Mengetahui Kondisi kesehatan dari warna feses atau pup

kondisi kesehatan berdasarkan warna kotoranWarna dari pup sudah sejak lama diketahui menunjukkan kesehatan, adanya masalah kesehatan ringan, atau bahkan kemungkinan menunjukkan masalah kesehatan tertentu yang harus segera mendapatkan perawatan. Dengan mengenali warna feses Anda, maka Anda tak perlu lagi menjadi bingung lagi – karena warna feses ini bisa merupakan peringatan atau bukan. Anda bisa mempelajari membaca warna kotoran, sehingga mungkin bisa menghindari masalah kesehatan yang lebih parah, dan mengetahui apakah Anda perlu segera kedokter atau tidak.

Advertisement

Jika saluran pencernaan Anda tidak berfungsi dengan benar, maka warna pup sudah cukup banyak memberitahukan Anda tentang apa yang terjadi pada saluran pencernaan, dan menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, kesehatan yang baik, atau pada beberapa tempat tertentu.

Berikut adalah tanda-tanda kesehatan pribadi Anda yang bisa dilihat dari warna feses atau pup

# Mungkin normal, apabila :

Pup berwarna coklatan medium : Menunjukkan kesehatan yang normal, sistem pencernaan Anda sudah berjalan dengan lancar. Disarankan memastikan warna ini secara teratur setiap habis BAB setiap hari.
Hampir semua warna kecoklatan (warna yang disebabkan oleh empedu selama pencernaan) dan bahkan hijau (karena sayuran hijau) adalah dianggap normal. Warna BAB yang coklat sangat gelap bisa menunjukkan kondisi usus yang berpotensi serius karena perdarahan.
Warna hitam merah atau kusam : Memang terlihat mengkhawatirkan, tetapi tidak selalu buruk.
Hal ini bisa terkait dengan makanan atau obat-obatan. Nuansa warna merah mungkin berasal dari makanan yang berwarna merah, seperti buah bit dan saus tomat (makan banyak berbagai saus merah), BBQ, kecap, jus tomat (atau sup), gelatin merah atau paprika merah dalam jumlah cukup banyak.
Nuansa kehitaman bisa dilihat setelah makan kacang hitam, licorice hitam, blueberry, pil zat besi, atau karena menggunakan beberapa obat anti diare.

Lihat juga :  Cara Mengatasi Perut Gendut pada Wanita

Hijau . Nuansa warna hijau pada feses dianggap tidak biasa, tapi ini biasanya normal (termasuk diare yang terlihat hijau, terlepas dari warna bisa sangat serius, terjadi ketika makanan terlalu cepat melewati usus besar yang dapat menyebabkan warna hijau). Warna Hijau pada BAB  bisa dari pewarna hijau dalam makanan Dan, juga karena mengkonsumsi sayuran hijau, termasuk bayam, atau suplemen zat besi, serta obat-obatan tertentu.

# Harus segera mendapatkan perawatan dokter, jika :

Feses Berwarna hitam adalah tanda berbahaya, karena perdarahan (banyak darah yang tercerna). Hubungi dokter Anda segera untuk memeriksakan kemungkinan adanya perdarahan pada bagian atas saluran pencernaan,  usus, perut atau kerongkongan.
Warna yang sangat gelap bisa sama bahayanya, sebagai akibat dari suplemen zat besi, licorice hitam, sekantong kacang hitam.
Feses berwarna pucat : ini bisa menunjukkan adanya masalah pada hati atau pankreas, dan hubungi dokter Anda. Jika Anda melihat warna abu-abu, dan feses seperti tanah liat, tidak hanya mungkin adanya masalah hati, tapi juga bisa berarti pankreas Anda sedang meradang atau terinfeksi. Empedu diproduksi oleh hati, adalah yang membuat tinja berubah warna menjadi cokelat. Jika tidak memiliki cukup empedu, maka Anda akanmelihat nuansa pucat pada warna feses. Mungkin pembentukan batu empedu, infeksi, jaringan parut, mungkin juga karena oleh tumor atau kanker, di daerah hati, pankreas atau diempedu. Bisa juga karena pankreatitis, sirosis (pengerasan hati), atau hepatitis.
Feses berwarna terang, putih atau seperti warna tanah liat mungkin menunjukkan kurangnya empedu dalam tinja. Ini mungkin menunjukkan obstruksi saluran empedu. Efek samping obat tertentu, seperti halnya kelebihan minum obat anti-diare.

Perhatian: Jika secara signifikan pup berdarah merah, bersirat darah, seringkali disebabkan oleh perdarahan wasir internal atau eksternal. Feses berwarna marun / merah yang berarti ada darah yang tercerna, termasuk perdarahan internal lainnya didalam usus yang lebih rendah, seperti usus besar atau rektum – Hubungi dokter Anda.
BAB merah juga bisa karena pendarahan usus, termasuk diverticulitis, dinding usus pecah.

Lihat juga :  Tips Agar paru-paru sehat

# Perlu diagnosis dokter, jika :

BAB kuning, berminyak, berbau busuk. Kelebihan lemak dalam feses bisa disebabkan oleh gangguan malabsorpsi, misalnya penyakit celiac, yang melibatkan protein gluten, seperti yang terdapat dalam roti dan sereal. Periksa ke dokter untuk evaluasi kesehatan.  BAB kuning tidak biasa, dan mungkin merupakan gejala dari kondisi medis yang serius. Pup berwartna kuning bisa disebabkan oleh kondisi yang mengakibatkan produksi lipase pankreas berkurang, atau ada yang menghalangi perjalanannya ke usus.

Diare kuning dan infeksi jika Giardia. Adalah parasit yang biasa ditemukan dalam limbah dan air yang terkontaminasi, dapat menyebabkan diare kuning, demam, dan gejala seperti flu.  Jika feses berwarna kuning berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari atau menyebabkan Anda sakit, segera cari bantuan dokter.

# Bayi yang baru lahir, bayi dan balita

Bayi yang baru lahir dan bayi dengan feses berwarna hijau tua disebut mekonium yang normal, seperti karena :

  • ASI  sering membuat warna kuning kehijauan, atau hijau kecoklatan.
  • Bayi yang diberi susu formula sering dengan feses kekuningan, atau warna kecoklatan.
  • Jika berwarna hitam, sangat gelap, berdarah setelah beberapa hari pertama dari lahir adalah tidak normal, dan periksakan bayi ke dokter segera.

Perhatian!

Warna kotoran bisa merupakan pertanda awal bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, bukan sebagai diagnosis akhir dari sebuah penyakit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *