Manfaat Zat besi Bagi kulit, Rambut dan Kesehatan

Manfaat zat besi bagi tubuhZat Besi adalah nutrisi yang paling penting dibutuhkan bagi kegiatan tubuh kita setiap hari,  termasuk untuk melaksanakan fungsi dasar tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi ini juga digunakan untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbon dioksida. Mineral ini juga membutuhkan kalsium dan tembaga dalam jumlah yang cukup untuk melaksanakan fungsi yang tepat, sedangkan asam askorbat(vitamin C) membantu tubuh untuk meningkatkan penyerapannya.

Advertisement

Makanan Sumber zat besi

Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti ikan, daging, kacang-kacangan, lentil, kacang kedelai, sereal, roti, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, bayam, lobak, kubis, brokoli, dan buah-buahan kering. Sayuran berdaun hijau yang paling terkenal mengandung zat besi tinggi adalah bayam.

Berikut 12 top Manfaat zat Besi bagi kulit, rambut, dan terutama kesehatan

1 . Pembentukan Hemoglobin :

Membentuk hemoglobin adalah fungsi zat besi yang paling penting. Hemoglobin adalah unsur yang paling penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan yang memberikan warna merah gelap pada darah. Dengan demikian, hemoglobin sering disebut juga dengan sel darah merah.

[ Baca juga: Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Hemoglobin ]

2 . Pembawa Oksigen:

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mineral ini bertindak sebagai pembawa oksigen yang membantu untuk mentransfer oksigen dari satu sel tubuh yang lain. Ini juga merupakan fungsi yang paling penting dari zat besi, karena oksigen dibutuhkan oleh masing-masing dan setiap bagian tubuh untuk melakukan fungsi rutin sehari-hari.

3 . Fungsi otot :

Asupan zat besi secara umum juga digunakan untuk kesehatan otot. Hal ini ditemukan didalam mioglobin (protein otot), yang membawa oksigen dari hemoglobin dan mengeluarkan dari seluruh sel-sel otot, dan juga diperlukan untuk kontraksi otot .

Lihat juga :  Takanan Darah yang normal pada Wanita

4 . Fungsi otak :

Sekitar 20 %  oksigen dalam aliran darah kita digunakan oleh otak. Zat besi membantu untuk memasok oksigen untuk memproduksi darah, yang sangat penting untuk kesehatan otak.

5 . Anemia :

Anemia adalah contoh umum dari kekurangan mineral zat besi. Zat besi yang cukupakan membantu mencegah anemia selama hidup seseorang. Penyakit ini bisa menunjukkan gejala seperti kelelahan, kelemahan tubuh, sakit kepala, dan terlalu peka terhadap suhu dingin.

6 . Penyakit kronis :

Anemia Gagal ginjal dan anemia predialysis juga bisa disembuhkan dengan asupan zat besi yang tepat.

7 . Pramenstruasi :

Zat besi yang cukup bisa mengurangi gejala-gejala pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi, dll. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan suasana hati selama pramenstruasi, seperti lekas marah dan emosional.

8 . Kesehatan pria:

Pria harus mendapatkan zat besi dari sumber makanan saja, dan bukan dari suplemen zat besi. Hal ini karena tubuh Pria bisa menyerap zat besi lebih efisien dari sumber alami. Padahal, wanita sangat mudah kehilangan zat besi dari kehilangan darah yang dialami melalui menstruasi.

9 . rambut :

Zat Besi adalah nutrisi yang berperan penting dalam oksigenasi akar rambut. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut menjadi kusam, tipis, kering dan rontok.

10 . kehamilan :

Bagi kehamilan, mineral ini sangat penting karena diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, serta pembawa oksigen dalam darah pada ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk pertumbuhan janin yang baik, yaitu yang direkomendasikan adalah 27 miligram zat besi per hari. Suplemen zat besi juga bisa memberikan hasil yang baik jika dikonsumsi bersama dengan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, jeruk, jus tomat.

Lihat juga :  Jenis-jenis mineral dalam makanan dan kegunaannya bagi tubuh

11 . Kesehatan Kulit dan kuku :

Zat besi juga merupakan unsur yang berguna untuk memfungsikan antioksidan, dan juga membantu untuk mengaktifkan vitamin dalam kelompok B kompleks. Hal ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit. Kekurangan nutrisi ini juga dapat menyebabkan kelelahan, wajah pucat, kulit kering dan ujung rambut pecah-pecah. Juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, sehingga sangat mudah mengalami kerusakan.

12 . Menurunkan berat badan :

Karena besi membantu sel darah merah untuk membawa oksigen dalam tubuh agar berfungsi dengan baik, maka sangat sulit untuk memiliki energi saat berolahraga jika kekurangan unsur ini. Tentu saja akibatnya Anda akan dengan mudah merasa lelah dan lelah sepanjang waktu. Latihan yang menggunakan banyak energi bisa menyebabkan penurunan berat badan, namun Anda juga harus mendapat cukup zat besi agar tetap semangat. Pada akhirnya senyawa ini adalah salah satu mineral yang paling penting, yang juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan .

Catatan penting :

  • Hindari kelebihan mineral ini, karena juga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.
  • Kekurangan zat besi dapat menyebabkan sesak napas, kelemahan, kelelahan, infeksi, jantung berdebar.
  • Wanita hamil harus mendapat asupan yang baik dalam dietnya.
  • Sebaiknya hanya diperoleh dari sumber alami, atau dari makanan yang mengandung mineral ini.
  • Berolahraga mempercepat hilangnya zat besi dari dalam tubuh
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *