Manfaat Pisang yang luarbiasa bagi Kesehatan

Manfaat Pisang yang luarbiasa bagi KesehatanPisang adalah salah satu buah yang paling populer dimasyarakat. Dalam acara selamatan apapun, pisang tak pernah ketinggalan. Sementara itu tiap keluarga rata-rata menyediakan pisang dirumah untuk pencuci mulut setelah makan. Pisang juga fleksibel, bisa dimakan masakn segar, maupun dibuat dalam bentuk makanan olahan. Jadi apakah manfaat buah pisang ini bagi kesehatan?, dan apa saja jenis nutrisi tertinggi dalam buah pisang?

Advertisement

Berikut kandungan nutrisi serta manfaatnya buah pisang bagi kesehsatan tubuh Kita:

Rendah Kalori

Pisang yang manis ini ternyata jumlah kalorinya tidak setinggi seperti yang kita bayangkan. Jadi mengkonsumsi pisang akan memanjakan mulut, namun tanpa merusak diet Anda. Rata-rata dalam satu buah pisang hanya mengandung 110 kalori.

Bebas Lemak dan Kolesterol

Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol. Jadi jika Anda ingin bebas dari kolesterol tinggi, sebaiknya mengganti beberapa makanan atau kue yang diproses dengan banyak minyak maupun mentega.

Kalium

Pisang sangat dikenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium perbuah pisang ukuran sedang. Menurut para ali gizi, kalium sangat diperlukan saraf, fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Kalium dalam pisang bisa membantu mencegah kram otot setelah latihan. Elektrolit yang bernama kalium ini juga bagus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

vitamin C

Seperti kebanyakan buah-buahan, pisang juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti zat besi .

Vitamin B – 6

Pisang juga merupakan sumber yang sangat baik vitamin B – 6 , atau yang juga disebut dengan piridoksin. Satu buah pisang sedang memasok sekitar 35 persen dari kebutuhan harian B – 6 yang disarankan. Vitamin B – 6 diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk pertumbuhan sel-sel baru.

Lihat juga :  Manfaat Kesehatan Makanan yang di Fermentasi

Mangan

Pisang juga termasuk makanan sumber mangan yang baik, yaitu satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 0,3 mg mangan. Orang dewasa membutuhkan mineral ini antara 1,8 dan 2,3 mg setiap hari. Mangan diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme.

Mengandung Serat

Menurut USDA , satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat makanan bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, serta menjaga proses pencernaan agar berjalan lancar. Dengan demikian pisang sangat membantu utuk mengontrol berat badan dan mencegah sembelit.

Mengandung Karbohidrat

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi. jadi Makan pisang setelah latihan akan bermanfaat untuk memulihkan energi kembali. Pisang untuk sarapan akan memberikan Anda energi cukup, yang berguna agar tubuh selalu fit dalam melalui hari-hari Anda.

Mudah dicerna

Pisang sangat mudah dicerna. Sehingga Ketika Anda sakit karena virus atau gangguan pencernaan, pisang bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut. Pisang yang dihaluskan juga sering digunakan sebagai makanan pengantar padat yang baik untuk bayi. Jadi tidak salah jika orang jaman dulu memberikan makanan pisang untuk bayi, tak lain karena pisang padat gizi serta sifatnya yang lembut dan mudah dicerna.

Nutrisi lain dari buah pisang

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral lainnya. Pisang menyediakan beberapa zat besi, magnesium, kalsium, fosfor , vitamin A , vitamin E, folat, karoten, dan kolin. Pisang juga mengandung jejak asam amino. Sementara Folat dan kolin yang juga ditemukan, sehingga pisang sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *