Nutrisi penting untuk Kulit yang Sehat dan awet muda

Manfaaat AA dan DHA bagi anak balitaKulit adalah salah satu cermin penting dari kondisi kesehatan seseorang. Kulit yang terlihat keriput, kering, berminyak, berjerawat, dan mengalami peradangan, adalah tanda-tanda kesehatan dalam tubuh yang buruk. Hal ini seringkali disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga kulit kurang mendapatkan nutrisi yang cukup dan sehat. Untuk mengatasi masalah kulit, kebanyakan orang memilih menggunakan kosmetik luar, termasuk lotion, sabun, scrub, toner, dan krim. Namun sayangnya mengobati kulit hanya dari luar tidak menyelesaikan akar penyebab masalah, walaupun menggunakan produk perawatan luar yang mahal; selain itu, tak sedikit produk topikal kecantikan yang sarat bahan kimia yang justru bisa memperburuk kondisi kulit.

Advertisement

Asupan nutrisi yang buruk, paparan racun, baik oleh polutan, bahan kimia dalam produk perawatan, dan dari makanan, adalah apa yang menyebabkan semua masalah kulit. Psoriasis jerawatan, penuaan dini, adalah manifestasi dari kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kulit bereaksi baik dengan vitamin, mineral dan antioksidan tertentu, sehingga tampak muda dan sehat.

Baca juga : Top 10 Makanan untuk Kulit yang bersih dan cerah

Berikut ini adalah Nutrisi terbaik untuk kulit yang sehat, dan membuatnya selalu tampak awet muda

Vitamin A

Vitamin A mempromosikan pemulihan dan perawatan kulit, dan kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan kulit kering dan kulit bersisik. Penggunaan vitamin A secara topikal seringkali untuk mengobati jerawat dan penyakit kulit lainnya. Makanan yang tinggi vitamin A termasuk hati, cabai, wortel, aprikot, kale, ubi jalar, bayam, dan buah melon. Yang terbaik adalah mendapatkan vitamin A dari sumber makanan alami, karena kelebihan vitamin A bisa berbahaya bagi kesehatan – yang hanya bisa terjadi jika mengkonsumsi bentuk suplemen(karena vitamin A adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak). Baca juga : Amankah Minum suplemen terus menerus?

Lihat juga :  Pentingnya Mineral Zinc(seng) bagi pertumbuhan anak

Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, yang disebabkan oleh polutan dan paparan sinar UV dari matahari. Radikal bebas bersifat merusak kolagen dan serat elastin yang mendukung struktur kulit, sehingga dapat menyebabkan keriput dan penuaan dini. Jika digabungkan dengan vitamin E, Vitamin C sangat efektif dapat melindungi kulit dari paparan  matahari. Makanan yang tinggi vitamin C antara lain buah jeruk, ceri merah, buah pepaya, lemon, paprika hijau, jambu biji, kangkung, peterseli, lobak, dan brokoli. Jika memungkinkan, sebaiknya kita mendapatkan jenis vitamin ini dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan sumber terbaik.

Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin bersifat antioksidan lain yang kuat, yang juga bermanfaat mengurangi efek paparan sinar matahari pada kulit. Vitamin E juga mengurangi munculnya keriput, dan jika digunakan secara topikal akan mengembalikan kulit kering dan/atau kasar. Makanan sumber terbaik vitamin E termasuk  biji bunga matahari, safflower, minyak bunga matahari, kacang almond, bayam, buah persik, plum, tomat, kubis, asparagus, dan buah alpukat. Sebaiknya tidak menggunakan vitamin E buatan secara sembarangan, karena justru bisa membahayakan kesehatan. Kalau bisa dapatkan  vitamin E dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

Silika :

Silika adalah jejak  mineral yang berfungsi memperkuat jaringan ikat tubuh, seperti otot, tendon, rambut, ligamen, kuku, tulang rawan, dan sangat penting untuk kulit yang sehat. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit serta bisa menghambat kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka. Makanan sumber terbaik silika seperti daun bawang, kacang hijau, buah stroberi, mentimun, mangga, seledri, serta asparagus.

Zinc :

Zinc/seng adalah jenis mineral penting untuk kulit yang sehat, khususnya bagi orang dengan masalah jerawat. Bahkan sangat mungkin bahwa jerawat itu merupakan gejala tubuh kekurangan zinc. Mineral ini bekerja mengontrol produksi minyak di kulit, dan juga bisa membantu mengendalikan beberapa hormon yang memicu jerawat. Selain itu, Zinc juga dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat, penglihatan, rasa, dan bau. Asupan seng juga sangat terkait dengan penurunan resiko kanker prostat. Makanan yang kaya akan zinc termasuk tiram segar, biji labu, jahe, kemiri, kacang Brasil, gandum, dan telur. Zinc juga bisa didapat dalam bentuk suplemen.

Lihat juga :  Vitamin dan Nutrisi penting bagi Kesehatan Mata

Omega 3

Asam lemak omega 3 bermanfaat menjaga lapisan kulit luar tetap utuh, sehingga racun dari polutan bisa ditangkal keluar. Kulit kering, kulit meradang, dan komedo bisa memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi suplemen asam lemak esensial (Essential Fatty Acid atau EFA), terutama asam lemak omega 3. EFA bertanggung jawab untuk perbaikan kulit, kadar air, dan fleksibilitas; karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, maka harus diperoleh dari mengkonsumsi makanan tertentu. Cukup mendapat asupan yang seimbang omega 3 dan omega 6 akan menciptakan kulit yang halus, dan tampak lebih muda. Tak hanya itu, EFA juga sangat penting bagi kesehatan jantung, sendi, otak, dsb.  Asam lemak omega 6 banyak ditemukan dalam biji-bijian, serta omega 3 banyak ditemukan dalam ikan seperti salmon, tengiri, tuna, biji rami dan minyak safflower.  EFA juga tersedia dalam bentuk suplemen; seperti kapsul minyak ikan.

Selenium :

Selenium merupakan mineral bersifat antioksidan yang bertanggung jawab untuk elastisitas jaringan kulit. Hal ini juga mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, dan diketahui berkaitan dengan penurunan risiko kanker dan penuaan dini. Mineral ini mungkin berperan penting mencegah terjadinya kanker kulit, karena juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Makanan sumber selenium termasuk biji gandum, makanan laut seperti tuna dan salmon, bawang putih, kacang Brazil, telur, beras merah, dan roti gandum utuh.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *