Inilah Manfaat Tidur Miring Kekiri dan Alasannya

Manfaat tidur miring kekiriSemua orang pasti sudah memahami bahwa tidur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan baik fisik ataupun mental. Namun, berapa lama waktu tidur Anda juga sama pentingnya dengan cara dan posisi bagaimana Anda tidur. Posisi tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan. Posisi tidur yang baik dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Namun posisi tidur yang salah justru dapat mendatangkan bencana bagi kesehatan Anda. Mau tahu bagaimana posisi tidur yang baik?, baca terus dalam artikel ini…

Advertisement

Tidur miring kekiri lebih baik dari posisi tidur lainnya?

Tidur miring kekiri, bahkan dapat menyelamatkan hidup Anda.  Lalu jika Anda terbiasa  tidur di posisi kanan, apa yang terjadi?

Baca juga : 10 Manfaat Tidur Cukup setiap malam bagi Kesehatan

Ada beberapa posisi tidur yang telah umum menjadi kebiasaan. Tidur tengkurap, terlentang, miring kekiri, dan miring kekanan Anda. Semua posisi tersebut mempengaruhi kesehatan Anda. Tidur telentang bisa sangat membahayakan bagi orang-orang yang memiliki masalah sleep apnea atau asma, karena dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Sementara tidur miring kekanan cenderung memperburuk masalah pencernaan. Namun sebaliknya  tidur miring kekiri dapat memperbaiki gejala pencernaan.

Tidur miring kekiri diyakini sangat meningkatkan kesehatan dan bahkan dapat menyelamatkan nyawa. Dalam pengobatan holistik, tubuh bagian sebelah kiri adalah sisi limfatik yang paling dominan, dan saat Anda sedang tidur dengan posisi ini, maka tubuh Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyaring racun, cairan getah bening, dan limbah melalui saluran toraks dan kelenjar getah bening.

Sebaliknya, tidur miring ke kanan dapat menyebabkan sistem limfatik menjadi berjalan lebih lambat. Tentunya kita bersama berharap hal ini tidak pernah terjadi, karena sistem limfatik yang tidak berjalan dengan efisiensi bisa membuatnya tidak mampu menyaring racun dengan benar – atau aliran cairan getah bening menjadi tidak lancar. Hal ini bisa meningkatkan risiko dari penyakit mematikan akibat masalah penumpukan racun dalam tubuh.

Lihat juga :  Tips Cara Meningkatkan Fungsi Otak

Baca juga : Makanan yang bermanfaat mengelurakan racun dalam hati (Liver)

Ketika Anda mulai membiasakan tidur miring ke kiri, maka Anda mungkin akan marasakan tubuh Anda lebih bugar dari sebelumnya karena pembuangan toksin menjadi lebih efisien dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena tidur di posisi ini akan meningkatkan fungsi sistem pencernaan, sehingga  memungkinkan bagi tubuh Anda untukmengambil nutrisi lebih cepat serta membuang racun yang juga lebih cepat.

Cara mudah merubah kebiasaan tidur dar miring kanan menjadi miring ke kiri

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur telentang, tentgkurap, atau miring kanan, mungkin Anda akan bertanya-tanya –  bagaimana untuk menghentikan kebiasaan itu dan mulai tidur menghadap kiri. Hal ini sepertinya akan memakan banyak waktu dan latihan. Untuk mempercepat perubahan kebiasaan, mungkin tip berikut dapat membantu Anda :

  • Anda bisat mencoba berbaring  ke kiri dan mengganjal punggung dengan bantal. Bantal ini akan menahan Anda, sehingga tidak merubah posisi kekanan pada saat tertidur.
  • Cobalah mengubah posisi tempat tidur Anda. Hal akan akan membantu mempermudah bagi Anda untuk pindah miring kiri, namun merasakan pengalaman tidur yang sama.
  • Tip lain adalah memberikan cahaya yang redup disisi kanan Anda. Hal ini karena tubuh Anda secara alami akan berpaling dari cahaya saat tidur, sehingga akan membuat Anda lebih muda untuk beralih kesisi kiri.

Cobalah melakukan perubahan kecil secepat yang Anda bisa. Hal ini akan meningkatkan rutinitas tidur Anda dan memperoleh kesehatan yang lebih baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *