Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kulit, rambut dan Kesehatan

Advertisement

Manfaat minyak cendanaApakah yang disebut dengan minyak esensial cendana?. Minyak Cendana adalah minyak yang diperoleh khusus dari jenis pohon aromatik cendana atau Santalum album. Minyak ini banyak dikenal karena aroma dan sifat obatnya yang menakjubkan, serta juga banyak digunakan untuk meditasi dan ritual.

Minyak cendana memiliki banyak kegunaaan, sehingga telah dikenal secara luas di banyak negara  didunia. Baca tuntas artikel ini Untuk mengetahui top 10 manfaat minyak cendana.

Manfaat Minyak cendana

1 .Mengatasi Peradangan :

Minyak esensial cendana adalah obat anti inflamasi alami, yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengatasi peradangan yang parah. Minyak ini juga memiliki kegunaan terbesar untuk menyembuhkan rasa sakit pada sistem saraf (termasuk otak), sistem sirkulasi, sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Jika salah satu dari sistem tubuh kita sakit akibat demam, penggunaan antibiotik, gigitan serangga, bahan beracun, atau cedera, maka minyak ini dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

2 . Menghentikan Kejang :

Minyak cendana juga dikenal sangat antispasmodic, karena memiliki sifat obat penenang serta sifat merelaksasi otot. Minyak ini bekerja pada serat otot, serabut saraf, dan pembuluh darah untuk membuatnya menjadi rileks, yang pada akhirnya bisa menghentikan kejang parah. Manfaat berikutnya termasuk mengobati batuk, otot berdenyut, kram, dll,  yang disebabkan oleh kontraksi otot akut.

3 . Anti mikroba :

Telah dibuktikan bahwa minyak cendana memiliki unsur disinfektan yang tinggi. Aroma yang berbeda dari minyak ini dapat mengusir hama serta mikroba lainnya. Oleh karena itu, ia juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama produk pengusir serangga, pestisida, dan cairan yang digunakan dalam evaporator untuk desinfektan. Mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan body lotion atau air mandi bisa menjaga kulit bebas dari masalah infeksi.

4 . Antiseptik :

Karena memiliki sifat antimikroba, minyak cendana juga digunakan sebagai antiseptik yang efektif. Umumnya digunakan secara topikal untuk cedera, lesi, bisul, jerawat, dll supaya tidak terinfeksi. Selain dari penggunaan luar, minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk penggunaan dalam. Tambahkan beberapa tetes minyak kedalam segelas susu yang hangat dan meminumnya. Mengkonsumsi secara teratur campuran ini akan memberikan perlindungan dari ulkus, serta infeksi di tenggorokan, kerongkongan, saluran pencernaan, dan saluran ginjal.

5 . Memfasilitasi Proses buang air kecil :

Minyak cendana sangat membantu untuk mempromosikan buang air kecil. Seperti yang telah Anda ketahui, minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi, serta memberi efek mendinginkan. Akibatnya, buang air kecil menjadi lebih mudah, jumlah urin meningkat, dan frekuensi buang air kecil akan jauh berkurang. Singkatnya, minyak ini bekerja sebagai diuretik dan akan menjaga sistem ginjal menjadi sehat.

6 . Mengendalikan Tekanan Darah :

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, minyak cendana bisa memberikan banyak keuntungan. Hal ini karena banyak mengandung unsur penurun hipertensi, sehingga dapat mengatur tekanan darah secara efisien bila dikonsumsi dengan cairan seperti air minum atau susu. Jadi, penggunaan secara internal bisa mengurangi risiko hipertensi.

7 . Mengusir Bau Badan :

Aroma cendana yang segar dan harum telah membuat minyak ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wewangian. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, serta deodoran untuk menghilangkan bau badan.

8 . Tonic Kesehatan untuk Anak:

Tidak semua minyak esensial aman untuk anak-anak. Tapi minyak cendana bisa diberikan kepada anak-anak tanpa perlu khawatir dengan keamanannya. Hal ini sudah disebutkan diatas, bahwa minyak ini memiliki efek menenangkan yang sangat baik pada sistem organ dalam. Hasilnya bisa membantu mensingkronkan pergerakan anak dengan baik, serta membuat seluruh sistem tubuh anak berkembang dengan sehat.

9 .  Mengendalikan Stres dan Kecemasan :

Minyak cendana memiliki efek alami yang dapat menenangkan sistem saraf. Hal ini dapat  menghilangkan semua jenis ketegangan, keresahan, ketakutan, agitasi, kecemasan, dll, dengan membuat santai saraf Anda. Dengan demikian kita akan memiliki penglihatan yang lebih baik, meningkatkan fokus, dan memiliki gagasan yang positif.

10 . Membuat kulit cerah, bersih dan sempurna :

Minyak ini sudah lama dikenal akan sifat membersihkan kulitnya yang ramah. Hal ini sebagian besar memberikan manfaat bagi kulit untuk tujuan cicatrisant dan menenangkan kulit. Jika Anda memiliki bekas luka, noda jhitam, bintik-bintik atau eksim pada kulit, maka minyak ini bisa membantu Anda untuk menghilangkannya dengan cepat serta mengurangi kemungkinan kambuh lagi. Orang yang mengalami kulit kering bisa membuat kulit mereka normal kembali dengan bantuan minyak esensial ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *