Tips meningkatkan kualitas sereal untuk sarapan yang sehat

sereal untuk sarapan sehatSarapan sebenarnya sangat penting bagi siapa saja, terutama yang selanjutnya akan melakukan banyak kegiatan. Sarapan yang baik ialah asupan yang akan mencukupi kebutuhan tubuh yang meliputi energi, protein, kalsium, vitamin, dan mineral. Apakah Anda termasuk orang yang kurang memperhatikan atau bahkan melewatkan sarapan?.. Ingatlah bahwa melewatkan sarapan bisa menyebabkan sejulah masalah terkait kesehatan termasuk lemas serta kurang bisa konsentrasi karena kurangnya energi, kegemukan, bahkan beresiko diabetes. Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat pentingya sarapan ini, diantaranya menjaga berat badan ideal dan mengurangi resiko penyakit kronis. Baca juga : Pentingnya Manfaat Sarapan untuk Anak Sekolah

Advertisement

Beberapa hasil penelitian mengenai pentingnya sarapan :

  • Wanita yang sering melupakan sarapan meningkatkan risiko diabetes hingga sebesar 28%, daripada wanita yang rutin sarapan setiap hari.
  • Orang yang sarapan sereal, terutama sereal gandum secara signifikan terbukti terkurangi risiko diabetes mereka.
  • Orang yang rutin sarapan memiliki tingkat lebih rendah untuk diabetes, obesitas, sindrom metabolik, dan hipertensi, jika dibanding dengan orang yang sarapan hanya tiga kali atau kurang setiap minggunya.
  • Orang yang melewatkan sarapan lebih mungkin untuk meningkatkan berat badannya sebesar 2 kilo pertahun daripada orang yang sarapan setiap hari.

Sarapan mencegah kegemukan?… mungkin secara tak langsung, artinya orang yang tak sarapan lebih cenderung kelaparan dan banyak ngemil disiang harinya. Dan makanan ringan biasanya lebih tinggi kalori, dan sangat berpotensi menyebabkan kegemukan. Jadi jangan pernah melupakan sarapan, tapi sarapan yang sehat juga tak kalah pentingnya. Lengkapi sarapan Anda misalnya dengan sereal plus susu protein dan kalsium, ditambah dengan gula dan serat pangan alami dari buah-buahan segar. Baca juga : Jenis Jenis olahraga yang baik dan cocok bagi orang kegemukan

Lihat juga :  Ini Makanan yang Menyehatkan Pembuluh Darah

Berikut beberapa tips memilih sereal sebagai makanan sarapan yang sehat

Terdiri dari biji-bijian

Dapatkan sereal untuk sarapan yang terbuat dari jagung, gandum, atau beras merah. Semua ini adalah jenis biji-bijian yang sangat kaya serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Namun ada banyak juga sereal yang dibuat dengan biji-bijian olahan yang justru dapat menyebabkan gula darah Anda naik. Untuk itu pilih dan cermati sereal untuk sarapan Anda dengan seksama.

Mengandung cukup Serat pangan

Serat merupakan unsur dalam makanan yang tidak dicerna yang penting sangat untuk kesehatan. Seraty bermanfaat menurunkan gula darah dan kolesterol, serta bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis termasuk terkait kardiovaskular, diabetes, dan obesitas. The Institute of Medicine merekomendasikan 21 sampai 25 gram serat setiap hari untuk wanita, 30 sampai 38 gram serat setiap hari untuk pria.

Mengandung Gula yang rendah

Direkomendasikan per porsi sereal tidak mengandung lebih dari 5 gram gula. Satu-satunya cara untuk meyakini berapa banyak gula yang ditambahkan ke sereal Anda adalah dengan membaca label nutrisi pada kotak sereal.

Mengandung sodium rendah

Sodium terselip pada banyak makanan yang kelihatannya sehat, dan salah satunya adalah sereal. Beberapa sereal bahkan mengandung hingga 300 miligram sodium per porsi. The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi natrium hingga 1.500 mg per hari. Untuk itu sereal yang sehat adalah mengandung tidak lebih dari 200 mg sodium per-porsi. Baca juga : Makan Garam bisa menyebabkan Tekanan darah tinggi

Memiliki kalori rendah

Anda pasti tak ingin makan banyak kalori dari semangkuk sereal hanya untuk setengah hari, dan hal ini tidak terlalu sulit jika Anda memperhatikan porsinya. Kebanyakan sereal memiliki ukuran porsi satu cangkir atau hanya tiga perempat cangkir. Carilah sereal yang memiliki kurang dari 150 kalori per porsi, dan gunakan gelas ukur jika untuk dikonsumsi sendiri.

Lihat juga :  Dampak BAHAYANYA sering makan Asin-asin/Banyak Garam

Saya tidak makan sereal

Sarapan memang tak harus sereal, namun makanan sehari-hari bisa disajikan dengan porsi dan unsur gizi yang baik dan sehat. Hal ini juga harus memenuhi unsur energi, serat, protein, dan kalsium. Setengah cangkir nasi merah, dengan 1 butir telur rebus ditambah sayuran seperti wortel atau brokoli plus buah dan susu rendah lemak. Baca juga : Manfaat makan telur untuk sarapan

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *