Mencegah batu ginjal dengan minum air kelapa

air kelapaAir kelapa adalah minuman yang dibuat oleh alam dan memiliki banyak keajaiban bagi kesehatan. Saya yakin jika masyarakat yang tinggal didaerah tropis seperti Indonesia ini banyak yang menggemari minum air kelapa muda, yang bisa ditandai dengan banyaknya kedai yang menyediakan minuman elektrolit alamiah ini. Jika Anda adalah salah satu orang diantaranya, maka apa yang Anda pilih tersebut adalah sudah benar. Air kelapa adalah pelepas dahaga yang baik dan dengan cepat menghidrasi tubuh seketika diminum, karena kaya akan kandungan elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Advertisement

Namun tahukah Anda bahwa air kelapa bisa mencegah terjadinya batu ginjal?..

Batu ginjal adalah masalah kesehatan yang paling umum menimpa para pria, yang terbentuk dari mineral dan garam asam, menyumbat saluran kemih, dan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan. Batu mineral ini terbentuk dari endapan kecil yang lama-lama bisa bertambah besar. Jika masih kecil, batu ginjal masih bisa dibantu dikeluarkan melalui urin Anda dengan beberapa pengobatan dan minum banyak air. Namun, jika sudah menjadi besar, batu ginjal umumnya hanya bisa dikeluarkan melalui jalan operasi. Dengan demikian, sebaiknya kita mencegah, jangan sampai mendapatkan batu ginjal, yang masih kecil apalagi yang sudah membesar. Nah, untuk mencegah risiko batu ginjal, penting bagi kita untuk selalu terhidrasi dan minum air setidaknya 8 -10 gelas air setiap hari, seperti yang banyak direkomendasikan – atau jangan sampai membiarkan diri Anda seringkali mengalami dehidrasi. Makanan yang berkalori tinggi, makanan tinggi oksalat, terlalu banyak vitamin C juga bisa menyebabkan batu ginjal. Jadi, berhati-hatilah serta jaga kesehatan tubuh Anda baik-baik.

Air kelapa juga baik untuk Balita. Jadi jangan lewatkan membaca : Manfaat Air kelapa untuk bayi dan balita

Lihat juga :  Manfaat Terapi Pijat Untuk Pasien Diabetes

Air kelapa juga bisa menjadi salah satu yang sangat baik dalam diet Anda, jika Anda ingin terbebas dari resiko batu ginjal yang menyakitkan. Hal ini karena cairan dari buah tanaman pesisir ini memiliki sifat diuretik kuat, sehingga meningkatkan produksi urin yang membantu mengeluarkan zat kalsium, fosfat dan asam urat yang berlebihan dari ginjal.

Bahkan orang-orang yang sudah mempunyai batu ginjal disarankan banyak minum air kelapa, karena akan membantu melarutkan batu ginjal sehingga lebih mudah melewati saluran kencing bersama urin.

Baca juga : 10 Cara untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Berolahraga/ aktifitas fisk, atau dalam perjalanan jarak jauh yang banyak berada di bawah sinar matahari, seringkali membuat banyak  berkeringat dan kehilangan beberapa mineral dari dalam tubuh. Jika tidak terhidrasi dengan baik, maka hal ini bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Air kelapa mengandung mineral seperti kalium, magnesium, mangan, kalium dan 90% cairan, sehingga merupakan pilihan yang sangat baik bagi untuk rehidrasi cepat.

Jadi jangan ragu untuk berhenti diperjalanan hanya sekedar untuk melepas dahaga dengan memesan minuman air kelapa alami, daripada memilih minuman soda yang sebaliknya bisa merugikan kesehatan. Tapi sebaiknya Anda hanya mengambil air kelapa murni tanpa tambahan gula.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *