Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

manfaat minyak ikan bagi kesehatnManfaat utama minyak ikan bagi kesehatan terkait dengan kandungan tinggi asam lemak omega 3, yang rantai panjangnya Docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Asam lemak lainnya adalah termasuk asam alfa-linolenat atau ALA dan asam Gamma-linolenat atau GLA.  Berbagai macam jenis ikan bisa menjadi sumber minyak ikan yang baik, seperti ikan makarel, herring, sarden, ikan todak, tuna, pilchard, ikan asin dan salmon. Yang paling umum diambil minyaknya adalah tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden, dan salmon. Kualitas minyak ikan sangat tergantung pada jenis ikan apa yang diambil minyaknya.

Advertisement

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan  :

Kesehatan Jantung

Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis menunjukkan bahwa omega 3 efektif mengurangi kejadian penyakit kardiovaskular (CVD). Minyak ikan merupakan sumber omega 3, dengan demikian dikaitkan dengan pengurangan resiko penyakit jantung. Hal lain yang juga berhubungan adalah menurunkan tingkat kolesterol jahat ( LDL ), dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Minyak ikan juga mencegah mengumpulnya trigliserida dan mengurangi trigliserida yang berlebih. Dengan demikian, minyak ikan efektif mencegah stroke dan penggunaan rutin bisa membantu menghindari serangan jantung mendadak. Temuan-temuan awal ini masih perlu untuk dikonfirmasi oleh penelitian lebih lanjut.

Berat Badan

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektivitas latihan/olahraga dalam upaya untuk mengurangi berat badan. Relawan yang diberikan minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar,  dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Peningkatan Imunitas

Omega-3 asam lemak dalam minyak ikan bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh kita. Penelitian yang dilakukan pada tikus di Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan, memberikan hasil yang positif akan manfaat ini. Dengan demikian tubuh tak mudah terkena virus yang biasa menyerang dikala pertahanan tubuh lemah. Pada dasarnya minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Minyak ikan juga bermanfaat bagi penderita lupus, yaitu penyakit autoimun yang ditandai oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sendiri.

Sifat anti inflamasi

Minyak ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi rutin suplemen minyak ikan atau kapsul bisa sangat membantu bagi yang menderita penyakit peradangan kronis. Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif. Dalam hal colitis, minyak ikan akan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.

Radang sendi

Hal ini terkait dengan sifat anti inflamasi, sehingga minyak ikan juga bisa membantu pengobatan arthritis, rematik, gejala Raynaud dan kondisi serupa lainnya. Menggunakan minyak ikan bisa membantu mengurangi kebutuhan dosis besar NSAID (obat anti inflamasi nonsteroid). The Royal Adelaide Hospital dan University of Newcastle, di Australia melaporkan bahwa penggunaan minyak ikan telah menunjukkan efek positif pada pengobatan arthritis. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi dampak dari enzim yang merusak tulang rawan.

Namun karena penggunaan dosis yang besar masih belum diketahui efek sampingnya. Arthritis Center di Departemen of Rheumatology di John Hopkins University menganggap asam lemak omega 3 dan minyak ikan untuk pengobatan arthritis masih kontroversial. Universitas ini juga memperingatkan bahwa pasien arthritis harus waspada terhadap semua efek samping lain yang bisa datang dari menggunakan minyak ikan.

Lihat juga :  Manfaat dan penggunaan Minyak Cengkeh

Depresi dan Kecemasan

Karena adanya asam lemak Omega 3, minyak ikan juga telah dipromosikan untuk menghilangkan depresi, kesedihan, kecemasan, gelisah, kelelahan mental, stres, penurunan gairah, dan gangguan saraf lainnya  Para peneliti di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland , Ohio, menyatakan bahwa minyak ikan bisa berguna stabilisasi suasana hati dan pengobatan gangguan bipolar.

Gangguan mata

Hal ini juga diketahui bahwa minyak ikan memiliki kemampuan untuk memperbaiki masalah penglihatan, dan membantu menghindari degenerasi makula terkait usia.

Penyakit Alzheimer

Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah menunjukkan bahwa asam lemak efektif dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Hal ini karena minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik asam lemak esensial, termasuk EPA dan DHA, yang bisa membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

ADHD atau ADD

Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mengobati kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) karena konsentrasi tinggi kandungan asam lemak. Penelitian yang dilakukan di University of South Australia dan CSIRO telah menunjukkan bahwa ketika anak-anak yang menderita ADHD diberi dosis minyak ikan dan kapsul primrose selama 15 minggu, ternyata menunjukkan perbaikan perilaku yang signifikan. Karena otak terdiri dari sekitar 60 % lemak ( terutama asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6), maka minyak ikan membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu minyak ikan juga diyakini berguna untuk perkembangan normal otak, yang  membantu anak untuk bisa  berkonsentrasi dengan maksimal pada studi mereka. Baca juga: Manfaat AA, EPA dan DHA untuk pertumbuhan otak anak dan Balita

Perawatan Kulit

Minyak ikan sangat bagus untuk mengatasi kondisi kulit kering dengan cara membuatnya menjadi segar dan bersemangat. Hal ini juga berguna untuk  mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam. Dalam hal psoriasis, EPA yang terdapat dalam minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen pro inflamasi dengan memproduksi asam arakidonat. Minyak ikan juga dapat dioleskan untuk membantu kondisi psoriasis.

Konsumsi rutin kapsul minyak ikan membantu mengurangi hilangnya kelembaban dari kulit. Hal ini juga diklaim oleh beberapa orang bahwa minyak ikan membantu mencegah kulit terbakar matahari, namun masih belum ada penelitian yang membenarkan anggapan ini.

Jerawat

Minyak ikan adalah pengobatan yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. EPA diketahui sebagai penghambat pembentukan androgen, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum di folikel rambut, yang menyebabkan jerawat.

Kanker

Minyak ikan berguna mengurangi berat badan pada pasien yang menderita kanker pankreas. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia terkait kanker .

Diabetes

Pasien diabetes tipe II rentan terhadap penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan stroke. Sebagaimana telah disebutkan di atas, minyak ikan bisa membantu pengobatan berbagai masalah jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Oxford telah menunjukkan minyak ikan bermanfaat menurunkan kadar trigliserida pada pasien dengan diabetes.

Borok

EPA dan DHA dalam minyak ikan bermanfaat untuk menyembuhkan borok yang disebabkan oleh obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID)

kehamilan

Minyak ikan sangat bermanfaat bagi wanita hamil, karena DHA alam minyak ikan sangat membantu perkembangan mata dan otak bayi yang sehat. Hal ini juga bisa membantu untuk menghindari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Penelitian yang dilakukan di Denmark yang melibatkan 8.729 wanita hamil menyimpulkan bahwa, diet dengan rendah  ikan mengakibatkan risiko bayi prematur lebih tinggi.

Lihat juga :  Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan

Hal ini juga diyakini bahwa wanita hamil yang tidak cukup mendapat asupan EPA dan DHA dalam diet menderita depresi setelah melahirkan, karena ada pengalihan sejumlah massa otak dari ibu ke anak pada tahap terakhir kehamilan. Oleh karena itu mengkonsumsi minyak ikan bisa sangat bermanfaat, baik dari suplemen minyak ikan, tablet, kapsul, atau pil selama hamilan. Namun perlu diketahui bahwa minyak ikan yang diperoleh dari hati ikan, misalnya minyak ikan cod , sebaiknya tidak dikonsumsi selama kehamilan.

Perawatan Rambut

Minyak ikan sangat membantu menjaga kilau rambut karena manfaat omega – 3 yang bersifat merangsang pertumbuhan dengan menyediakan makanan ke folikel. Hal ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan rambut, sehingga makan ikan akan akan mendapatkan banyak protein.

Untuk hewan piaraan

Banyak orang yang memberi makan minyak ikan untuk hewan peliharaan mereka, terutama anjing dan kucing, karena bisa membuat bulunya berkilau dan kulitnya menjadi halus. Hal ini juga dapat membantu anjing dan kucing yang terkena arthritis, yang merupakan penyakit yang sangat umum pada hewan peliharaan .

Sekilas tentang omega 3

Ada tiga jenis asam lemak Omega 3, yaitu alpha – linolenic acid (ALA), asam Docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA), dan ketiganya sangat penting bagi tubuh. Sumber nabati asam lemak ini adalah minyak biji rami, minyak kedelai, minyak rami, minyak canola, minyak kenari. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengkonversi ALA menjadi bentuk DHA dan EPA, meskipun ini terbatas.

Perhatian :

  • Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega – 3 yang harus dikonsumsi, akan tetapi itu tidak berarti bisa sepenuhnya menggantikan minyak nabati dengan minyak ikan.
  • Penggunaan minyak ikan secara berlebih bisa mengakibatkan alergi. Minyak ikan juga bisa menjadi masalah jika bagi kondisi medis tertentu, sehingga perlu mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan hati-hati. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh saran dosis yang tepat.
  • Perhatikan kualitas minyak ikan sebelum membelinya, karena hampir semua ikan sebagai bahan utama minyak ikan terkontaminasi senyawa beracun seperti merkuri, arsenik, timah dan logam berat lainnya, akibat limbah industri yang dilepaskan kelaut ataupun udara. Dan tentu saja hal ini berpengaruh negatif terhadap tubuh manusia. Oleh karena itu, minyak ikan yang digunakan harus murni. Banyak produsen yang menjual minyak ikan yang ultra atau minyak ikan suling, tetapi Anda masih harus memeriksa apakah sudah memenuhi standar tertentu.
  • Minyak ikan cod yang kaya akan vitamin A dan vitamin D, namun mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keracunan Vitamin, serta akumulasi vitamin yang berlebihan dalam tubuh yang dapat menyebabkan efek samping yang serius .
  • Minyak ikan yang  mengalami oksidasi bisa menjadi tengik, jadi berhati-hati jika bahan sudah lama tidak habis atau pernah terbuka. Penambahan antioksidan seperti vitamin E kedalam minyak ikan bisa  membantu mencegah pembentukan radikal bebas.
  • Berlebihan minyak ikan juga dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh manusia. Hilangnya vitamin E harus dilengkapi dengan suplemen vitamin E eksternal. Namun hal ini masih perlu untuk dibuktikan oleh penelitian lebih lanjut  yang lebih rinci sebelum mengambil kesimpulan yang kuat tentang penggabungan minyak ikan dan vitamin E.

Referensi:

  1. Profesor Peter Howe –  University of South Australia
  2. University of New castle
  3. Artrhitis Centre
  4. Diabetic – University of Oxford
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *