Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat VCO untuk kecantikan dan kesehatanVCO adalah singkatan kata Virgin Coconut Oil. Ya, Coconut oil, artinya minyak yang dibuat dari kelapa. Namun tambahan kata “virgin” membuatnya menjadi berbeda dengan jenis minyak kelapa seperti yang umum telah kita kenal. Tidak semua minyak yang dibuat dari kelapa menggunakan cara yang sama. Minyak kelapa yang umumnya kita kenal adalah jenis terhidrogenasi(diproses dengan panas tinggi), yang artinya sama saja dengan minyak sawit – karena mengandung lemak trans dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita .

Advertisement

Tapi VCO berbeda, hal ini karena proses pembuatannya hanya diekstraksi dari kelapa segar (murni), selama prosesnya tidak melibatkan suhu tinggi serta tidak menggunakan bahan kimia alias murni. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, minyak kelapa murni memiliki potensi manfaat antioksidan yang disebut  fenolik.

VCO sering digunakan untuk melindungi dan perawatan kulit dari luar maupun dalam. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti-mikroba, serta mengandung antioksidan yang berkhasiat menghambat tanda-tanda penuaan.

Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meremajakan kulit

Menurut Coconut-Connections.com, antioksidan dari VCO berkhasiat memerangi efek penuaan dengan cara menghambat radikal bebas yang sangat berpotensi menyebabkan pengerasan jaringan ikat di kulit. Minyak kelapa memiliki molekul yang sangat kecil sehingga memungkinkan bagi vitamin E dan protein untuk meremajakan dan meningkatkan kulit.

Baca juga Tips Agar Kulit Awet muda untuk Wanita

Pencegahan jerawat

Kulit kita secara alami akan mengeluarkan minyak melalui kelenjar sebum, yang berguna untuk mencegah kulit  menjadi kering. Ketika kelenjar sebum ini tersumbat dan terinfeksi bakteri, maka hasilnya menjadi jerawat. Sifat anti-bakteri yang ditemukan dalam minyak kelapa, terutama  asam kaprat dan laurat bisa membantu menghentikan infeksi bakteri ini, sehingga  memungkinkan kelenjar sebum dapat berfungsi kembali dan mencegah wabah jerawat.

Lihat juga :  Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Baca juga : Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami

Mencegah tanda penuaan

Ketika muda, kulit kita masih lentur, kuat dan elastis. Namun seiring perjalanan waktu, jaringan ikat di kulit ini akan semakin terdampak oleh radikal bebas. Hal ini yang akhirnya menyebabkan kulit mengeras dan kehilangan elastisitas,  apa yang orang bilang sebagai tanda-tanda penuaan.

Minyak kelapa murni mengandung zat antioksidan yang bisa menembus kulit, kemudian akan membuatnya menjadi elastis dan lembut karena jaringan ikat kulit yang diperkuat kembali. Flek hitam pada kulit adalah contoh hasil dari oksidasi protein dan lemak tak jenuh ganda, dan minyak kelapa memberikan  antioksidan yang dapat memperlambat oksidasi tersebut.

Pencegahan osteoporosis

Seperti yang udah dikatakan, minyak kelapa murni organik ini kaya akan antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebuah studi menemukan bahwa minyak kelapa murni ini efektif dalam pencegahan hilangnya massa tulang pada kondisi osteoporosis dan mempertahankan struktur tulang.

Pencegahan Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit  yang menyerang sel-sel saraf otak, sehingga mengakibatkan hilangnya memori serta keterampilan kognitif dan bahasa. Mengkonsumsi minyak kelapa murni atau VCO dapat membantu mencegah kerusakan sel otak penyebab penyakit Alzheimer.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Alzheimer” pada Januari 2014, sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak kelapa mengurangi perubahan pada membran sel dan memiliki efek yang menguntungkan pada sel-sel saraf.

Mengatasi infeksi jamur

Candida albicans, adalah jamur yang merupakan bagian dari kehidupan dalam usus yang normal pada manusia dan hewan. Akan tetapi ketika jamur ini jumlahnya sudah  tidak seimbang dapat menyebabkan gejala infeksi. Meskipun obat antijamur bisa mengatasinya,  sebuah studi baru menunjukkan minyak kelapa juga bisa menjadi obat yang efektif.

Lihat juga :  Beberapa Penyakit yang bisa disebabkan Karena Stres

Kehati-hatian dan kemungkinan efek samping

  • Studi menunjukkan bahwa ada perbedaan struktur dan metabolisme lemak jenuh dari minyak kelapa dani lemak jenuh dari hewan, sehingga mungkin VCO tidak memiliki efek  yang sama terhadap kesehatan jantung. Meskipun demikian, mungkin perlu berhati-hati dalam menerapkannya kedalam diet.
  • VCO yang digunakan dipermukaan kulit Anda umumnya dianggap aman, tapi ada kemungkinan kecil iritasi kulit.
  • Karena minyak kelapa bagaimanapun tinggi lemak, sehingga merupakan makanan yang padat kalori. Asumsinya, makan banyak lemak dapat menyebabkan konsumsi kalori yang berlebih dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Apapun tentang pengenalan diet baru dan suplemen sebaiknya di bicarakan dengan orang yang ahli atau dokter, untuk mencegah hal yang tak diinginkan berkaitan dengan kondisi kesehatan dimana tiap orang berbeda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *