Cara menggunakan mentimun untuk perawatan wajah

Cara menggunakan mentimun untuk perawatan wajahMentimun adalah sayuran yang paling banyak digunakan sebagai lalapan atau salad . Selain Rasanya yang menyegarkan, sayur ini juga banyak mengandung  nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh dan kulit kita. Mentimun tentu saja bebas dari lemak jenuh atau kolesterol, kulitnya mengandung serat tinggi, mengandung zat anti -oksidan seperti karoten, vitamin C, vitamin  A, Zea xanthin dan Lutein yang bermanfaat membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai macam penyakit. Ketimun juga mengandung kalium – yaitu elektrolit intraselular yang penting bagi kesehatan. Senyawa ini berguna membantu menurunkan tekanan darah, dan penting untuk kesehatan jantung. Mentimun juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena sifat diuretiknya.

Advertisement

Baca juga : Khasiat Mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat mentimun untuk kulit

Ekstrak mentimun merupakan bahan terkenal untuk produk kosmetik. Hal ini bermanfaat sebagai bahan herbal dan anti iritasi, dan banyak digunakan sebagai obat untuk mata bengkak. Sayuran ini merupakan bahan yang sangat baik untuk krim, gel dan face pack.

Baca juga: 30 Manfaat Luarbiasa mentimun Bagi kesehatan, kulit dan rambut

Berikut adalah beberapa face pack alami menggunakan mentimun.

Untuk Kulit Berminyak :

resep 1 :

Campur sejumput bubuk kunyit, setengah sendok teh gel mentimun dan setengah sendok teh air lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkannya dengan putih telur..
resep 2 :

Campurkan yoghurt dan gel mentimun, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

2 . Untuk kulit berjerawat :

Campurkan dua sendok makan jus mentimun dengan air mawar, kemudian oleskan pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air hangat .

Lihat juga :  Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil

3 . Untuk Kulit Kering :

Campurkan satu sendok makan gandum, gel mentimun dan tambahkan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum di bersihkan dengan air hangat.

4 . Untuk kulit Sensitif :

Potong setengah bagian mentimun dan buah apel, tambahkan satu sendok makan gandum dan haluskan hingga menjadi bubur. Olesakn hingga merata pada wajah sewama 20 menit , kemudian cuci dengan air hangat .

5 . Face pack ketimun dan Mint :

Campurkan satu sendok makan jus mentimun dan jus mint. Terapkan ini di seluruh wajah Anda selama 15 menit, kemudian cuci dengan air .

6 . Masker Ketimun dan Aloe Vera :

Campurkan Satu cangkir Gel lidah buaya dan parutan mentimun. Oleskan pasta ini di seluruh wajah Anda selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

7 . Ketimun dan alpukat :

Campurkan setengah bagian mentimun, alpukat dan tomat, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini pada wajah selama 20 menit. Face pack wajah mentimun ini akan melembutkan kulit Anda dan mengurangi bekas luka atau noda.

8 . Ketimun dan Labu :

Parut setengah bagian mentimun dan labu botol, lalu ambahkan satu sendok makan yoghurt dan 1gram tepung beras. Oleskan pada wajah selama 15 menit, kemudian uci bersih dengan air hangat

9 . Face Pack mentimun :

Face Pack ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Giling satu sendok makan gandum dan campurkan dengan parutan mentimun. Kemudian tambahkan 2 sendok makan buttermilk dan jus lemon untuk membuatnya menjadi pasta.  Oleskan face pack ketimun ini pada wajah selama 15 menit dan setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

10 . Anti Aging  :

Parut mentimun dan campur dengan dua sendok makan yoghurt, setengah sendok makan madu, setengah sendok air lemon, dan 3 buah kapsul Vitamin E. Oleskan pada wajah selama 15 menit sebelum di bilas dengan air hangat. Rasanya yang dingin juga akan menyegarkan wajah Anda.

Lihat juga :  Tips cara merawat Kuku agar kuat dan Sehat

Demikian beberapa cara menggunakan face pack mentimun untuk perawatan wajah alami, perawatan yang rutin akan memberikan hasil yang maksimal.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *