Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

manfaat yoga bagi kesehatanYoga dianggap sebagai langkah pertama dalam spiritualitas umat Hindu. Kata yoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ” serikat ” atau “bersatu” dengan alam atau Sang Pencipta. Menurut Maharsi Patanjali, Bapak dari yoga, itu adalah cara untuk mengontrol bentuk keduniawian yang berkaitan dengan materi dalam jiwa manusia. Yoga dimaksudkan untuk membawa perdamaian dan keseimbangan dalam batin, agar bisa terlepas dari segala bentukkeduniawian. Yoga adalah kegiatan yang melibatkan pikiran dan tubuh dan digunakan untuk mencapai peningkatan kesehatan dan relaksasi.

Advertisement

Penelitian yang saat ini sedang dilakukan bertujuan untuk menganalisis beberapa pose yoga, Pranayama (teknik pernapasan) dan meditasi bagi kesehatan.

Patanjali menggambarkan yoga sebagai  ‘Ashtaangas’ atau memiliki delapan cabang.

  1. Cabang pertama adalah atau anga, adalah tentang etika dan moralitas. Praktisi harus melakukan rutinitas sehari-harinya dengan cara yang paling etis.
  2. Cabang Kedua adalah tentang ketaatan. Praktisi harus membuat tubuh dan pikirannya agar tidak tercemar setelah pemurnian. Pada bagian ini sebagian besar adalah tentang pengaruh duniawi dalam pikiran dan tubuh manusia .
  3. Setelah mengetahui kedua langkah, langkah ketiganya adalah tentang “asana ” atau postur fisik. Asana ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan ketahanan terhadap berbagai penyakit, sehingga bisa memberdayakan tubuh, pikiran , dan jiwa.
  4. Pranayama, dalah cabang keempat, yang dianggap sebagai langkah yang paling penting dalam yoga. “Prana”  adalah kekuatan hidup dan ‘” Ayama ” adalah ekstensi. Pranayama berarti ” memperpanjang napas “. Orang bijak zaman kuno menemukan bahwa pernapasan berosilasi atau memiliki pengaruh yang baik pada pikiran .
  5. Cabang yoga kelima disebut pratyahara, yang merupakan proses penarikan indera. Organ sensorik kita dipengaruhi oleh dunia di sekitar kita, yang dapat menyebabkan penderitaan dan rasa sakit.
  6. Konsentrasi, atau Dharna adalah cabang keenam,  dan merupakan salah satu langkah yang paling sulit. Ahli dan guru Yoga menunjukkan, berkonsentrasi pada pernapasan dapat membantu bisa fokus kepada satu arah.
  7. Meditasi, adalah cabang yoga  ketujuh, bisa berbeda dari konsentrasi. Dalam berkonsentrasi, kita harus fokus pada sesuatu, sedangkan dalam meditasi, fokus tidak tertuju pada objek atau pikiran apapun.
  8. Cabang kedelapan dan yang terakhir adalah Samadhi atau Semedi. Praktisi akan memasuki keadaan ketenangan,  di mana ia seperti  berada dalam tidur nyenyak, tetapi sebenarnya ia benar-benar masih terjaga dan sadar. Hal inilah yang diyakini bahwa ia telah bersatu dengan alam atau sang pencipta.

Menurut Patanjali, fisik yoga memfasilitasi meditasi dan kesempurnaan spiritual yang lebih kompleks. Hal ini diyakini bahwa praktisi yoga sejati bisa menghilangkan keadaan tidak bijak yang ada dalam pikiran mereka.

Menurutn National Health Interview Survey in 2007, yoga adalah salah satu praktek pelengkap kesehatan teratas yang dilakukan di Amerika Serikat.

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

Berlatih yoga setiap hari dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan. Yoga tidak hanya membantu mengendalikan penyakit,  tetapi juga berperan penting untuk mencapai relaksasi dan kebugaran fisik. Berikut ini diantara manfaatnya:

Menghilangkan Depresi dan Stres :

Postur atau gerakan yoga tertentu untuk  menghilangkan stres dari tubuh dan pikiran. Postur yoga seperti postur anak, postur membungkuk ke depan, kaki ke dinding, postur kucing, dan menyangga kepala dianggap baik untuk menghilangkan depresi dan stres. Pengujian telah menunjukkan umpan balik yang positif yoga pada depresi dan stres, karena peserta dilaporkan mengalami penurunan tingkat depresi yang tajam.

Lihat juga :  Kondisi kesehatan akibat Kurang minum/Cairan

Mengendalikan Hipertensi :

Yoga dan teknik relaksasi yoga memiliki efek positif pada tekanan darah. Latihan yang teratur pada postur seperti Shavasana, padmasana dan padmasana Baddha, bersama dengan teknik pranayama seperti chandravedi dan sheetali, membantu mengurangi tekanan darah. Postur ini menjaga tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. Sebuah studi tentang manfaat yoga dalam mengontrol tekanan darah menunjukkan hasil yang lebih positif, dibandingkan dengan pengobatan plasebo.

Yoga untuk Jantung Sehat :

Yoga dan perubahan gaya hidup bisa membantu menjaga jantung dan tubuh yang sehat. Pose Ujjayi pranayama dan pranayama bhramari bermanfaat bagi jantung. Pose lain seperti vajrasana, janushirasana, padahastasana dan padmasana Baddha, bersama dengan teknik pranayama seperti sarala pranayama dan chandra bhedi pranayama dapat dilakukan untuk tubuh yang sehat . Sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang dengan penyakit arteri koroner menunjukkan bahwa dengan memasukkan yoga kedalam rutinitas normal mereka, serta perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat, kejadian penyakit arteri koroner berkurang drastis.

Mengendalikan diabetes :

latihan yoga teratur juga dapat membantu mengendalikan diabetes. Beberapa pose yang dapat membantu mengendalikan diabetes termasuk Pavanamuktasana, ardhamatsyendrasana, gomukhasana, koormasana, Bhujangasana, Dhanurasana, dan mayurasana. Terlepas dari pose, latihan pranayama seperti suryabhedi, ujjayi dan bhastrika juga telah diresepkan untuk diabetes. Tes pada pasien diabetes menunjukkan hasil yang positif pada sebagian besar orang yang telah menjalani semacam pelatihan yoga.

Meredakan nyeri:

Yoga juga menguntungkan bagi individu dengan nyeri punggung bawah. Beberapa pose yoga seperti pose gunung, pose merpati, pose dinding dan papan, dan pose tubuh anak bisa membantu pengurangan rasa sakit punggung bawah.

Gangguan Perut :

Masalah lambung juga dapat dikurangi dengan berlatih yoga. Pose Asana tertentu atau pose seperti Pavanamuktasana, padahastasana, dan padangusthasana membantu mengendalikan masalah lambung, otot perut, meningkatkan cairan lambung, dan meningkatkan pencernaan. Pose ini adalah pose membungkuk ke depan –  di mana kita harus menyentuh kaki tanpa menekuk lutut dan membawanya ke depan sampai batas telapak tangan harus berada di bawah kaki dengan mudah. Hal ini dapat membantu untuk berbagai masalah pencernaan.

Osteoarthritis:

Yoga juga baik untuk mengontrol nyeri muskuloskeletal, terutama osteoarthritis. Kemanjuran yoga pada osteoarthritis telah dipelajari pada orang yang menderita osteoarthritis di tangan. Dan hasil pengujian menunjukkan bahwa berlatih yoga efektif membantu osteoarthritis tangan.

Asma dan Bronchitis :

Pranayama, atau latihan yoga pernapasan baik untuk penderita asma. Pose yoga lain seperti memutar setengah kebelakang dan pose membuang angin digabung dengan teknik pernapasan lubang hidung bisa sebagai obat untuk asma dan bronkitis.

Lihat juga :  Takanan Darah yang normal pada Wanita

Yoga untuk menurunkan berat badan :

Surya Namaskara dianggap baik untuk membantu menurunkan berat badan. Hasthasana dan Trikonasana juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Meringankan kondisi Carpal Tunnel Syndrome :

Carpal tunnel syndrome adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Kondisi ini menyebabkan kelemahan, mati rasa, kesemutan dan juga dapat menyebabkan kerusakan otot di tangan atau jari. Yoga dapat mengurangi efek carpal tunnel syndrome secara signifikan.

Meningkatkan Fleksibilitas sendi dan otot :

Pose yoga tertentu dapat berpengaruh positif untuk titik sendi dan titik stres tubuh. Yoga bisa meningkatkan pelumasan sendi, ligamen, dan tendon, sehingga membuatnya menjadi fleksibel dan fungsional.

Detoksifikasi :

Yoga memastikan peregangan otot dan sendi menjadi lembut, dengan berbagai latihan komprehensif pada organ internal, yang pada akhirnya akan meningkatkan suplai darah menjadi optimal. Aliran darah yang sehat sangat penting untuk mengeluarkan racun dan menutrisi setiap sel dalam tubuh. Yoga bisa menghambat laju penuaan dan menjamin vitalitas tubuh.

Manfaat Surya Namaskara :

Surya Namaskara yang juga dikenal dengan salam matahari, adalah serangkaian dari 6 latihan yoga yang terdiri dari gerakan cepat. Ini adalah teknik yang efektif untuk menguatkan otot, mempercepat dan mengintensifkan respirasi dan irama jantung. Pada saat yang sama akan menjauh tubuh dari asam laktat pada otot, penyebab kelelahan dan rasa nyeri.  Hal ini juga akan memfasilitasi pasokan oksigen yang optimal ke paru-paru dan seluruh tubuh. Latihan teratur teknik ini akan memperkuat dan fleksibelitas otot-otot sekitar leher, bahu, lengan, pergelangan tangan, paha, betis, dan pergelangan kaki. Juga meningkatkan kapasitas paru-paru, stamina dan pengembangan jantung. Surya Namaskara akan mengontrol penyakit seperti hipertensi, palpitasi, sakit punggung, insomnia, peningkatan memori, dan kompresi di daerah perut. Hal ini juga membantu meringankan sembelit, dispepsia, dan masalah kelenjar tiroid.

Latihan Yoga Mudah : Latihan Yoga sangat sederhana sederhana dan ideal untuk setiap kelompok usia, karena hanya melibatkan gerakan yang lambat dan statis. Risiko sangat kecil terhadap cedera otot dan merupakan kegiatan yang membutuhkan kalori rendah, di mana karena latihan utama meliputi teknik pernapasan.

Beberapa hal yang perlu diingat

  • Yoga harus dipelajari dan berada di bawah bimbingan instruktur yang ahli. Meskipun yoga bisa dipraktekkan oleh semua orang, pastikan untuk mendapatkan nasehat dari dokter Anda apabila Anda menderita penyakit jantung atau kondisi medis akut lain yang menuntut kehati-hatian.
  • Jangan berlatih yoga setelah mengkonsumsi minuman ber alk*hol atau merubah obat .
  • Tidak isarankan untuk melakukan yoga di bawah sinar matahari langsung. Pilih lokasi yang nyaman, baik di luar atau di dalam ruangan.
  • Cobalah berkonsentrasi pada setiap pose dan tidak terganggu oleh orang lain di dalam ruangan atau di sekitar Anda.
  • Lanjutkan secara perlahan dan terus dengan mengikuti petunjuk tepat.
  • Jangan terlalu tegang dan istirahat diantara setiap sesi praktek.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *