Manfaat Vitamin B kompleks Bagi kesehatan Kita

manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan kitaVitamin B Kompleks adalah satu kelompok vitamin B, yang semuanya memiliki keistimewaan manfaat masing-masin. Vitamin B kompleks ini terdiri dari : Vitamin B1(thiamine), Vitamin B2(riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5(pantothenic acid/asam pantotenat) , Vitamin B6(pyridoxamine) , Vitamin B9(folic acid/asam folat) , vitamin B12(cyanocob), vitamin B7(biotin) biotin, Kolin dan inositol. Vitamin B Kompleks semuanya diperlukan untuk fungsi hampir semua proses dalam tubuh.
Vitamin B bekerja saling bersinergi, antara jenis yang satu dan jenis yang lain. Jadi kekurangan dari salah satu dari vitamin B kompleks dapat menyebabkan ketidakseimbangan, jadi pastikan diet Anda sudah mendapatkan semuanya dengan cukup.

Advertisement

Sebagian besar vitamin B kompleks bersifat larut dalam air. Kelebihan mengkonsumsi vitamin B, maka sisanya akan deskresikan melalui urin. Ia juga termasuk vitamin esensial, yang artinya tubuh tidak dapat menyimpan dan memproduksinya sendiri. Jadi kesimpulannya, Vitamin B harus didapatkan oleh tubuh setiap hari. Kecuali Vitamin B12, yang tidak memiliki sifat seperti anggota yang lain seperti diatas.

Berbagai makanan yang kita makan mengandung vitamin B, misalnya Nasi atau gandum, mengandung vitamin B1, Kedelai mengandung vitamin B2, jagung atau biji-bijian mengandung vitamin B6, Ikan, keju, susu, ayam atau produk hewani mengandung vitamin B12, ikan mengandung vitamin B7, shitake mengandung B5, dan yang mengandung asam folat (B9) bisa baca  disini.

Manfaat Vitamin B kompleks Bagi kesehatan

Berikut adalah 5 alasan utama, kenapa kita perlu untuk mendapatkan cukup vitamin B Kompleks dari diet kita:

1 . Memproduksi energi

Vitamin B1 diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat dari makanan kita menjadi glukosa. Vitamin B diperlukan pada tingkat sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Untuk manfaat ini dibutuhkan:  Vitamin B2 , Vitamin B3 , Vitamin B5 , Vitamin B6 , dan B7 . Kekurangan Vitamin B  ini dapat menyebabkan penurunan produksi energi, yang menyebabkan lesu dan mudah kelelahan.

Lihat juga :  Vitamin dan Nutrisi penting bagi Kesehatan Mata

2 . Sistem saraf dan tubuh yang sehat

Vitamin B juga sangat penting untuk kesehatan fungsi sistem saraf. Vitamin B5 diperlukan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12 sangat penting untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Termasuk fungsi syaraf pada sistem otak kita.
Vitamin B6, yang juga dikenal dengan pyroxidine, yang membantu tubuh dalam membuat hormon-hormon tertentu, serta senyawa kimia khusus dalam otak yang disebut dengan neurotransmitter. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah merah, yang akan membantu mencegah anemia.

Vitamin B9 atau yang kita kenal dengan asam folat, yaitu dikenal sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin selama pertumbuhan didalam kandungan. Kekurangan salah satu dari  Vitamin B Kompleks dapat menyebabkan perasaan mudah stres, cemas dan depresi.

3 . Pencernaan yang baik

Vitamin B Kompleks sangat penting untuk menjaga pencernaan yang benar. Yaitu yang membantu produksi HCl (asam klorida ), untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohidrat. Terutama yang digunakan untuk membantu fungsi pencernaan adalah vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3 dan Vitamin B6. Kekurangan dalam salah satu dapat menyebabkan pencernaan terganggu, akibatnya tubuh juga akan kekurangan nutrisi penting .

4. Kesehatan Rambut dan Kuku

Selain diatas, Vitamin B sangat penting untuk RNA, DNA dan reproduksi sel tubuh. Kulit, Rambut dan Kuku yang terus tumbuh dan memperbarui diri ini  membutuhkan vitamin B.  Untuk manfaat ini, sebagian besar vitamin B kompleks diperlukan, yaitu Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B9, Vitamin B12, B7 dan Kolin. Kekurangan salah satu dapat menyebabkan kulit kering, kulit kusam, dermatitis, keriput, mudah berjerawat, ruam, rambut rontok dan kuku pecah.

Lihat juga :  Manfaat dan sumber vitamin D untuk pertumbuhan anak

5. Menjaga tingkat kadar Kolesterol yang sehat

Vitamin B3 atau niasin, telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol “jahat ” atau LDL , namun meningkatkan kadar kolesterol “baik ” atau HDL . Dengan demikian akan membantu mencegah pengerasan pembuluh darah atau asteroklirosis. Hal ini pada akhirnya akan mencegah penyakit peringkat utama penyebab kematian terbanyak, yaitu jantung, darah tinggi dan stroke.

Perhatian

  1. Walaupun vitamin ini larut air, namun Kelebihan mengkonsumsi vitamin B kompleks juga dapat menyebabkan efek samping negatif. Efek samping ini termasuk asam urat, gula darah tinggi dan masalah kulit. Selain itu, dosis yang tak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi jantung dan hati.
  2. Kelebihan vitamin B3 atau niasin dapat menyebabkan masalah penglihatan, mual, muntah dan memperparah sakit maag. Jika Anda sedang menjalankan kemoterapi, dkelebihan B9 atau asam folat dapat mengganggu obat-obatan yang Anda minum. Kelebihan niacin ini juga dapat menimbulkan efek samping masalah hati.

kelebihan vitamin B kompleks, atau vitamin yang lain umumnya jika mengkonsumsi suplemen vitamin. Untuk itu, tanyakan kepada dokter berapa dosis suplemen vitamin yang tepat untuk Anda dan kondisi Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *