Manfaat susu kambing bagi kesehatan

Manfaat susu kambing bagi kesehatanSusu selalu disarankan untuk dikonsumsi, bahkan pernah dianggap sebagai penyempurna dari makanan sehat sehari-hari kita. Apa saja gizi yang terkandung dalam segelas susu segar?.. Susu segar mentah mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi berbagai zat yang diperlukan. Sekitar 80% protein yang terdapat dalam susu adalah jenis kasein, yang bersifat cukup stabil pada panas dan mudah dicerna). Sedangkan Yang 20% lainnya adalah jenis protein whey, juga mudah dicerna tetapi sangat sensitif terhadap panas. Imunoglobulin adalah jenis protein lain yang ada dalam susu, sangat kompleks dan dikenal sebagai antibodi – berguna untuk melindungi tubuh kita dari virus, racun bakteri, dan juga bisa membantu mengurangi keparahan gejala asma. Namun sayangnya penelitian telah menemukan fakta bahwa susu akan menurun kualitas proteinnya secara signifikan ketika sudah dipasteurisasi. Dan susu terbaik adalah yang diambil dari sapi yang cara perawatannya secara organik, yaitu makanannya yang diberikan sebagian besar rumput dan tidak menggunakan antibiotik. Namun pertanyaannya adalah, apakah mungkin bisa mendapatkan kualitas susu yang demikian?… Jawabannya Ada, yaitu susu kambing!. Ya, susu kambing mungkin masih banyak yang dibudidayakan secara organik. Baca juga : Mana yang terbaik, susu kambing Vs Susu Sapi

Advertisement

Berikut manfaat dan khasiat mengkonsumsi susu kambing bagi kesehatan

Susu yang dihasilkan dari sapi yang makan rumput sudah dipergunakan sebagai bagian dari pengobatan sejak zaman dulu, dan sudah berkali-kali terbukti khasiatnya. Namun saat ini, susu kambing juga telah mencuat popularitasnya diseluruh dunia. Masyarakat peduli kesehatan meyakini bahwa apapun yang dibuat secara organik akan selalu baik bagi kesehatan, baik dari hasil pertanian seperti sayur maupun peternakan seperti telur, daging, dan susu. Jadi, karena kebanyakan kambing masih dipelihara secara tradisional dan organik, maka dianggap bisa menjadi alternatif dari susu sapi yang kini kebanyakan sudah mengadopsi sistem peternakan modern. Berikut rangkuman beberapa manfaat penting bagi kesehatan yang ditawarkan susu kambing :

Membantu pengobatan banyak penyakit

Sudah kita katakan sebelumnya diawal bahwa susu segar sudah digunakan untuk membantu pengobatan penyakit sejak dari zaman dulu. Susu mentah yang langsung diperah dari sapi telah disebut sebagai “sel induk”  makanan – yang digunakan sebagai pengobatan, dan sudah berkali-kali terbukti menyembuhkan beberapa jenis penyakit serius. Dari sejak zaman Hippocrates hingga setelah Perang Dunia II, susu sapi telah banyak kembangkan dan telah membantu menyembuhkan jutaan orang diseluruh dunia. Lho, itu kan susu sapi?.. Betul, tapi susu kambing ternyata lebih baik dari susu sapi?. Baca lebih banyak kebawah untuk tahu lebih banyak!

Lihat juga :  Kandungan nutrisi, resiko, dan manfaat Kerang bagi Kesehatan

Aman bagi yang alergi susu

Susu kambing bisa menjadi alternatif yang baik bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Susu kambing mengandung 7% lebih sedikit laktosa, dan lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Hal ini karena ukuran molekul lemak dalam susu kambing hanya seperlimanya dari ukuran molekul susu sapi. Susu kambing lebih cepat diserap dan mudah melewati usus besar, sedangkan susu sapi lebih lama bertahan dalam sistem pencernaan, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan reaksi alergi pada beberapa orang. Intoleransi terhadap susu kambing adalah masalah yang sangat jarang. Jadi bagi orang yang alergi, susu kambing mungkin bisa menjadi alternatif supaya tidak ketinggalan mendapat manfaat dari minum susu.

Lebih tinggi jumlah kandungan vitamin dan mineral

Susu kambing juga mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih tinggi. Hal ini memiliki sekitar 13% lebih banyak kalsium dan 47% lebih banyak vitamin A daripada susu sapi. Selain itu, susu kambing juga lebih tinggi mengandung kalium, zat besi, dan magnesium, lebih banyak protein, dan rendah karbohidrat. Susu kambing lebih dekat dengan sifat susu manusia, sehingga lebih mudah ditoleransi oleh tubuh manusia juga. Untuk alasan yang satu ini, banyak orang yang menganggap bahwa susu kambing bisa menjadi pilihan yang lebih alami.

Tanpa hormon dan antibiotik

Dilihat dari perspektif organik, susu kambing adalah pilihan yang baik, karena sebagian besar peternakan kambing perah masih menggunakan metode yang lebih alami. Kambing umumnya dipelihara secara beba berkeliaran, yang umumnya masih banyak digembalakan dipadang rumput. Jika kambing bebas dan makan banyak rumput, maka mereka tentu sangat sehat dan tidak perlu menggunakan antibiotik. Kebanyakan petani tidak menggunakan hormon seperti halnya hormon pertumbuhan pada sapi.

Lihat juga :  Manfaat Beras merah bagi diet dan kesehatan

Memperoleh susu kambing

Mungkin kelemahannya terletak pada rasa dan aromanya yang mungkin kurang bersahabat dengan Anda. Tapi, peroduk susu yang berbasis susu kambing mungkin sudah bisa Anda dapatkan di toko di Kota Anda – dimana yang lebih mudah ditoleransi oleh mulut. Tapi untuk membantu penyembuhan penyakit, apa yang masih alami tentu yang lebih baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *