Manfaat Zinc bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Zinc bagi kesehatan tubuhZinc adalah salah satu mineral penting yang paling banyak ditemukan dalam tubuh kita. Secara alami mineral ini ditemukan pada beberapa makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan. Tubuh kita memiliki sekitar 2 – 3g zinc atau sekitar 60 % pada otot, dan 30 % dalam tulang. Jadi, dengan kata lain, zinc sangat berperan penting supaya tubuh kita bisa berdiri dengan tegak. Sisanya yang 10 %, seng atau zinc ditemukan pada gigi, rambut, kuku, kulit, hati, leukosit (sel darah putih), prostat, semen, dan lain-lain.

Advertisement

Beberapa fungsi dari Zinc dalam tubuh

Fungsi enzim dan pembentukan

Seng digunakan oleh lebih dari 100 enzim yang berbeda dalam tubuh kita, dimana yang ikut serta dalam proses kimiawi dalam membangun apapun yang dibutuhkan tubuh atau mencegah hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan. Berikut adalah beberapa contohnya :

Fungsi tiroid – Zinc digunakan untuk membuat hormon TRH, atau hormon yang berperan memberi sinyal pada tiroid untuk membuat hormon tiroid. Hal ini dengan cara mengubah protein dari makanan yang kita makan menjadi asam amino, termasuk tirosin yang menguatkan produksi hormon tiroid. Pada akhirnya zinc ikut serta dalam pembuatan T3 bentuk aktif yang digunakan dalam otot.
Pembentukan tulang – Zinc digunakan oleh enzim untuk memproduksi kolagen dan alkali fosfatase (ALP), yaitu zat yang sangat penting untuk pembentukan tulang. Hal ini juga digunakan untuk memproduksi kalsitonin, atau hormon yang berfungsi untuk menghambat kerusakan tulang.
30 % zinc yang ditemukan dalam sel berada dalam nukleus. Hal ini wajar karena mineral ini sangat berperan dengan DNA dan replikasi sel dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zinc sangat penting bagi fungsi kekebalan tubuh

Zinc sangat penting sebagai garis pertama pertahanan dalam tubuh kita. Baris pertama ini diwakili oleh pencegahan penyakit secara fisik, seperti kulit dan lapisan selaput lendir di dalam tubuh. Zinc ditemukan dalam sekresi lendir pada sistem pernapasan kita, dan juga pada permukaan paru-paru dan tenggorokan.Hal ini memiliki efek antimikroba, sehingga membantu untuk mematikan bakteri dan virus sebelum sempat menginfeksi. Zinc juga disekresikan dalam air liur dan selaput lendir dari sistem pencernaan untuk mematikan bakteri yang ikut tertelan bersama makanan.

Lihat juga :  Manfaat Mineral bagi tubuh

Tidak hanya bermanfaat mendukung pertahanan dari kekebalan tubuh, zinc juga mendukung produksi sel darah putih dan mengaktifkan sel  B dan T yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

Zinc merupakan antioksidan

Zinc juga bermanfaat untuk melindungi membran sel kita dari kerusakan akibat dampak radikal bebas yang bisa disebabkan oleh logam berat dalam tubuh, seperti besi atau tembaga. Zinc juga merupakan bagian penting dari antioksidan dalam tubuh yang disebut dengan superoksida dismutase, yang perlukan oleh organ hati untuk mengikat racun yang akan dibuang dari tubuh.
Tanda-tanda umum kekurangan zinc

  • stretch mark
  • jerawat
  • Bintik-bintik putih pada kuku
  • Gangguan pertumbuhan  – terutama pada anak-anak. Baca juga : Pentingnya zinc bagi pertumbuhan anak-anak
  • rambut rontok
  • anorexia
  • Penyembuhan luka yang lama
  • Diare kronis dan parah
  • kekebalan tubuh rendah
  • Penglihatan malam rendah
  • kulit kering

Penyebab kekurangan zinc

  • Pitates yang ditemukan dalam makanan seperti gandum, padi, jagung dan kacang-kacangan, bisa mengurangi penyerapan zinc. Hal ini artinya vegetarian dan vegan ketat beresiko mengalami kekurangan zinc, karena makanan ini seringkali sangat tinggi dalam diet mereka .
  • Penyerapan zinc bisa terganggu oleh zat besi, tembaga dan kalsium
  • Pil kontrasepsi
  • Kehilangan banyak keringat – biasanya olahragawan dan pekerja berat
  • Diare – orang dengan diare persisten – termasuk orang dengan penyakit radang usus, serta gangguan pencernaan dengan gangguan penyerapan .
  • Penyakit diabetes, liver, atau penyakit ginjal
  • Asupan klafein dan asupan alk*hol berlebihan
  • Antasida dan antibiotik
  • Stres

Pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan Zinc

  • Serum Zinc – Mengukur zinc dalam darah
  • Uji rambut  – Zinc adalah salah satu mineral yang bisa diuji melalui rambut
  • Uji rasa pada mulut  – uji ini sering dilakukan di apotek.

Makanan yang tinggi Zinc

  • Protein hewani seperti ayam, domba, sapi, dan telur
  • Ikan dan seafood terutama tiram
  • Sumber nabati termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ragi, jamur, kacang hijau, biji  labu
  • kuning atau wijen, sayuran berdaun hijau, dan alpukat.
  • Sayuran laut seperti rumput laut dan spirulina
Lihat juga :  Manfaat Vitamin E terhadap pertumbuhan anak

Manfaat penting zinc bagi kesehatan

Kesehatan mata

Zinc juga dibutuhkan oleh hati untuk mensintesis vitamin A, yang sangat penting bagi penglihatan yang baik. Hal ini juga merupakan bagian dari mekanisme untuk mengangkut vitamin A dalam darah ke daerah mata .

Kulit yang sehat

Zinc memiliki sifat antioksidan yang memberikan perlindungan kulit dari UV. Penting dalam memproduksi kolagen untuk penyembuhan luka dan mencegah kondisi kulit kering dan alergi. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengobatan jerawat karena peran pentingya dalam mengatur kelenjar minyak dan anti inflamasi di kulit. Remaja laki-laki membutuhkan banyak zinc untuk pertumbuhan dan perkembangan sek*ual.

Kesehatan dan kesuburan Pria

Tiram dikenal sebagai afrodisiak yang sehat, hal ini mungkin karena kandungan zincnya yang tinggi. Karena seng terbukti disimpan didalam prostat, test is dan sp*rma, maka seharusnya juga bermanfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen zinc bisa meningkatkan jumlah sp*rma, motilitas dan morfologi.

Meneral seng ini juga membantu mengurangi kemungkinan pembesaran prostat. Hal ini terutama penting bagi pria di atas usia 50, karena mereka lebih berisiko dengan BHP (benign prostatic hyperplasia).

Suasana hati dan kesehatan otak

Zinc juga ditemukan di otak,  dan telah terbukti mengurangi kerusakan akibat oksidatif. Kerusakan ini terkait dengan perkembangan beberapa penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Seng juga memiliki efek menenangkan pada otak, sehingga jika kekurangan dapat menyebabkan agitasi dan penurunan mood. Rendahnya tingkat zinc juga ditemukan pada orang yang mengalami depresi berat , dan ada dugaan hubungan antara seng dan penyerapan serotonin di otak. Ada juga penelitian yang menunjukkan manfaat zinc bagi anak-anak dengan autisme dan ADHD. Ada juga hubungan antara seng yang rendah dan depresi setelah melahirkan .

Kekebalan tubuh

Zinc adalah salah satu nutrisi untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sehingga membantu mencegah penyakit.

Terlalu banyak mengkonsumsi zinc juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan, yang bisa menimbulkan keracunan, seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kram perut, diare, dan sakit kepala. Pastikan untuk mendapatkan uji diri di apotik atau kedokter sebelum menambahkan suplemen zinc.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *