Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Manfaat minum jus wortel bagi kesehatanIbu yang hamil tentu akan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk pertumbuhan janin dan bagi kesehatan ibu itu sendiri. Semua jenis ayuran pada umumnya adalah sumber nutrisi yang tinggi, namun setiap warna memiliki keunggulan nutrisi sendiri-sendiri. Wortel dalam hal ini, adalah termasuk sayuran yang berwarna, dan termasuk labu kuning banyak mengandung senyawa yang disebut dengan beta-karoten. Apakah betakaroten? betakaroten adalah provitamin A, yang akan diubah oleh tubuh untuk menjadi vitamin A. Ada banyak manfaat Wortel jika dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama untuk memenuhi kebutuhan vitamin A untuk perkemabangan penglihatan yang baik bagi janin dan si ibu itu sendiri.

Advertisement

Selain memberikan tubuh akan kebutuhan Vitamin A, wortel juga memiliki  manfaat lain :

Vitamin C

Ada beberapa manfaat wortel yang lain selama kehamilan; selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, juga akan memberikan vitamin C yang sangat baik untuk produksi kolagen dalam kulit dan tulang.  Vitamin C juga merupakan zat antioksidan, yang baik bagi  wanita yang hamil untuk menghilangkan radikal bebas dan memberikan kekebalan tubuh yang baik.

Kalium

Wortel juga menyediakan Anda dengan banyak kalium, yaitu elektrolit yang sangat bagus untuk  denyut jantung yang normal dan peningkatan aliran darah ke otak. Kalium juga membantu jaringan saraf dan mencegah kram otot. Ketika tubuh kekurangan kalium, maka tubuh bisa mengalami kolesterol tinggi, berjerawat dan kejang otot. Kalium juga berguna untuk mengatur kadar natrium dalam darah. Mengingat pada saat hamil wanita lebih banyak memiliki darah, maka akan membutuhkan lebih banyak kalium untuk menyeimbangakan unsur-unsur mineral lainnya di dalam darah termasuk natrium. Wortel juga rendah lemak, oleh karena itu sangat cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan. Ini termasuk wanita yang kelebihan berat badan saat kehamilan.

Lihat juga :  Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil

Menjaga berat badan :

Untuk meningkatkan peluang melahirkan secara alami yang lebih besar, yang terbaik adalah bagi seorang wanita untuk menurunkan berat badan dan wortel jus adalah salah satu cara untuk mencapai ini. Jus wortel juga sangat bagus untuk kulit, serta penyediaan serat untuk pencegahan konstipasi pada kehamilan.

Tentang keamanan dan efek samping :

Apakah ada efek samping yang buruk makan wortel bagi ibu hamil?.. Vitamin A dalam jumlah besar dalam bentuk suplemen telah terbukti memiliki efek yang berpotensi negatif terhadap perkembangan janin. Wortel dan sayuran pada umumnya, tidak mengandung vitamin A, tetapi karoten yang merupakan provitamin A dan akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh hanya jika tubuh sedang membutuhkannya. Anda tidak akan kelebihan vitamin A hanya dengan makan banyak Karoten, karena tubuh akan mengatur pembuatan  karoten menjadi vitamin A. Meskipun karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, tapi mengkonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan karotenemia, bukan keracunan vitamin A. Karotenemia biasanya tanpa gejala tetapi bisa menyebabkan carotenodermia, di mana kulit menjadi berwarna kuning. Jika diambil dalam bentuk suplemen, betakaroten telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ;  namun risiko ini tidak ada ketika karotenoid dikonsumsi dari bahan alami seperti dari buah-buahan dan sayuran.

Anda bisa mengkonsumsi jus wortel, karena dalam keadaan segar akan lebih banyak manfaatnya. Mengkonsumsi salah satu jenis sayuran dalam jumlah besar tidak disarankan, termasuk wortel. yang terbaik adalah mengkombinasikannya dengan jenis sayuran berwarna lain seperti bayam, tomat, brokoli, dsb. Tanyakan kepada dokter kandungan Anda mengenai diet kehamilan yang baik dan sehat!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *