Manfaat Minyak kelapa untuk menjaga kesehatan

Manfaat Minyak kelapa untuk menjaga kesehatanPopularitas penggunaan minyak kelapa kian melambung saja di dunia bagian Barat selama beberapa tahun terakhir. Hal ini karena banyak manfaat bagi kesehatan, yang sebenarnya telah dikenal sejak jaman dahulu. Kini Minyak kelapa dicari kembali, dan sangat dibutuhkan oleh dunia modern kita yang semakin banyak tercemar racun lingkungan dan makanan.

Advertisement

Berikut ini beberapa ringkasan tentang manfaat minyak kelapa untuk mendukung kesehatan yang lebih baik

Kesehatan Mulut

Banyak praktisi kesehatan alami yang mempercayai bahwa kesehatan mulut merupakan dasar dari kesehatan secara keseluruhan. Minyak kelapa telah digunakan sebagai pasta gigi alternatif sehat, menggantikan pasta gigi komersial beracun yang mengandung fluoride. Minyak kelapa telah menunjukkan manfaat mengeraskan enamel, sehingga akan mengurangi kemungkinan kerusakan gigi yang serius. Karena sifat antibakteri, minyak kelapa juga berfungsi untuk mengurangi luka dan infeksi lainnya.

Pengobatan jamur

Minyak kelapa memiliki berbagai macam kegunaan sebagai bahan anti – jamur : topikal untuk kaki atlet, dan juga secara internal untuk candida dan infeksi jamur. Minyak kelapa mengandung 3 asam lemak yang berbeda (Kaprilat asam, asam kaprat , asam laurat), yang masing-masing telah ditemukan efektif terhadap jamur Candida.

Meningkatkan Pencernaan

beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa, yang secara alami tinggi lemak jenuh ternyata menguntungkan untuk meringankan beberapa penyakit umum seperti sembelit, gangguan pencernaan dan asam lambung. Minyak kelapa mengandung sifat anti mikroba yang dapat mengurangi infeksi dan peradangan, sehingga ideal untuk semua masalah terkait usus.

Membantu Penyerapan nutrisi usus

Minyak kelapa telah terbukti membantu pencernaaan secara alami dengan meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral. Penyerapan nutrisi sangat penting untuk mengurangi stres pada tubuh, meminimalkan kemungkinan penyakit kronis, dan mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Setidaknya selama lima dekade para peneliti telah mengakui bahwa asam lemak rantai menengah ( MCFAs ) yang terdapat dalam minyak kelapa dicerna secara berbeda dari lemak jenis lainnya. Perbedaan ini telah memiliki aplikasi penting dalam pengobatan berbagai macam kondisi pencernaan dan metabolisme. Dan sejak saat itu MCFA telah secara rutin digunakan di rumah sakit dan untuk formula bayi.

Lihat juga :  Kandungan Gizi dan Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatan

Chain fatty acid ( MCFA ) atas asam lemak rantai panjang ( LCFA ) memiliki perbedaan dari cara tubuh kita memetabolisme lemak jenis ini. Karena molekul MCFA lebih kecil, ia hanay membutuhkan lebih sedikit energi dan enzim lebih sedikit untuk pencernaan. MCFA juga lebih cepat dicerna dan diserap usus dengan lebih mudah.

MCFA akan segera dipecah oleh enzim dalam air liur dan cairan lambung, sehingga enzim pankreas dapat mencerna lemak bahkan yang tidak essential. Selain itu sedikit ada ketegangan antara pankreas dan sistem pencernaan. Hal ini memiliki implikasi penting bagi pasien yang menderita masalah pencernaan dan metabolisme .

Bayi prematur atau yang organ pencernaannya kurang berkembang, mampu menyerap MCFA dengan relatif mudah. Orang yang menderita masalah malabsorpsi seperti cystic fibrosis, dan mengalami kesulitan mencerna atau menyerap lemak dan vitamin yang larut dalam lemak juga akan mendapat manfaat dari MCFA .

MCFA juga dapat menjadi sangat penting bagi orang yang menderita diabetes, obesitas, penyakit kandung empedu, pankreatitis, insufisiensi pankrea , dan beberapa bentuk kanker.
Meningkatkan energi

Minyak kelapa telah menunjukkan manfaat baik untuk peningkatan energi jangka pendek dan panjang, baik secara fisik maupun mental. Dengan meningkatnya tingkat energi dan fokus, latihan dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi lebih produktif. Kuncinya sekali lagi , bahwa asam lemak rantai menengah dimetabolisme lebih cepat, tidak seperti gula alami. jenis asam lemak ini memberikan peningkatan energi berkelanjutan.
Berat badan

Ketika sistem pencernaan tubuh berfungsi optimal, maka ia akan menyerap nutrisi secara efisien. Seiring bertambahnya usia, menurunkan berat badan bisa menjadi sulit karena penurunan metabolisme dan organ yang menjadi semakin tegang. Selain itu ketidakseimbangan gula darah bisa lebih sering terjadi, bahkan mengarah ke kondisi pra – diabetes atau diabetes. Sifat lemak sehat yang terkandung dalam minyak kelapa telah terbukti efektif menstabilkan gula darah dan meningkatkan metabolisme, serta memastikan lemak negatif tidak bisa disimpan.

Mencegah Alergi

Ada banyak cara alami untuk meringankan gejala alergi, termasuk penggunaan minyak kelapa. Minyak kelapa juga telah banyak digunakan untuk melawan alergi karena makanan. Mereka yang sulit menerima alergen umum seperti kedelai, gandum, gluten, kacang, atau susu bisa terbantu dengan minyak kelapa. Bagaimanapun juga, walaupun jarang orang bisa saja alergi terhadap minyak kelapa, sehingga kemungkinan harus berhari-hati.

Lihat juga :  Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kulit, rambut dan Kesehatan

Pencegahan Flu

Minyak kelapa mengandung anti virus, anti jamu , dan anti mikroba, termasuk lipid, asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat. mMenngonsumsi sehari-hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara signifikan. Cukup hanya Dengan mengganti mentega dan minyak goreng Anda dengan minyak kelapa, Anda sudah dapat membantu tubuh Anda untuk menangkal flu.

Mengurangi rasa sakit

Sebagaimana disebutkan di atas, minyak kelapa juga memiliki sifat penting untuk melawan rasa sakit. Hal ini bisa mengurangi kondisi sakit seperti flu, ddemam , dan sakit kepala. Minyak kelapa juga telah terbukti secara alami dapat membantu kondisi serius seperti arthritis/rematik. Arthritis sebenarnya adalah sebuah istilah yang mencakup lebih dari 100 kondisi yang terkait dengan gejala yang mempengaruhi tulang, sendi, dan sekitar jaringan ikat. Sekali lagi, asam lemak dalam minyak kelapa dapat mengurangi peradangan dan nyeri, sementara melumasi otot dan sendi. Tidak hanya untuk konsumsi, minyak kelapa juga dapat digunakan secara topikal untuk meningkatkan suplai darah ke daerah yang sakit dan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Perlindungan Kulit

Minyak kelapa telah terbukti menjadi zat perlindungan kulit, dan bisa digunakan dari sebagai krim anti matahari, pelembab lotion, deodoran non iritan, menghapus makeup, krim cukur, krim perlindungan ruam popok, penghapusan bintik hitam, pengurangan stretch mark, dan sebagai minyak pijat untuk melemaskan ketegangan dan sakit otot.

Pastikan minyak kelapa dibuat secara organik, dan 100 persen bebas GMO. Minyak kelapa sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang, dalam penggunaan untuk perawatan atau yang lain. Konsumsi hanya minyak kelapa yang tidak dimurnikan, bisa dalam beberapa cara yang bisa mencakup proses seperti pemutihan atau menghilangkan bau.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *