Manfaat minum jus Wortel bagi Kesehatan

Manfaat minum jus wortel bagi kesehatanWortel merupakan salah satu sayuran yang populer diseluruh dunia. Ia sangat dikenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya cukup ekonomis, wortel adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai bagian dari kuliner, wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar atau di buat jus. Lalu Apa saja manfaat yang bisa diperoleh tubuh kita, jika mengkonsumsi wortel mentah atau jus?

Advertisement

Kandungan gizi wortel dan Manfaat rutin minum jus wortel bagi Kesehatan

Minum jus wortel adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan berbagai macam mineral dan vitamin penting dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu saja akan sangat menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Kandungan gizi wortel:

1. Kalori :

Satu porsi jus wortel (satu cangkir) mengandung sekitar 80 kalori. Bagi Anda yang membutuhkan asupan 2000 kalori per hari, maka secangkir jus wortel sudah memenuhi sekitar 4 persen dari asupan total kalori harian Anda. Jika dibandingkan dengan pilihan jus lain dalam  jumlah yang sama, jus jeruk menyediakan 113 kalori, sementara itu jus tomat mengandung 50 kalori.
2. Vitamin dan Mineral :

Setiap cangkir jus wortel mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari.

Vitamin A : Jika Anda minum secangkir jus wortel, maka Anda sudah memenuhi sekitar 340 persen dari kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan. Wortel sangat tinggi kandungan vitamin ini.
Kalium : Kalium adalah elektrolit penting yang juga sangat Anda butuhkan. Dengan meminum secangkir jus wortel, berarti Anda sudah mendapatkan 18 persen dari kebutuhan harian yang dianjurkan

Zat Besi: 1 cangkir jus wortel menyediakan sekitar 1,1mg zat besi. Hal ini berarti Anda sudah memenuhi sekitar 14% kebutuhan harian zat besi yang direkomendasikan.
Vitamin C : 100g Jus wortel mengandung vitamin C sebanyak 3 miligram, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.
Vitamin E : Anda juga akan mendapatkan 0,3 miligram vitamin E dari 100g jus wortel, yang diperlukan tubuh untuk pembentukan hormon dan menjaga kesehatan sel-sel stubuh.
Vitamin B : Jus wortel juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks yang sangat baik. 100g jus wortel segar menyediakan 0,01 miligram vitamin B1, yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf dan otak agar berfungsi dengan baik. Sementara itu juga mengandung 0,02 miligram vitamin B2,  yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme.

Lihat juga :  Khasiat Jus Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

3. Makronutrisi :

Lemak : Lemak merupakan salah satu makronutrien yang stak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Secangkir jus wortel hanya mengandung 0,7 gram lemak.
Protein : Menurut MayoClinic, antara 10 dan 35 persen dari asupan kalori harian kita berasal dari protein, yang variasinya tergantung dari masing-masing individu. Dengan kandungan protein yang hanya 1,3 gram per cangkiri, jus wortel merupakan sumber rendah yang bagus.
Karbohidrat : Kebanyakan diet harian harus mencukupi sekitar 225 dan 325 gram karbohidrat. Satu porsi cangkir Jus wortel hanya menyediakan karbohidrat 18 gram saja.

Manfaat jus wortel:

1. Merangsang Nafsu Makan dan Meningkatkan fungsi Pencernaan : Jika Anda mengkonsumsi jus wortel sekitar 20 menit sebelum makan, maka itu akan membantu merangsang sekresi cairan pencernaan oleh tubuh. Dengan demikian, nafsu makan Anda akan meningkat.

Wortel juga menyediakan serat larut, dimana yang sangat membantu organ pencernaan agar bisa bekerja dengan lancar. Dengan demikian, Anda akan jauh dari masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, dll.

2. Meningkatkan Penglihatan : Semua orang juga pasti sudah tahu, jika makan wortel itu sangat baik bagi penglihatan. Hal ini karena wortel mengandung beta-karoten dan lutein, yaitu senyawa yang juga ditemukan terkonsentrasi di retina. Senyawa ini bermanfaat melindungi penglihatan, khususnya pada malam hari. Hati kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A , dan kemudian senyawa ini masuk ke retina dan menjadi rhodopsin(zat yang diperlukan untuk penglihatan malam yang sehat).

3. Mencegah Kanker: Jus wortel mengandung antioksidan jenis karotenoid, yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara pascamenopause hingga sebesar 20%. Beberapa studi juga menemukan bahwa manfaat jus wortel bisa menurunkan 50% resiko terjadinya beberapa penyakit kanker, yakni : usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih. Penelitian lain menunjukkan hasil yang sama dengan kanker paru-paru. Para peneliti percaya, bahwa efek ini disebabkan oleh kandungan xanthophylls, gamma-karoten, likopen, lutein, dan alpha-karoten dalam wortel.

Lihat juga :  Kandungan dan Manfaat Okra untuk Kesehatan

4. Mengatur Gula Darah : Para peneliti percaya bahwa wortel juga bisa membantu mengatur kadar gula darah Anda. Hal ini terutama karena kandungan karotenoid yang tinggi pada wortel, yang telah berbanding terbalik dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi.

5. Menyehatkan Paru-paru : Jus wortel sangat baik untuk mempromosikan kesehatan paru-paru. Hal ini termasuk melindungi sistem pernafasan kita dari risiko infeksi, serta membantu untuk melawan efek samping buruk yang berhubungan dengan polusi udara mer*kok. Hal ini karena jus wortel sangat kaya akan vitamin A, yang juga dapat membantu mengurangi risiko emphysema – yang merupakan salah satu risiko paling besar bagi para per*kok.

6.Bermanfaat bagi kesehatan Kulit : Jika Anda kekurangan vitamin A , maka Anda berpeluang tinggi untuk mengalami kerusakan dan kekeringan pada rambut, kuku dan kulit. Karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, jus wortel juga membantu mengatasi kondisi psoriasis dan masalah kulit kering lainnya. Baca Juga: Manfaat wortel untuk kecantikan, kulit dan rambut

7. Memperkaya Laktasi : Ibu menyusui juga bisa mempertimbangkan manfaat jus wortel, karena bisa membantu untuk memperkaya jumlah keluaran ASI nya. Selain itu, juga membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Minum Jus wortel juga merupakan cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk bisa mendapatkan asupan vitamin A.

8. Meningkatkan Fungsi Hati : Salah satu metode yang paling berguna untuk mendetoksifikasi liver Anda adalah dengan minum antara 2 atau  3 gelas jus wortel setiap hari. Minum jus wortel dalam jumlah ini akan menyebabkan warna oranye pada kulit Anda, karena racun dari empedu sedang dibersihkan dari liver Anda.

Manfaat lain : Jus wortel juga dikenal para ahli bisa membantu menyeimbangkan keasaman dalam darah, membantu membersihkan jerawat, mengatasi anemia, membantu aterosklerosis, asma, kolesterol, sembelit, bisul, dan retensi air.

Perhatian

Wortel yang warnanya lebih gelap lebih tinggi mengandung karoten. Rasa manis jus wortel ini adalah berasal dari kadar gula alaminya yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus meminta saran dokter sebelum minum banyak jus wortel.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *