Manfaat Serat bagi kesehatan tubuh

Advertisement

Manfaat Serat bagi kesehatan tubuhSerat makanan sangatlah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat serat antara lain, menjaga kesehatan jantung, pencegahan kanker, menurunkan kolesterol, mencegah batu empedu dan batu ginjal, mempromosikan kulit yang sehat, mencegah stroke, membantu menjaga berat badan, kesehatan pencernaan usus, dan dapat mempengaruhi diabetes .

Berikut Manfaat penting Serat bagi kesehatan tubuh Kita:

Kesehatan Jantung .

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat tinggi, yaitu dari 5 porsi buah dan sayuran per hari dapat mencegah penyakit jantung.

Pencegahan Kanker .

Penelitian menemukan bahwa serat meningkatkan seberapa cepat makanan untuk melewati saluran pencernaan, dengan demikian akan mencegah resiko beberapa jenis kanker. beberapa kanker yang bisa dicegah kehadirannya oleh serat Yaitu, kanker usus besar, kanker payud*ra, kanker ovarium dan kanker rahim.

Menurunkan Kolesterol .

Serat akan mengikat kolesterol selama proses pencernaan, serta mencegahya agar tidak diserap usus dan pada akhirnya dapat menyumbat arteri. Hal ini tentunya akan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dalam darah.

Mencegah Batu Ginjal dan batu empedu.

Serat diketahui mencegah sebagian besar insulin agar tidak memasuki aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini supaya pada akhirnya tidak membentuk batu empedu dan batu ginjal.

Mempromosikan Kulit yang Sehat .

Serat sangat penting untuk membantu membersihkan tubuh dari racun, yang secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Dengan mengkonsumsi serat dari makanan seperti sayuran berdaun hijau dan buah, maka kolesterol akan diikat dan bahan beracun secepatnya akan dikeluarkan dari sistem pencernaan. Racun dari makanan ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, dan yang paling kelihatan adalah pada kulit. Kulit yang sehat adalah merupakan hasil dari aliran darah yang baik, yang akan terjadi ketika racun sudah dibersihkan dari sistem dalam tubuh.

Mencegah Stroke .

Studi telah menunjukkan bahwa, meningkatka asupan an serat dalam diet menurunkan risiko stroke. Menurut American Heart Association, sebanyak 25 gram serat harus dikonsumsi setiap hari. Serat dapat diperoleh dengan mudah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Manajemen Berat Badan.

Dengan nutrisi yang tepat, maka rasa lapar bisa diatur dan diperlambat. Makan biji-bijian dan lebih banyak makan buah dan sayuran dapat menyebabkan tubuh lebih cepat merasa kenyang. Dengan memasukkan lebih banyak serat kedalam diet, maka rasa selalu kelaparan akan diatur secara alami dan pada akhirnya mencegah obesitas. Ingat, obesitas akan memperbesar peluang Kita untuk mendapatkan penyakit berat, seperti darah tinggi, diabetes, asam urat, dan lain-lain. [ Baca tentang asam urat Disini ]

Menyehatkan pencernaan.

Karsinogen dalam usus akan diikat oleh serat, sehingga bisa lebih mudah bergerak dan dikeluarkan lebih cepat melalui saluran pencernaan. Dengan memasukkan serat ke dalam diet sehari-hari, maka konstipasi dan wasir dapat dicegah. Serat dalam pencernaan akan membantu mengeluarkan limbah melewati usus tanpa meninggalkan residu, sehingga dengan demikian serat akan membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan mengatur gerakan usus.

Membantu Diabetes .

Buah dan sayuran dapat membantu mengatur gula darah, yaitu yang merupakan kunci dalam pencegahan diabetes. Bagi orang yang hidup dengan diabetes, serat bisa mengubah dosis obat yang dianjurkan ( insulin ) .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *