Manfaat wortel untuk bayi umur 6 bulan

Advertisement

Manfaat wortel untuk bayi 6 bulanBayi membutuhkan makanan pendamping(MPASI) setelah bayi berumur 6 bulan. Makanan-makanan tersebut tentunya harus sesuai dengan kebutuhan gizi, keamanan, alergen rendah, serta memiliki daya cerna yang baik sebagai MPASI. Wortel adalah salah satu sayuran yang banyak direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi setelah masuk usia 6 bulan. Ada apakah dengan wortel?.. Apakah wortel memang benar-benar baik untuk Balita sehat?… Wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Hal ini karena sayuran ini banyak mengandung vitamin dan mineral, membantu pencernaan, anti diare, anti cacingan, dan mencegah sembelit karena tinggi serat.

Wortel sudah tidak diragukan lagi, ia merupakan sayuran yang paling populer di seluruh dunia. Ada banyak varietas wortel , yang tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ukurannya wortel bisa bervariasi, muali dari sekecil 2 inci sampai sepanjang 10 inci. Sebenarnya warna wortel berbeda-beda sesuai dengan varietasnya, ada yang berwarna putih, kuning, oranye dan merah marun. Namun entah bagaimana, orang cenderung lebih menyukai wortel warna oranye.

Baca juga: Labu Kuning atau Waluh sebagai MPASI Balita terbaik

Kandungan gizi wortel

Wortel paling dikenal akan kandungan vitamin A yang tinggi, yaitu 16.706 IU per 100gram. Selain sebagai salah satu sayuran sumber terbaik vitamin A, wortel juga banyak mengandung vitamin penting dan mikronutrisi lainnya seperti betakaroten. Lihat tabel dibawah ini:

Komposisi gizi per 100 gram wortel segar, menurut USDA

MakronutrisiAir 88.29 g

Energi 41 kcal
Protein 0.93 g J
Lipid ( lemak ) 0,24 g
Karbohidrat 9,58 g
Gula 4,74 g
Serat 2,8 g

MineralKalsium 33 mg

Zat besi 0.30 mg
Magnesium 12 mg
Fosfor 35 mg
Kalium 320 mg
Sodium 69 mg
Zinc 0.24 mg

VitaminVitamin C 5,9 mg

Thiamin 0,066 mg
Riboflavin 0.058 mg
Niacin 0.983 mg
Vitamin B – 6 0,138 mg
Folat 19 ug
Vitamin A 16.706 IU
Vitamin E 0,66 mg
Vitamin K 13.2 ug

Apakah aman memasukkan wortel sebagai makanan bayi ?

Wortel benar-benar aman untuk diperkenalkan sebagai MPASI bayi Anda. Bahkan, wortel merupakan salah satu sayuran pertama yang diberikan kepada bayi saat baru memulai makan-makanan padat. Nutrisi yang terdapat dalam wortel membuat nya menjadi makanan yang ideal untuk makanan padat pertama bayi .

Manfaat wortel bagi kesehatan bayi 6 bulan dan balita

Sumber vitamin dan mineral terbaik : Yang pertama dan yang paling penting dari manfaat wortel adalah asupan vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata. Wortel juga merupakan sumber yang baik dari kalsium dan magnesium, yang penting bagi kesehatan tulang. Kandungan zat besi dalam wortel baik untuk memproduksi hemoglobin. Sementara itu kandungan Vitamin C nya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi.

Membantu melancarkan pencernaan : Wortel yang dikukus dan dihaluskan tidak hanya mudah dicerna oleh usus bayi, tetapi juga berguna untuk mempromosikan sekresi enzim pencernaan. Bayi yang rutin makan wortel juga akan mencegah asam perut, yang pada umumnya sering dialami bayi. Sup wortel juga bisa menjadi pilihan yang baik selama masa tersebut.

Pencahar alami : Ada kemungkinan bayi mengalami sembelit, dimana yang seringkali membuat bayi menjadi rewel dan susah makan. Hampir semua bayi hanya bisa berbaring dan selalu harus digendong keman-mana, sehingga sangat umum mengalaimi masalah ketidak lancaran BAB. Kandungan serat dalam wortel akan membantu mencegah sembelit. Serat bermanfaat menyerap air dan membuat feses menjadi lunak, sehingga lebih mudah bergerak melalui usus.

Membantu mengobati diare : Wortel adalah obat yang baik untuk diare pada bayi. Cobalah untuk memberikan sup wortel untuk bayi Anda beberapa kali dalam sehari ketika ia mengalami diare. Dengan cara ini, Anda bisa menghentikan diare serta mengganti kehilangan air yang terjadi selama diare. Buatlah sup se encer mungkin, karena perhatian utama diare adalah untuk mencegah dehidrasi. Namun harus tetap diingat, bahwa ini adalah hanya untuk membantu obat utama. Segera berkunjung ke dokter anak, jika balita Anda mengalami diare.

Membantu mengatasi cacingan : Balita berkesempatan lebih tinggi mengalami cacingan. Cacing cepat berkembang dan memakan nutrisi, sehingga bayi bisa mengalami kekurangan gizi. Wortel bisa berguna pada saat-saat seperti ini. Berikan sup wortel atau wortel kukus tumbuk pada bayi Anda, agar cacing bisa segera pergi keluar dari usus dengan cepat .

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat memberikan wortel kepada balita :

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ambil saat memberikan wortel untuk bayi Anda pertama kalinya .

Reaksi alergi yang disebabkan oleh wortel : Wortel adalah salah satu sayuran rendah alergi, bahkan bagi bayi. Wortel adalah sayuran yang mengandung vitamin dan mineral terbaik untuk balita.

usia yang baik untuk memberikan wortel: Pada usia berapa saya bisa mulai memberikan wortel untuk bayi saya : Berikan wortel ketika bayi sudah kuat, yaitu ketika sudah berumur sekitar 6-7 bulan. Pada saat ini kebutuhan bayi akan mulai meningkat, sehingga perlu makanan padat untuk mempertahankan perkembangannya.

Cara memberikan wortel untuik balita: Cara paling aman memberikan wortel untuk bayi adalah dengan mengupas dan mengukus. Setelah dikukus, wortel menjadi lebih mudah untuk dihaluskan dan diberikan kepada anak. Anda hanya bisa menambahkan sangat sedikit garam dan gula agar memiliki rasa yang menyenangkan bagi Balita Anda.

Berapa banyak wortel dapat diberikan : Wortel bisa diberikan kepada bayi diantara makanan padat lainnya. Mulailah dengan jumlah sedikit, misalnya sesendok teh dalam sehari dan perlahan-lahan ditingkatkan. Berikan waktu bagi bayi untuk membiasakan diri dengan makanan yang baru. Anda bisa meningkatkan ke 2 sendok teh pada minggu kedua, 3 sendok teh pada minggu ketiga dan seterusnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *