Obat alami tradisional flu atau batuk pilek

Obta alami tradisional flu pilek dan batukInfluenza atau yang lebih populer dikenal dengan flu atau pilek, adalah penyakit yang sangat mudah menular. Hal ini karena pilek disebabkan karena infeksi oleh virus influenza. Flu pada umumnya akan mempengaruhi  hidung, telinga, mata ,tenggorokan, dan menyebar ke paru-paru dan saluran pernapasan (menyebabkan batuk). Rasa demam pada penderita flu adalah karena reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus influenza. Demam, sakit kepala dan nyeri otot yang parah adalah gejala awal umum influenza.

Advertisement

Flu biasanya lebih mudah menyerang terhadap orang yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. hal ini bisa diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, ketegangan dan stres, beban kerja yang berlebihan, kurang olahraga yang tepat, tinggal di kamar pengap dan sering kurang tidur. Tidak ada obat yang tepat untuk menyembuhkan flu, hanya saja pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk meringankan gejalanya.

Pengobatan tradisional alami batik pilek

Flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya, seiring dengan kemampuan pertahanan tubuh yang meningkat. Pada umumnya, flu bisa mereda antara 3 hari bahkan seminggu, tergantung kondisi tubuh penderita. Meskipun demikian, dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan tradsisional alami. Tujuan pengobatan ini adalah sama, yaitu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi gejalanya. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu dan gejalanya seperti batuk:

Perbanyak asupan cairan

Obat terbaik untuk menyembuhkan influenza adalah dengan mengkonsumsi banyak air. Anda bisa minum air biasa hangat, sayur yang berkuah seperti sup kaldu ayam, dimana merupakan cairan yang efektif sekaligus untuk meredakan gejala flu. Kompres dingin pada dahi juga bisa dilakukan untuk menurunkan demam akibat flu jika perlu.

Konsumsi lebih banyak Vitamin C

Tingkatkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Hal ini akan memberikan dorongan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih untuk melawan virus flu. Untuk menginkatkan asupan vitamin C, Anda bisa banyak minum jus jeruk, jeruk segar, pepaya atau buah lain yang kaya akan vitamin C.

Lihat juga :  Makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes

Cabe rawit

Cabai rawit mengandung Capsaicin yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan lebih cepat mengirimkan nutrisi dan vitamin keseluruh tubuh. Panas dan pedas dari capsaicin juga dapat membantu untuk mengurangi/mengencerkan cairan penyumbat rongga hidung. Namun jika Anda memiliki gangguan lambung atau maag, sebaiknya tak menggunakan cara ini.

Jahe

Ambil tiga potong jahe segar, bersihkan, tumbuk dan dimasukkan kedalam air hangat yang dicampur dengan sesendok madu + sedikit merica bubuk. Jahe diketahui mengandung senyawa antivirus alami yang tentunya akan membantu menyingkirkan virus penyebab influenza atau pilek. Selain itu Jahe juga akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan pembentukan senyawa antibakteri.

Seng (Zinc)

Zinc adalah mineral penting yang selalu dibutuhkan oleh tubuh. Zinc dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan zinc seperti Kacang, buncis,  seafood, daging, telur dan kedelai. Makanan yang mengandung banyak zinc berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya akan mengurangi gejala pilek dan flu.

Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang kuat, sehingga menawarkan kemampuan antivirus alami.  Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu pengiriman nutrisi penting lebih cepat keseluruh sel-sel tubuh. Sertakan bawang putih dalam makanan ada. Bisa juga Makan bawang putih mentah saat perut kosong di pagi hari .

Kunyit

Kunyit termasuk bahan alami yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah serta antioksidan. Ambil secangkir susu hangat, yang dicampur dengan perasan kunyit+sesendok makan madu dan diminum 3 kali sehari. Kunyit juga tidak hanya akan mencegah gejala yang timbul karena influenza, ia juga akan mengaktifkan fungsi hati.

Lihat juga :  Tanda-tanda umum tubuh kekurangan Zat Besi

Tips

Istirahat cukup ~ Agar sistem kekebalan tubuh cepat meningkat dan mempercepat penyembuhan influenza, sebaiknya penderita menggunakan banyak waktunya untuk istirahat. Terutama bagi yang biasa tidur larut malam, maka hindarilah untuk sementara waktu.

Mandi air hangat ~ Saat demam akibat influenza, seluruh persendian biasanya juga terasa sakit dan demam. Mandi tetap diperlukan agar tubuh tetap bersih. Dan untuk menghindari rasa atau gejala demam yang semakin parah,  sebaiknya mandi dengan air hangat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *