Minum lemon dan air hangat dipagi hari

Minum lemon dipagi hariJika Anda terbiasa minum secangkir kopi dipagi hari, bisa mempertimbangkan untuk menggantinya dengan perasan lemon plus air hangat. Hal ini ternyata besar sekali manfaatnya bagi kesehatan, termasuk menambah asupan vitamin C, mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fungsi pencernaan. Hal ini seperti yang direkomendasikan oleh seorang ahli gizi Ann Louise Gittleman, penulis buku “Fat Fush for Life” dan masih banyak lainnya. Ann merekomendasikan untuk menambahkan setengah perasan air dari lemon dengan 1 gelas air panas. Jika Anda tidak ingin memeras lemon sendiri, Anda juga dapat menggantinya dengan 1 sendok makan air jeruk lemon, namun pastikan Anda menggunakan jus lemon yang 100% organik. Anda  juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda dengan menambahkan sejumput bubuk kayu manis dan sejumput bubuk jahe. Lemon bisa bertahan sampai 10 hari pada suhu kamar, sehingga Anda bisa berbelanja jeruk ini mingguan. Anda juga bisa menyimpan jus lemon segar dalam wadah es batu tanpa kehilangan potensinya.

Advertisement

Manfaat minum air lemon hangat pertamakali dipagi hari

Menurut Louise Atkinson dalam sebuah artikel dalam  Daily Mail, “Lose Weight for Christmas with the Lemon Juice Diet”, minum air lemon pertama kali pada pagi hari akan merangsang sistem pencernaan Anda. Hal ini akan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Penyerapan gizi yang buruk bisa menyebabkan Anda merasa cepat lapar, padahal sebenarnya perut Anda sudah kenyang. Berikut beberapa manfaat yang bisa tubuh kita dapatkan :

Mengeluarkan racun atau efek detoksifikasi

Air Lemon akan meningkatkan selera Anda ketika berada didalam mulut. Dan sesampainya didalam tubuh, air lemon yang Anda minum ini membantu menyiram ginjal dan liver Anda dari limbah dan racun. Hal ini juga bisa membantu membersihkan sistem limfatik, yaitu sistem tubuh lain yang juga bertugas menghilangkan racun.

Lihat juga :  Cara alami meningkatkan jumlah sel darah putih (leukosit)

Meningkatkan metabolisme lemak

Lemon dan air berada dalam daftar Ann tentang makanan yang bermanfaat menyiram lemak. Air membantu tubuh Anda agar tetap terhidrasi. Tubuh menyimpan lemak lebih banyak ketika mengalami dehidrasi, karena ginjal membutuhkan bantuan fungsi hati pada saat tubuh dalam keadaan ini. Hal ini akan menghambat kemampuan hati untuk membakar lemak. Air juga merupakan penekan nafsu makan alami. Dehidrasi sebaliknya bisa menyebabkan rasa lapar. Lemon bisa membantu mengurangi selulit, karena akan merangsang aliran darah ke kulit dan membantu tubuh Anda mengeluarkan sampah atau zat sisa. Lemon juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme lemak.

Memenuhi kebutuhan Vitamin C

Lemon banyak menyediakan vitamin C. Satu buah lemon menawarkan sekitar 30,7 mg vitamin C. Jumlah asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 75 mg untuk wanita, dan 90 mg untuk pria. Orang yang mengkonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki sistem pencernaan yang lebih efisien daripada yang tidak. Lemon juga bermanfaat meningkatkan keasaman sistem pencernaan, yang akan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik. Penyerapan kalsium membantu menurunkan berat badan, karena kalsium disimpan dalam sel lemak. Semakin banyak kalsium dalam sel-sel lemak tubuh Anda, maka semakin mudah untuk membakarnya. Vitamin C juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu membantu mencegah penyakit jantung koroner, dan menurunkan risiko stroke, katarak dan asam urat. Menurut Oregon State University, Vitamin yang bersifat antioksidan ini juga bisa membantu menurunkan risiko kanker bila dikonsumsi melalui buah segar.

Memperoleh manfaat Antioksidan

Menambahkan satu sendok makan jus lemon kedalam air hangat sebagai minuman Anda, akan memberikan Anda 1.600 kapasitas serap oksigen radikal bebas atau ORAC.  ORAC adalah pengukuran yang dikembangkan oleh National Institutes of Health , yang digunakan untuk mengukur kapasitas antioksidan dalam makanan. Semakin tinggi nilainya, makan akan semakin tinggi juga manfaat antioksidannya, yaitu seperti melawan radikal bebas yang merusak sel. Salah satu antioksidan yang ditawarkan oleh lemon adalah jenis eriocitrin, yang dapat melindungi dari radikal bebas di organ hati.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *