Mengapa kita Wajib atau harus makan sayuran?

Alasan Kenapa Sayuran penting bagi kesehatan KitaSayuran adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak dibicarakan, terutama dalam perbincangan kesehatan atau saran dokter. Karena sayuran adalah makanan padat gizi, rendah lemak, dan mendukung untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Advertisement

Ada banyak jenis sayuran, dan bisa digolongkan berdasarkan warnanya. Ada golongan sayur berdaun hijau(bayam, sawi, slada, brokoli, selada air), serta golongan sayuran yang berwarna lain misalnya merah dan oranye(wortel, terong ungu, lobak, paprika). Mereka umumnya menawarkan kelebihan gizinya sendiri-sendiri, dan semuanya sangat diperlukan untuk tubuh yang sehat. Baca juga : Inilah Makanan yang Membersihkan pencernaan Usus alami

Berikut ini beberapa alasan,Mengapa kita Wajib atau harus makan sayuran setiap hari:

Tinggi serat

Sayuran mengandung serat larut dalam jumlah yang tinggi, yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah, mencegah kolesterol tinggi, dan gula darah. Serat larut juga sangat penting untuk membantu pencernaan, sehingga akan mencegah kondisi seperti sembelit, wasir, diverticulitis, dan fisura.

Tinggi vitamin

Sayuran mengandung tinggi vitamin penting seperti vitamin C, E, A , dan asam folat, yang sangat diperlukan untuk kekebalan tubuh, detoksifikasi, dan kesehatan jantung. Selain itu, sayuranjuga mengandung vitamin K, merupakan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang normal dan pembekuan darah.

Tinggi antioksidan

Sayuran mengandung antioksidan, yang diperlukan untuk mencegah akibat dari dampak radikal bebas, seperti penuaan dini, mata kabur, kanker, sakit jantung, dan masalah pembuluh darah. Termasuk senyawa antioksidan adalah vitamin C dan  karotenoid (beta -karoten, lutein, dan zeaxanthin) .

Menurunkan resiko kanker

Sayuran bergizi oleh banyak penelitian juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pada orang yang mengkonsumsi banyak sayuran. Kemampuan antikanker Sayuran ini karena mereka mengandung banyak senyawa kimia yang dikenal dengan indole – 3 -carbinol dan sulphoraphane. Senyawa kimia ini telah dipelajari oleh para peneliti selama beberapa dekade terakhir, baik kultur sel, studi terhadap hewan, dan terhadap manusia. Penelitian secara kolektif menggambarkan bahwa senyawa kimia dalam sayuran ini ketika dicerna dalam jumlah banyak dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pay*dara, prostat, kolorektal, dan paru-paru.

Lihat juga :  Buah dan sayuran yang paling tinggi mengandung Vitamin C

Mencegah proses angiogenesis tumor

Alasan lain sayuran yang terkait dengan penurunan risiko kanker adalah terbukti meningkatkan detoksifikasi sel, perlindungan radikal bebas, dan sifat anti – inflamasi. Senyawa kimia yang ditemukan dalam sayuran juga dapat mencegah proses yang dikenal dengan nama angiogenesis, yaitu adanya pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor kanker. Proses ini akan menyebabkan tumor untuk tumbuh dan berkembang, dan akan memungkinkan sel tumor untuk menyebar ke jaringan lain. Penyebaran sel kanker sangat meningkatkan morbiditas dan mortalitas untuk penyakit ini .

Sayuran sudah jelas harus dimasukkan kedalam diet yang sehat. Sayuran juga dapat dimakan mentah, direbus, maupun dikukus. untuk meningkatkan kesehatan, cobalah untuk mengkonsumsi 2-3 porsi sayuran setiap hari.

Jadi, banyak sekali nutrisi penting bagi kesehatan dan fungsi tubuh yang tak kita dapatkan dari makanan non sayur seperti daging, ikan, dll. Namun bukan berarti kita harus mengkonsumsi sayuran saja, karena daging dan ikan juga perlu untuk kita konsumsi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *