Manfaat Minyak Atsiri Mawar untuk Kesehatan

Manfaat minyak mawarMinyak atsiri mawar diekstrak dengan destilasi uap segar dari bunga mawar jenis Damaskus Rose (Rosa Damascena), dan megandung ratusan senyawa. Kontributor utama dari banyak senyawa tersebut adalah sitronelol, Citral, Carvone, Citronellyl Asetat, Eugenol, Etanol, Farnesol, Stearpoten, Metil Eugenol, nerol, Nonanol, nonanal, Phenyl asetaldehida, Phenylmenthyl Asetat dan Phenyl Geraniol. Damaskus Roses adalah spesies mawar yang banyak disukai, karena yang paling harum dan diyakini sebagai mawar merah asli dengan aroma kuat dengan kandungan minyak atsiri tertinggi.

Advertisement

Berikut beberapa Manfaat minyak mawar bagi kesehatan

Antidepresan:

Minyak wawar atau Rose Oil dikenal bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kekuatan mental, serta efisien menghalau depresi dan kecemasan. Untuk obat antidepresan, pasien dengan depresi akut atau yang sedang menjalani rehabilitasi bisa diberikan minyak ini secara teratur. Minyak ini banyak digunakan untuk aromaterapi dan merangsang pikiran positif, relaksasi spiritual, perasaan sukacita, kebahagiaan dan harapan.

Antiphlogistic:

Minyak atsiri mawar bisa digunakan untuk meredakan demam dan peradangan, yang disebabkan oleh infeksi mikroba, bahan beracun, gangguan pencernaan, dan dehidrasi. Hal ini juga bisa menurunkan kondisi yang terkait peradangan, seperti rematik, arthritis, asam urat, dan demam.

Antiseptik:

Ini adalah cara yang paling mewah untuk mengobati luka, bayangkan mengobati luka dengan minyak mawar yang harum. Topikal menggunakan minyak mawar untuk luka akan membantu untuk melindungi dari infeksi.

Antispasmodic:

Minyak mawar efisien untuk mengurangi kejang pada sistem pernapasan dan usus, serta kejang otot di seluruh anggota badan. Hal ini juga membantu untuk menyembuhkan kejang, otot kaku, kram dan kolera spasmodik yang disebabkan karena kejang.

Antivirus:

Untuk dapat terhindar dari virus, tubuh harus mendapatkan beragam vaksinasi. Namun hal ini adalah berat, karena  beberapa jenis virus terus bermutasi untuk mengalahkan kekebalan tubuh. Solusinya adalah dengan menggunakan agen antivirus yang berguna sebagai perisai untuk semua jenis virus. Menurut penelitian, Minyak mawar adalah salah satu agen yang dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis infeksi virus.

Aphrodisiac :

Aroma mawar yang romantis itu dapat membangkitkan gairah, sehingga dapat meningkatkan li bido Anda. Hal ini tentu bisa mengurangi masalah disfungsi, frigiditas, dan ketidaktertarikan dengan pasangan.

Astringent:

Senyawa astringent minyak mawar memiliki banyak manfaat, termasuk dapat memperkuat gusi, akar rambut, mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, kontraksi otot, usus dan pembuluh darah. Hal ini akan memberikan perlindungan terhadap gigi, usus, rambut, mencegah keriput, dan mencegah otot-otot mengendur karena penuaan. Lebih penting dari itu, minyak esensial mawar juga membantu untuk menghentikan darah dari luka dengan vasokonstriksi pembuluh darah. Zat ini juga dapat menyembuhkan beberapa jenis diare.

Lihat juga :  Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bakterisida:

Minyak mawar merupakan bakterisida baik, sehingga dapat digunakan dalam pengobatan tifus, diare, kolera, keracunan makanan,  dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu juga dapat menyembuhkan infeksi bakteri internal seperti yang terdapat di usus, lambung, dan saluran kemih, serta infeksi eksternal pada kulit, telinga, mata dan luka.

Sikatrisan:

Minyak atsiri bunga harum ini juga sangat menarik bagi orang yang peduli tentang penampilan mereka.  Hal ini karena bisa membuat bekas luka, bekas bisul, jerawat atau bekas cacar pada kulit cepat memudar. Hal ini termasuk bisa memudarkan stretch mark, bekas luka operasi, dan tanda lemak yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Manfaat ini dikarenakan oleh adanya antioksidan dalam minyak mawar, yang memacu pada proses penyembuhan kulit.

Depuratif:

Minyak ini bisa membersihkan darah dengan cara membantu membersihkan dan menetralisasi racun. Setelah darah bersih dan bebas dari racun, maka Anda akan terhindar dari gangguan yang disebabkan darah kotor seperti bisul, ruam, bisul, dan penyakit kulit, serta kondisi yang lebih serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Meringankan gejala menstruasi:

Minyak mawar mengandung senyawa yang dapat merangsang sekresi hormon yang memicu menstruasi. Hal ini bisa efektif terutama bagi yang suka menderita terlambat menstruasi atau menstruasi tidak teratur. Sementara itu juga bisa meredakan kram, mual, dan kelelahan,  sekaligus mengurangi rasa sakit yang terkait dengan menstruasi dan Sindrom post menopause.

Hemostatik:

Minyak atsiri bunga mawar juga sangat bermanfaat bagi penderita perdarahan (eksternal atau internal), karena cedera atau operasi. Hal ini karena minyak ini bisa mempercepat pembekuan darah, sehingga akan menghentikan perdarahan yang berlebihan dengan cepat.

Menyehatkan Hati:

Minyak esensial mawar baik bagi kesehatan hati atau liver Anda. Hal ini akan membuatnya kuat, berfungsi dengan benar, dan terlindungi dari infeksi.

Pencahar yang harum:

Minyak mawar bisa berfungsi sebagai pencahar yang efektif, dengan bau yang harum dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Hal ini karena dapat membantu perut dengan mempengaruhi otot-otot usus dan dubur. Selain itu juga membantu menurunkan berat badan dan mencegah toksisitas kelebihan dalam tubuh.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Buah Kurma

Menenangkan:

Minyak atsiri mawar bekerja sebagai tonik untuk saraf. Hal ini akan memberikan kekuatan untuk menanggung shock, serta melindungi dari gangguan akibat usia dan cedera. Jika Anda merasa akan gemetar ketikat mengucapkan kata cinta buat calon pasangan Anda, maka menghirup minyak mawar bisa membantu untuk menenangkan Anda.

Obat asam lambung dan sakit perut:

Hal ini akan melindungi perut dari radang dan bisul yang seringkali berkembang karena kelebihan asam lambung. Asam lambung yang berlebihan bisa menyebabkan perut mulas, gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus, gas berlebih,  dan kembung.

Meningkatkan Empedu :

Minyak mawar juga bermanfaat  mendorong aliran empedu dari kandung empedu, sehingga  membantu mengatur kadar asam di lambung dan darah, sehingga membuat bebas dari masalah seperti asam lambung dan asidosis. Empedu juga membantu pencernaan makanan, bersama-sama dengan asam yang dikeluarkan di dalam perut. Peningkatan pencernaan dapat mengurangi kemungkinan konstipasi, diare, sindrom iritasi usus, dan kondisi yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

Uterin:

Minyak atsiri Rose juga bisa mengatasi banyak masalah khusus wanita seperti  tumor, pendarahan, dan haid tidak teratur. Hal ini juga membersihkan uterus agar tetap berfungsi dengan baik hingga usia lanjut, sehingga menunda menopause. Karena bisa mengatur menstruasi, maka sangat mungkin untuk menghilangkan gejala yang terkait masalah haid, seperti mood rendah, ketidakseimbangan hormon, makan berlebihan, kembung, kram, dan pendarahan yang berlebihan.

Manfaat lainnya:

Minyak mawar membantu mengatur produksi dan keseimbangan hormon seluruh tubuh, dan merupakan salah satu minyak terbaik untuk kulit bersinar, segar dan awet muda. Aromanya yang harum bisa membuat Anda merasa bahagia, meningkatkan sirkulasi, mengurus jantung, mengurangi tekanan darah,  dan membantu menyembuhkan sakit kepala, asma, dehidrasi, keputihan dan berbagai infeksi lainnya.

Perhatian:

Dapat menghilangkan rasa sakit kepala jika digunakan dalam konsentrasi yang ringan. Akan tetapi jika digunakan dengan konsentrasi yang sangat tinggi justru bisa menimbulkan sakit kepala. Tidak boleh digunakan selama kehamilan, walaupun masih belum ada bukti pasti apakah efek minyak mawar bisa sampai ke janin. Hal ini mungkin bisa menyebabkan keguguran jika digunakan secara berlebihan, sehingga yang terbaik adalah dengan menghindarinya.

Pencampuran:

Minyak Atsiri ini bisa menyatu dengan baik dengan minyak Geranium, Jasmine, Minyak Cengkeh dan Palma Rosa.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *