Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak zaitunMinyak zaitun adalah minyak favorit para tukang masak sejak jaman kuno, yang merupakan minyak nabati yang diperas dari buah zaitun. Minyak zaitun juga telah dianggap mewakili simbol-simbol perdamaian dan kesehatan.

Advertisement

Menurut Wikipedia __ Minyak zaitun, minyak Zaitun ini dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, hingga bahan bakar untuk minyak.

Zaitun adalah salah satu tanaman dalam keluarga Oleaceae dari genus  Olea , yang memiliki nama ilmiah Olea europaea .

Minyak zaitun kualitas terbaik adalah ekstra virgin olive oil, yang diambil dengan cara diperas dalam keadaan segar. Minyak zaitun ekstra virgin ini berwarna hijau zaitun, karena akan kandungan klorofil, karotenoid serta pigmen oleuropein.

Pohon zaitun tumbuh dengan batang yang berbonggol, berwarna abu-abu dan ramping. Pohon zaitun yang banyak memiliki cabang ini bisa tumbuh hingga sangat tinggi sekali, juga dengan rentang hidup yang bisa mencapai usia ratusan tahun.

Buah zaitun pada umumnya dipetik pada saat  matang, yaitu buah telah berubah menjadi warna hijau ke kuning kehijauan dan mulai melunak. Buah Zaitun akan siap dipanen jika telah berisi kandungan polifenol yang tinggi, yang diyakini sudah siap untuk dijadikan minyak zaitun terbaik.

Karakteristik minyak zaitun

Minyak zaitun yang dihasilkan dari buah segar yang dipress dingin berwarna hijau kekuningan, tergantung dari kematangan. Warna Hijau pada zaitun menghasilkan minyak dengan rasa pahit dan tajam. Sementara itu buah zaitun hitam menghasilkan minyak yang kurang tajam dan berwarna kuning.

Extra-virgin adalah minyak zaitun kelas tertinggi, yang pembuatannya dengan cara dipress mekanik tanpa menggunakan bahan kimia atau panas yang berlebihan.

Fakta tentang minyak zaitun

  • Minyak zaitun adalah kelas minyak nabati terbaik dalam hal palatabilitas, stabilitas, lemak, dan keamanan.
  • Minyak zaitun kaya akan energi, 100 g minyak menyediakan 884 kalori. Namun kandungan lemak tertinggi adalah asam lemak tak jenuh tunggal (lemak yang sehat untuk dikonsumsi).
  • Minyak zaitun extra virgin memiliki titik asap tertinggi, yaitu pada suhu 450 ° F ( 210 º C ). Dengan demikian Minyak zaitun extra virgin adalah jenis yang lebih baik jika digunakan untuk memasak dalam suhu tinggi (untuk menggoreng).
  • Minyak zaitun memiliki karakter lemak yang sangat baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda(lemak yang sehat).
  • Mengandung antioksidan dan beberapa vitamin penting seperti vitamin K, dan vitamin E.
Lihat juga :  Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kndungan gizi dan Manfaat minyak zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun memiliki aroma dan rasa yang yang berbeda dari kebanyakan jenis minyak nabati lainnya, yang dibuat dari dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Minyak zaitun dibuat dari buah zaitun yang mengandung  antioksidan, phytosterol, dan vitamin.

Minyak zaitun diakui sebagai salah satu minyak nabati yang paling sehat, karena mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit, yang menggubah asam lemak esensial linoleat (omega – 6) dan linolenat ( omega – 3 ) dengan perbandingan yang direkomendasikan.

Tinggi kalori

Kalori tinggi dalam minyak zaitun adalah berasal dari lemak yang sangat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat ( 18:1) dan asam palmitoleat ( 16:1). Yang artinya justru membantu untuk menurunkan LDL(kolesterol jahat)dan meningkatkan HDL(kolesterol baik) dalam darah . Studi menunjukkan bahwa diet yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah berbagai macam penyakit arteri, seperti stroke karena mendukung profil lemak darah yang sehat .

Antioksidan untuk mencegah beberapa penyakit

Minyak zaitun khususnya jenis ekstra virgin, mengandung senyawa fenolik tyrosol,  seperti oleuropein dan oleocanthal. Senyawa ini yang memberikan rasa pahit dan pedas pada minyak. Senyawa Oleocanthal, oleurpein, dan hidroksitirosol merupakan antioksidan alami yang paling kuat. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid, semuanya berperan penting untuk melawan kanker, peradangan, penyakit arteri, penyakit saraf degeneratif, diabetes … dll.

Mengurangi koleterol

Minyak zaitun adalah sumber nabati yang tinggi mengandung sterol, terutama betasitosterol . FDA telah menyetujui klaim untuk pitosterol berikut: ” Makan makanan yang mengandung setidaknya 0,4 gram sterol perporsi dua kali dalam sehari,  dengan asupan totsl harian setidaknya 0,8 gram, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit jantung.”. ” Phytosterol secara kompetitif akan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus,  dengan demikian dapat mengurangi kadar kolesterol total dalam darah hingga sebesar 10 % sampai 15 % .”

Kaya vitamin E

Minyak zaitun kaya akan vitamin E. 100 g minyak zaitun ekstravirgin mengandung vitamin E alpha tocoperol sebesar 14.39 mcg ( atau memenuhi sekitar 96 % dari total kebutuhan perhari yang disarankan ). Vitamin E adalah zat antioksidan larut lemak yang kuat, diperlukan untuk menjaga integritas membran sel, selaput lendir dan kulit dengan cara melindungi dari radikal bebas.

Lihat juga :  Manfaat Menjalankan Gaya hidup Sehat

Sumber vitamin K

Selain itu, minyak zaitun ekstra-virgin juga merupakan sumber vitamin K  yang sangat baik, 100 g minyak menyediakan sekitar 50 % dari total kebutuhan. Vitamin K potensial membantu meningkatkan massa tulang, dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Juga baik bagi pasien penyakit Alzheimer, yaitu untuk membantu membatasi kerusakan sel saraf di otak.

Memilih dan penyimpanan

Minyak zaitun yang dijual dipasar berbeda-beda jkenis dan kualitasnya. Yang paling baik adalah minyak zaitu yang dihasilkan dari buah segar matang hijau kekuningan yang dipress dingin , karena paling murni dan lebih unggul dalam hal rasa dan antioksidan. Minyak zaitun yang asli dan berkualitas diekstraksi menggunakan metode tradisional tanpa bahan kimia, sedikit asam, memiliki titik asap tertinggi dan umur simpan lebih lama.

Minyak zaitun extra virgin walau bagaimanapun masih menggunakan mesin, walau tanpa menambahkan bahan kimia atau menggunakan panas yang berlebihan. Ia memiliki kandungan asam yang kurang dari 0,8 % .

Minyak zaitun pomace adalah minyak zaitun yang dihasilkan dari pressing akhir, dengan di bawah panas dan tekanan tinggi. Hal ini rendah dalam kualitas, dan pada umumnya tidak digunakan untuk memasak .

Selalu simpan minyak zaitun dalam wadah yang tertutup rapat, di tempat yang sejuk yang gelap dan jauh dari panas atau cahaya .

Penggunaan kuliner

Minyak zaitun adalah minyak banyak digunakan untuk menggoreng makanan di seluruh dunia oleh orang-orang yang sadar akan kesehatan .

Zaitun adalah salah satu minyak kuliner yang paling dicari untuk digunakan pada makanan mentah ( salad dressing, minyak gourmet ),  atau untuk menggoreng dan menumis sayuran , daging dan unggas.

Efek samping

Minyak zaitun aman digunakan setiap hari untuk menggantikan minyak goreng. Tidak seperti minyak yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian lain, minyak zaitun tidak menyebabkan alergi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *