hidup, maka obat-obatan tersebut harus menemani Anda selama hidup. Demikian juga penggunaan obat ant inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau Tylenol .

Beberapa Penyebab Gout

Seperti halnya dengan semua penyakit yang ada, gout juga memiliki banyak kemungkinan penyebab. Gout umumnya merupakan hasil dari penumpukan asam urat selama bertahun-tahun yang dikenal dengan hiperurikemia. Biasanya asam urat larut dalam darah dan berjalan melewati ginjal; namun jika asam urat yang diproduksi terlalu banyak atau tidak larut bersama urin, maka asam urat akan mengumpul menjadi mengkristal di persendian.

Penyebab utama dari radang sendi asam urat dan fibromyalgia adalah adanya ketidakseimbangan dalam sistem asidosis, yang merupakan hal paling mendasar dari penyakit fisik. Dalam istilah yang sederhana, hal ini berarti pH Anda tidak seimbang dan tubuh akan mencoba untuk mendapatkan keseimbangannya kembali dengan cara apapun yang dia bisa. Bahkan dalam penyakit radang sendi karena autoimun seperti rheumatoid arthritis, ketidakseimbangan ini juga merupakan dasar penyebabnya. Usaha tubuh untuk memperoleh  kembali keadaan semula adalah apa yang menyebabkan arthritis, asam urat tinggi, kejang otot dan sejumlah masalah kesehatan  lain. Jadi solusinya adalah membantu tubuh supaya dapat mencapai pHnya kembali menjadi normal dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menciptakan kondisi basa atau alkali.

Lihat juga :  Cara Pencegahan Kanker Colon/Usus Besar

Ada beberapa pengobatan tradisional alami untuk membantu mencegah asam urat, mengurangi kekambuhan, dan meredam rasa sakit.

Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel membantu membuat tubuh bisa menjadi lebih basa, dan sudah dikenal sebagai obat alami yang terbukti bisa mengatasi banyak penyakit termasuk asam urat. Cobalah campurkan 1 hingga 2 sdm cuka sari apel dengan 8 ons air. Anda juga dapat meminumnya sekali atau beberapa kali setiap waktu. Cobalah kedua metode tersebut dan rasakan mana yang lebih efektif. Solusi ini bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan dalam satu atau dua hari konsumsi. Namun pastikan menggunakan cuka sari apel organik .

Dengan Baking Soda

Baking soda adalah solusi alami kedua untuk radang akibat asam urat tinggi. Baking soda yang dicampur degan air bisa efektif mengurangi rasa sakit dalam waktu 1 hingga 2 hari. Campurkan 1/2 sdt baking soda dengan 8 ons air dan  sekali minum. Tapi Anda mungkin perlu untuk mengulanginya beberapa kali dalam sehari, namun batasi maksimal hanya total sebanyak 3 sdt secara keseluruhan.

Takaran baking soda maksimal yang disarankan adalah 4 sdt dalam 1 hari. Gunakan secara hati-hati jika Anda menderita hipertensi, karena baking soda dapat meningkatkan tekanan darah apabila diambil dalam jumlah banyak.

Mengkonsumsi buah ceri

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah ceri juga dapat mengurangi kelebihan asam urat. Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 600 orang dengan radang sendi asam urat, ditemukan bahwa porsi 1/2 cangkir ceri sehari (10 -12 buah ceri), atau ekstrak ceri,  menurunkan risiko serangan gout berikutnya hingga 35%. Dan peserta yang mengkonsumsi lebih banyak buah ceri, sampai tiga porsi dalam dua hari memiliki 50% penurunan risiko. Ini mungkin yang terbaik meskipun jus bisa membutuhkan sekitar 55 sampai 60 buah ceri tart tanpa gula.

Lihat juga :  Inilah 5 Obat Tidur yang Alami

Menurunkan asupan gula dan menghilangkan soda

Minum dua gelas soda setiap hari bisa meningkatkan risiko gout. Dan mengurangi asupan gula juga menurunkan risiko mengalami gout .

Menghidrasi tubuh

Minum banyak air juga akan membantu mengeluarkan kelebihan asam urat. Baca juga : Minum air putih

Mengkonsumsi bentuk enzim bromelain

Bromelain adalah bentuk senyawa atau enzim yang bisa ditemukan dalam buah nanas atau juga ada dalam bentuk suplemen. Enzim ini seringkali dianjurkan untuk orang yang memiliki gout bahkan telah terbukti memiliki sifat anti-kanker.

Mengkonsumsi Jus bit

Jus bit bisa membantu mencegah asidosis dan merangsang hati untuk membersihkan saluran empedu.

Tingkatkan Asupan vitamin C

Ada bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan vitamin C dapat mengurangi asam urat. Vitamin C dapat diperoleh dari makanan atau dalam bentuk suplemen.

Mengurangi atau menghindari asupan makanan tertentu

Hindari makan jerohan, sarden dan ikan makerel karena terasuk makanan kaya akan purin penyebab asam urat. Kopi, brokoli, produk kedelai, buah durian, petai, udang, daging merah, dan bayam sangat memperparah kondisi asam urat. Baca juga : Diet Makanan terbaik Untuk Penderita Asam Urat

Olahraga teratur

Untuk masalah gout, olahraga secara alami akan membantu mengurangi tingkat asam urat oleh normalisasi insulin. Secara umum, olahraga adalah pencegah semua masalah kesehatan.

————————-
Meskipun penyebab gout sebagian dikatakan karena alasan genetik, sehingga mungkin tidak dapat sepenuhnya dicegah. Namun Anda masih bisa mengurangi  tingkat keparahan dan kekambuhan dengan pengobatan tradisional alami untuk radang sendi akibat kelebihan asam urat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *