Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

Manfaat yoghurtDiperkirakan bahwa yoghurt sudah menjadi bagian dari makanan orang di Timur Tengah pada awal tahun 2000 SM, dan dikatakan sebagai makanan yang baik bagi tubuh kita. Tapi produk susu yang dulunya sederhana ini sekarang telah berubah, ada yoghurt dengan rasa buah, ada yang diklaim bebas lemak, sementara itu yang lain mengatakan produknya rendah kalori rendah atau tanpa gula tambahan. Beberapa produsen juga menambahkan vitamin, omega 3 dan probiotik untuk lebih meningkatkan manfaat kesehatannya. Lalu bagaimana cara kita memilih mana yang terbaik untuk kita?

Advertisement

Yoghurt, adalah makanan yang enak dan sehat
Yogurt adalah makanan sehat yang dibuat dengan menambahkan kuman baik pada susu yang dipasteurisasi. Bakteri secara alami mengurai gula susu untuk membuatnya asam laktat, yang menyebabkan yoghurt menjadi tebal dengan tekstur lembutnya yang khas dan dengan rasa yang tajam. Beberapa yoghurt dipanaskan untuk meningkatkan umur simpannya, yang bisa mematikan kuman dan unsur  yang menyehatkan. Istilah strain hidup atau aktif, digunakan untuk menggambarkan kuman yang ditambahkan kedalam yoghurt, supaya konsumen tahu kegunaan kuman yang hidup dan fungsinya. Untuk menjaga supaya kuman tetap hidup, yoghurt harus didinginkan dan harus dimakan segera setelah bungkusnya dibuka.

Bahan tambahan makanan :

Yoghurt yang dengan beraneka rasa sering mengandung bahan-bahan tambahan, seperti gula dan buah, dan mungkin juga mengandung zat pewarna buatan sebagai pengawet dan pemanis (alami atau buatan), untuk menambah rasa. Pengental atau penstabil seperti gelatin biasanya ditambahkan agar teksturnya lebih tebal dan meningkatkan umur simpan. Meskipun tidak membahayakan, pengental dan stabilisator yang digunakan bisa diganti dengan bahan dasar yang lebih bergizi seperti susu bubuk, yang juga bisa mengentalkan yogurt dan meningkatkan kehidupan kuman ditempat penyimpanan.

Beberapa manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh kita

Kalsium tinggi

Yogurt mengandung kalsium tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko kanker usus besar. Kalsium yang ditemukan pada yogurt juga diserap oleh tulang, sehingga yogurt pilihan yang sangat baik untuk membantu mencegah osteoporosis.

Lihat juga :  Manfaat rutin Makan Tahu danTempe bagi Kesehatan

Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat penting bagi orang yang mengalami kesulitan mencerna laktosa (gula) dalam susu, karena yogurt mengandung laktase – enzim yang kita butuhkan untuk memecah laktosa untuk pencernaan yang tepat.

Mengandung kuman baik yang menguntungkan

Mengkonsumsi yoghurt bisa membantu pencernaan, tapi untuk yang ditambahkan kuman baik hidup, dan juga harus makan setiap hari. Hal ini karena hanya sedikit kuman baik yang bisa menahan keasaman dalam perut dan bisa mencapai usus. Selain itu, kuman juga akan melewati sistem pencernaan Anda dalam satu atau dua hari, sehingga untuk memastikan kuman bisa mencapai kedalam usus Anda setiap saat, maka Anda harus mengkonsumsi yogurt setiap hari. Kuman baik disebut juga dengan probiotik, baca juga : Apakah Probiotik dan Manfaatnya bagi kesehatan?

Nutrisi

Yoghurt kaya akan protein, vitamin B, dan mineral penting, dan rendah karbohidrat. Yoghurt juga rendah lemak jika yang terbuat dari non-fat atau susu rendah lemak.

Untuk membuat yoghurt lebih menyehatkan bagi konsumen, beberapa produsen juga menambahkan nutrisi tertentu yang seringkali kekurangan dalam makanan kita. Bacalah tabel gizi untuk mengetahuinya.

Asam folat : Kekurangan salah satu dari anggota vitamin B kompleks ini dikaitkan dengan cacat bawaan pada bayi. Asam folat yang ditambahkan secara sintetis pada yoghurt bisa diserap hampir dua kali lipat dari yang didapatkan secara alami, yang membuatnya menjadi makanan yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan menyusui. Rendahnya asupan asam folat juga dikaitkan dengan penyakit jantung koroner dan stroke. Baca juga Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

Vitamin D : Beberapa yogurt mengandung vitamin D, yang berguna untuk membantu tubuh menyerap dan menggunakan kalsium. Vitamin D sangat penting terlebih bagi orang yang berusia lebih dari 50 tahun, yaitu yang membutuhkan dua kali jumlah asupan dari orang yang berusia di bawahnya.

Lihat juga :  Manfaat minum jus Wortel bagi Kesehatan

Omega 3 : Karena tubuh kita tidak bisa mensintesis asam lemak esensial ini, maka kita harus mendapatkannya melalui makanan. Omega 3 berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan normal otak, mata dan sistem saraf kita, sekaligus juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, masalah peradangan dan depresi.

Jenis yogurt

Dessert : beberapa yoghurt rasa manis masih mengandung kalsium, protein dan vitamin. Tapi seperti makanan penutup, biasanya masih memiliki kalori dan lemak ekstra dibandingkan dengan yang tidak manis.

Minuman jus : Jus atau buah yang ditambahkan supaya lebih cair bisa mengurangi konsentrasi kalsium dan protein. Carilah produk yang dibuat dengan susu skim dan yang mengandung buah daripada gula.

Kemasan botol kecil : Anak-anak umumnya lebih suka yogurt yang dikemas dalam wadah tabung tanpa sendok. Ukurannya yang kecil  (sekitar 60 gram perbotol), sehingga masih harus ditambah dengan produk susu lain untuk makan siang untuk memastikan mereka makan makanan yang kaya kalsium.

Cerdas memilih

Hindari yoghurt yang mengandung lebih dari satu kalori per gram. Jika Anda mencoba mengurangi Anda asupan kalori, pilihlah yoghurt tanpa lemak.

Lemak : Beberapa yoghurt bebas lemak, sementara yang lain memiliki lemak hampir sama banyaknya seperti es krim. Pilih yogurt yang mengandung kurang dari dua gram lemak per 100 gram. Kecuali jika Anda membeli yoghurt untuk anak berusia dibawah dua tahun, yang masih membutuhkan lebih banyak energi daripada orang dewasa, dan tidak perlu makan-makanan dengan rendah lemak.

Gula : Carilah produk dengan kandungan gula kurang dari 16 gram per porsi 100 gram, yang tercantum pada label sebagai gula tambahan (fruktosa, glukosa atau sukrosa) dan gula alami dari buah yang ditambahkan, serta gula alami yang ditemukan dalam susu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *