Manfaat minum Susu Segar Bagi Kesehatan

manfaat susu segarKebanyakan orang mungkin tidak mengetahui jika susu sapi mentah yang makan rumput sudah digunakan sebagai bagian dari pengobatan sejak awal abad ke-20. Susu mentah yang langsung dari sapi telah disebut sebagai “sel induk”  makanan. Hal ini digunakan sebagai pengobatan, dan berkali-kali telah terbukti menyembuhkan beberapa penyakit serius. Dari zaman Hippocrates hingga setelah Perang Dunia II, susu sapi telah kembangkan dan menyembuhkan jutaan orang diseluruh dunia. Susu sapi segar mentah yang makan rumput adalah makanan yang benar-benar seimbang, sehingga bagus untuk meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

Advertisement

Berikut beberapa hal yang membuat susu segar dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan :

Mengandung Protein lengkap

Susu sapi segar mentah menyediakan semua asam amino standar, yang akan disimpan tubuh kita kemudian dikonversi ke dalam bentuk yang bisa digunakan. Sekitar 80% protein dalam susu adalah kasein (cukup stabil pada panas tapi mudah dicerna). Yang 20% lainnya adalah jenis protein whey, mudah dicerna tetapi sangat sensitif panas. Imunoglobulin adalah jenis protein susu yang sangat kompleks yang juga dikenal sebagai antibodi – yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari virus, bakteri, racun bakteri, dan juga bisa membantu mengurangi keparahan gejala asma. Penelitian telah menunjukkan penurunan kualitas yang signifikan dari portein ini ketika susu dipasteurisasi.

Menyediakan Karbohidrat

Laktosa adalah karbohidrat utama dalam susu sapi. Hal ini terbuat dari satu molekul, yang masing-masingnya adalah gula sederhana glukosa dan galaktosa. Orang dengan intoleransi laktosa tubuhnya tidak memproduksi enzim laktase, sehingga tidak bisa mencerna gula susu. Susu mentah juga mengandung bakteri Lactobacilli laktosa, sehingga secara umum banyak orang yang menghindari minum susu mentah .

Lihat juga :  Manfaat Kacang hijau yang baik bagi kesehatan

Mengandung tinggi lemak

Lemak jenuh sebenarnya juga  memiliki sejumlah peran penting dalam tubuh kita, seperti membangun membran sel dan hormon kunci, menyediakan penyimpanan energi, melapisi organ halus, dan kendaraan bagi vitamin larut lemak yang sangat penting. Conjugated Linoleic Acid (CLA) sangat banyak ditemukan dalam susu sapi yang makan rumput, termasuk lemak tak jenuh ganda omega 6 yang bermanfaat bagi manfaat kesehatan. Beberapa manfaat CLA yang mungkin adalah menimbulkan tingkat metabolisme, membantu menghilangkan lemak perut,  meningkatkan pertumbuhan otot, mengurangi resistensi insulin, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan reaksi alergi makanan.

Vitamin yang terdapat dalam susu mentah adalah yang larut dalam lemak dan air, sehingga membuatnya sebagai makanan yang lengkap dan tak perlu diperkaya lagi. Berbeda dengan Susu sapi yang dipasteurisasi, karena nutrisi yang hilang harus ditambahkan kembali terutama vitamin D yang larut lemak.

Mengandung Mineral lengkap dan seimbang

Susu sapi segar mengandung banyak mineral mulai dari kalsium hingga fosfor.Susu sapi segar mengandung banyak Kalsium, yang bermanfaat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis pada orang dewasa yang lebih tua, menurunkan resiko batu ginjal, pembentukan gigi yang kuat, serta mencegah gigi mudah berlubang. Fakta yang menarik tentang mineral adalah membutuhkan keseimbangan khusus dengan mineral lain untuk berfungsi dengan baik. Misalnya, kalsium membutuhkan perbandingan yang tepat dengan fosfor dan magnesium agar bisa dimanfaatkan oleh tubuh kita. Susu sapi segar atau mentah adalah bentuk keseimbangan gizi yang sempurna.

Fungsi Enzim

Susu segar mengandung 60 fungsional enzim yang melakukan berbagai macam pekerjaan. Beberapa yang lainnya adalah berasal dari bakteri menguntungkan yang hidup dalam susu segar. Enzim seperti katalase, lisozim dan laktoperoksidase yang terdapat dalam susu membantu melindungi susu dari bakteri yang tidak diinginkan, sehingga lebih aman untuk kita minum.

Lihat juga :  Resep Jus Buah &Sayur, Cara Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Mengandung Kolesterol

Susu sapi mengandung sekitar 3 mg kolesterol per gram. Tubuh kita memproduksi sebagian besar kolesterol yang kita butuhkan, yang jumlahnya bisa naik atau turun sesuai dengan makanan yang kita makan. Kolesterol adalah zat untuk perbaikan, yang digunakan tubuh untuk membuat hormon, membangun otot, memelihara membran sel, membuat vitamin D,dan empedu.

Menyimpan Bakteri baik

Susu segar adalah makanan yang mengandung bakteri baik hidup yang melindungi kita. Kebanyakan makanan yang kita makan bisa tidak menyehatkan karena usia, namun susu mentah justru sebaliknya. Susu mentah membantu fermentasi bakteri, daya cerna enzim, vitamin, dan meningkatkan semua mineral. Saat ini, permintaan susu mentah yang makan rumput semakin meningkat dimana-mana. Hal ini karena banyak yang menyadari akan manfaat kesehatan yang luar biasa minum susu segar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *